RZF Software | Professional Application Developer

Cara Meningkatkan Repeat Order dari Pelanggan!

Oleh: Admin | 06 Desember 2021 - 06:30 WIB
Cara Meningkatkan Repeat Order dari Pelanggan!

Bagi seorang pebisnis sudah menjadi suatu hal yang perlu dilakukan bagaimana agar penjualan terus-menerus meningkat dari waktu ke waktu. Meningkatkan penjualan tidak harus selalu berfokus bagaimana mendatangkan pelanggan baru saja, tetapi Anda juga bisa meningkatkan penjualan melalui repeat order dari pelanggan Anda saat ini.

Menurut survey yang dikutip dari Marketing Metrics, sebuah bisnis memiliki peluang hampir 80% untuk menjual produk atau layanan mereka pada pelanggan yang sudah ada dibanding dengan pelanggan baru. Kerana pelanggan yang melakukan repeat order dianggap cendrung lebih mendatangkan keuntungan dibanding pembelian dari pelanggan baru.

Selain memberikan keuntungan bagi bisnis, repeat order juga membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan bisa mempertahankan kesetiaan mereka.

Biasanya konsumen yang melakukan repeat order sudah memiliki kepercayaan (brand trust) pada produk atau toko tersebut. Maka dari itu, Anda perlu meningkatkan kepercayaan pelanggan agar cutomer anda bisa melakukan repeat order. 

Tips Meningkatkan Repeat Oder dari Customer

Berikut beberapa tips yang bisa meningkatkan repeat order dari pelanggan Anda saat ini, diantaranya sebagai berikut:

1. Memberiikan Pelayanan Customer Service terbaik

Saat pelanggan melakukan order untuk pertama kalinya biasanya akan banyak pertanyaan bahkan keluhan yang mereka ajukan terhadap customer service, nah disinislah pelayanan customer service dinilai. Memberi pelayanan yang terbaik kepada pelanggan bukan tidak mungkin pelanggan Anda akan merasa senang dan akan melakukan repeat order kembali diwaktu yang akan mendatang.

Namun, jika pelayanannya kurang baik kemungkinan pelanggan akan beralih ke kompetitor lain dengan alasan pengalaman belanja yang buruk. Untuk itu, mempunyai Customer Service yang handal merupakan hal yang wajib Anda punya.

2. Menjaga Kualitas Produk

Menjaga kualitas produk juga termasuk salah satu cara yang bisa meningkatkan repeat order untuk bisnis Anda. Untuk itu pastikan bahwa bisnis Anda memiliki produk yang baik dan konsisten. Ketika produk atau layanan yang Anda tawarkan memiliki kualitas yang menjanjikan bukan tidak mungkin customer Anda akan melakukan order kembali.

3. Berikan Penawaran yang Menarik

Siapa yang tidak tergiur saat diberikan penawaran? Semua orang pasti akan tertarik dengan adanya penawaran spesial kemungkinan pelangga Anda akan melakukan repeat order.

Ada banyak penawaran yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan Anda. Seperti, memberikan diskon kepada pelanggan setia. Tidak perlu khawatir saat memberikan diskon bisnis Anda akan mengalami bangkrut, justru hal ini akan menambah repeat order pada usaha Anda.

4. Berikan Harga yang Kompetitif

Biasanya yang dilakukan konsumen saat membeli barang ialah lebih memilih toko yang memilikmi produk yang sama namun dengan harga yang lebih murah. Hal ini dapat dikatakan ketika produk yang anda jual memiliki harga jual yang mahal, kemungkinan pelanggan anda akan beralih ke toko yang lain.

Untuk itu, pastikan bahwa Anda memasang harga jual yang kompetitif di pasaran. Anda juga bisa mencari tahu harga jual yang dipasang kompetitor lain. Atau jika Anda mempunyai nilai harga jual yang tinggi dari pada kompetitor lain Anda bisa menonjolkan keunikan dari produk Anda yang berbeda dari produk lain.

5. Edukasi Pelanggan Tentang Produk atau Layanan

Memberikan edukasi tentang produk atau layanan kepada pelanggan juga menjadi salah satu cara yang bisa meningkatkan pembelian ulang dari pelanggan Anda. Biasnya melalui edukasi ini pelanggan akan mengetahui seluruh informasi tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan kemngkinan akan melakukan repeat order. 

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan saluran lain untuk melakukan edukasi kepada pealnggan.Seperti, whatsAap broadcast, email newletter atau lainnya.

6. Manfaatkan Personalised Marketing

Pada dasarnya strategi personal ini dilakuakn secara personal untuk mendatangkan atau menarik pelanggan melakukan transaksi ulang. Dimana dengan memberikan penawaran lewat personalised marketing atau secara langsung. Seperti, menawarkan produk pendukung dari suatu produk yang dibeli oleh pelanggan Anda.

Kesimpulan
Customer repeat order ini ternyata memiliki pengaruh terhadap suatu penjualan produk. Untuk meningkatkan repeat order dari pelanggan perlu memperhatikan beberapa aspek seperti, memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, menjaga kualitas produk dll.

Nah, Anda bisa memperaktekan cara meningkatkan repeat order ini untuk bisnis yang Anda jalankan. Penting juga mengontrol ketersediaan barang di gudang, agar ketika customer repeat order Anda dapat mengetahui stok barang apakah tersedia atau tidak. Kelola persediaan barang dengan menggunakan aplikasi kasir.

Selain itu, Anda juga bisa mengelola keuangan bisnis dengan aplikasi kasir, untuk memudahkan Anda mengetahui laporan arus kas, laporan neraca dan laporan laba rugi bisnis Anda.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.