RZF Software | Professional Application Developer

Mengenal Strategi Pemasaran Up Selling dan Cross Selling

Oleh: Admin | 16 Oktober 2021 - 03:00 WIB
Mengenal Strategi Pemasaran Up Selling dan Cross Selling

Perlu diketahui dalam pemasaran produk bisnis ada banyak macam strategi yang bisa dijalankan oleh para pebisnis. Salah satunya ialah strategi pemasaran up selling dan cross selling. Istilah strategi ini merupakan cara pemasaran yang bisa berpengaruh terhadap usaha yang dijalankan.

Terutama Cross Selling, strategi yang satu ini banyak digunakan oleh para pebisnis karena dianggap sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Pada umumnya strategi up selling dan cross selling banyak digunakan oleh jenis usaha restoran dan perhotelan, namun seiring zaman yang semakin berkembang teknik up selling dan cross selling ini banyak digunakan oleh penyandang bisnis online dan bisnis-bisnis lainnya.

Apa itu Cross Selling?

Mungkin ada sebagian orang yang belum mengetahui secara jelas mengenai strategi pemasaran ini, khususnya para pebsinis pemula.

Cross Selling adalah teknik pemasaran dengan merekomendasikan produk kepada konsumen, produk tersebut yang merupakan pelengkap dari produk utama yang konsumen cari atau butuhkan, namun dengan merek yang berbeda.

Sebagai contoh; ketika Anda membeli sebuah produk kosmetik blush on penjual sekaligus menawarkan brush make up sebagai alat pelengkap dari blush on.

Sedangkan, Up Selling adalah teknik pemasaran dengan mendorong konsumen untuk membeli suatu produk brand yang mempunyai kategori sama dengan harga lebih mahal namun juga memiliki manfaat yang berbeda.

Sebagai contoh; ketika Anda membeli sebuah handphone dari satu merek, penjual juga akan menawarkan handphone dari merek yang sama namun dengan harga tinggi, tetapi juga yang memiliki fitur atau kelebihan yang berbeda.

Dalam melakukan strategi ini pastikan Anda menyelaraskan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen Anda.

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan strategi up selling dan cros selling?

Dalam strategi up selling dan cross selling ini tentu Anda diharapkan untuk memperhatikan hal-hal medasar sebelum menerapkannya, agar bisa memaksimalkan pemasaran produk, diantaranya:

  1. Kenali Konsumen

Agar teknik up selling dan cross selling dapat maksimal Anda perlu mengenali konsumen atau pelanggan terlebih dahulu, untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginannya. Biasanya untuk mengetahuinya Anda harus bertanya kepada konsumen.

  1. Tentukan Harga yang Sesuai

Maksud dari menentukan harga yang sesuai ialah, terapkan harga pada produk yang Anda jual dengan harga yang masuk akal. Jangan sampai kamu menjual produk yang harga jualnya tidak sebanding dengan harga produksi.

Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan untung dan juga rugi dengan seimbang yang tidak akan memberatkan kepada konsumen dan juga tidak merugikan terhadap bisnis yang Anda jalankan.

  1. Tunjukan Nilai dan Manfaatnya

Setelah menentukan harga untuk produk yang akan Anda jual kepada konsumen, Anda diharuskan menawarkan produk dengan menunjukan manfaat dari produk tersebut. Hal ini membantu konsumen untuk mengetahui apa kebutuhannya.

Dalam cara ini Anda juga bisa melakukan nya dengan cara-cara seperti, testimoni, ulasan atau tanggapan positif dari pelanggan yang sudah memakai produk Anda, atau dengan cara studi kasus pelanggan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai strategi pemasaran up selling dan cross selling yang perlu Anda ketahui secara singkat. Strategi tersebut bisa membantu bisnis yang Anda jalankan menemui titik peningkatan dari segi penjualan.

Setelah strategi up selling dan cross selling ini dilakukan, langkah selanjutnya adalah kelola keuangan bisnis anda dengan baik, catat setiap pendapatan dan juga pengeluaran sekecil apapun.

Jika ingin lebih mudah dan cepat gunakan sistem aplikasi kasir, untuk mengetahui laporan keuangan usaha Anda dengan cepat. Selain itu, aplikasi kasir juga bisa mempercepat proses transaksi penjualan usaha Anda.

Saat ini banyak para pebisnis di bidang teknologi yang menyediakan aplikasi kasir sesuai dengan kebutuhan setiap usaha. RZF Software juga menyediakan aplikasi kasir dengan berbagai jenis usaha mulai dari, usaha toko retail, toko grosir, bengkel, resto, medis, konveksi dan manufaktur.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.