RZF Software | Professional Application Developer

Customer Retention: Pengertian, Manfaat dan Strategi Menerapkannya

Oleh: Admin | 09 Desember 2021 - 07:45 WIB
Customer Retention: Pengertian, Manfaat dan Strategi Menerapkannya

Pada umumnya banyak pelaku pebisnis yang hanya berfokus bagaimana caranya menjaring customer baru untuk meningkatkan penjualan. Padahal, customer retention juga termasuk salah satu cara yang bisa meningkatkan penjualan. Namun, mempertahankan pelanggan agar terus membeli produk yang kita tawarkan memang bukan suatu hal yang mudah.

Apa itu Customer Retention?

Customer retention adalah upaya mempertahankan pelanggan untuk tetap menggunakan produk dari bisnis Anda. Tujuannya agar bisnis Anda bisa memperoleh profit.

Pada dasarnya ada dua cara dalam memproleh profit, pertama dengan menambah pelanggan baru, dan kedua dengan mempertahankan pelanggan lama. Menambah pelanggan baru memang hal yang penting, namun mempertahankan pelanggan lama juga sangat penting dilakukan.

Semakin meningkatnya resensi pelanggan maka semakin banyak pula profit yang bisa didapat oleh perusahaan anda. hal ini dikarenakan pelanggan lama punya kemungkinan untuk melakukan repeat order dari produk brand Anda.

Baca juga:  Customer Repeat Order? Ini Cara Meningkatkannya

Manfaat Retantion Customer

Kenapa retensi pelanggan sangat penting dilakukan? Seperti yang telah dijelaskan resensi pelanggan membantu meningkatkan penjualan, selain itu retention customer memiliki manfaat lain yang wajib Anda ketahui, diantaranya:

1. Memperkuat Customer Relationship

Kesuksesan suatu bisnis sebagian besar dipengaruhi oleh adanya pelanggan. Maka dari itu, penting menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Nah, resensi pelanggan ini dapat membantu Anda untuk memperkuat hubungan pelanggan dengan bisnis yang dijalankan.

2. Menarik Kembali Pelanggan Lama

Saat retensi pelanggan dilakukan kemungkinan akan menarik kembali pelanggan lama Anda untuk memenggunakan produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, banyak pebisni yang lebih senang mendapatkan pembelian ulang dari pelanggan lama dibanding pelanggan baru.

3. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Resensi pelanggan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan adanya upaya yang Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan hal tersebut akan menjadi kepuasan tersendiri bagi pelanggan Anda. Tidak menutup kemungkinan ketika pelanggan merasa puas hal tersebut akan membantu meningkatkan penjualan bsinis Anda.

Strategi Meningkatkan Profit dengan Customer Retention

Berikut ini adalah strategi yang dapat meningkatkan profit penjualan melalui customer retention, diantaranya sebagai berikut:

1. Membuat Loyalty Program

Untuk meningkatkan customer resensi bisa dengan strategi membuat loyalty program. Loyalty program adalah cara memuaskan pelanggan Anda entah itu dengan diskon atau pemberian harga spesial.
Salah satu cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk mempertahankan pelanggan Anda sekaligus menarik pelanggan baru.
 
2. Melakukan Up Selling dan Cross Selling

Up selling merupakan kegiatan menawarkan produk atau layanan dengan teknik penawaran pada angka atau harga yang lebih tinggi namun juga dengan memberikan manfaat yang yang lebih besar.

Sedangkan, cross selling kegiatan mengajak atau mempengaruhi pelanggan untuk membeli prdouk lain yang berkaitan dengan produk yang mereka beli sebelumnya.

Nah, strategi tersebut juga termasuk salah satu cara untuk mempertahan pelanggan Anda agar pelanggan tetap menggunakan produk yang Anda tawarkan.

Baca juga: Mengenal Strategi Pemasaran Up Selling dan Cross Selling

3. Memberikan Pelayanan Terbaik

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya, memiliki pelayanan yang baik merupakan cara sederhana dalam mempertahankan pelanggan lama sekaligus menambah pelanggan baru.

Dengan adanya pelayanan yang baik, pelanggan tidak akan ragu dalam memilih produk bisnis Anda. bahkan bisa saja pelanggan akan merekomendasikan produk Anda ke orang lain.

4. Memberikan Edukasi Kepada Pelanggan

Selain memberikan pelayanan yang terbaik Anda juga perlu memberikan edukasi kepada pelanggan tentang cara pemakaian atau perawatan dari suatu produk yang Anda jual.

Anda bisa mengedukasi pelanggan dengan cara apa saja, misalnya sharing melalui WA broadcast atau pemberian artkel pada web bisnis Anda. dengan ini akan membantu pelanggan dalam mencapai tujuan untuk membeli produk.

5. Membangun Hubungan Personal

Dengan membangun hubungan personal dengan pelanggan, dapat memudahkan Anda untuk menyampaikan produk Anda kepada tangan konsumen. Selain itu, custeomer juga bisa sekaligus berkonsultasi tentang kebutuhannya dari produk yang Anda tawarkan.

Kesimpulan

Dalam meningkatkan penjualan tidak hanya soal bagaimana memperkuat kualitas produk saja, namun pelayanan yang baik terhadap pelanggan lama juga bisa berpengaruh terhadap penjualan suatu bisnis.

Mempertahankan pelanggan lama mempunyai beberapa cara salah satunya dengan membangun customer retention ini. Strategi membangun customer retention di atas bisa menjadi pertimbangan untuk anda dalam mempertahankan bisnis.

Nah, jika strategi customer retention ini sudah dipahami, ini saatnya untuk Anda mengembangkan bisnis yang Anda jalankan. selain itu, jangan kesampingkan urusan keuangan bisnis karena memanjemen keuangan merupakan komponen yang sangat penting dalam bisnis.

Kontrol keuangan bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi kasir, disamping itu Anda masih tetap bisa menjalankan bisnis tanpa perlu mengkhawatirkan pencatatn keuangan. Karena dengan aplikasi kasir keuangan akan tetap tercatat secara otomatis tanpa harus mencatat secara manual

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.