RZF Software | Professional Application Developer

Program Loyalty: Pengertian, Manfaat dan Ide Program Loyalty yang Efektif

Oleh: Admin | 25 Desember 2021 - 07:00 WIB
Program Loyalty: Pengertian, Manfaat dan Ide Program Loyalty yang Efektif

Dalam menjalankan bisnis apapun sudah sepatutnya setiap bisnis memiliki pesaing, hal ini membuat para pebisnis harus berpikir keras dan cerdas untuk mengatur rencana dan strategi agar bisnis yang dijalankan tetap bertahan dan stabil ditengah ramainya kompetitor.

Seperti yang sudah kita ketahui kunci keberhasilan suatu bisnis ada pada kesetiaan konsumen. Adanya kesetiaan pelanggan akan membantu perusahaan untuk memperoleh pemasukan. Oleh karena itu, pentingnya mempertahankan konsumen yang ada.

Salah satu solusi yang mungkin perlu Anda perhatikan ialah dengan mengembangkan program loyalty atau membership loyalty, dimana program ini yang akan membantu menarik kembali konsumen Anda. Jika kamu menggunakan sistem poin member ini akan lebih mempermudah kamu dalam mengembangkan program loyalty. Salah satunya dengan memanfaatkan kecanggihan sistem aplikasi kasir yang dapat mempermudah semua pengelolaan bisnis.

Pengertian Program Loyalty

Secara harfifah, loyalty program adalah sebuah program penghargaan yang diberikan oleh perusahaan pada pelanggan dengan tujuan untuk menjaga mereka agar tetap setia dan mau terus menggunakan produk atau layanan dari perusahaan Anda.

Singkatnya, program loyalty adalah program untuk menjaga kesetiaan pelanggan agar tetap bertransaksi dengan perusahaan.

Biasanya program loyalty yang diberikan kepada konsumen berupa potongan harga, diskon, reward dan lain sebagainya. Hal ini tentunya akan membuat konsumen semakin terikat dengan perusahaan Anda, dan secara tidak langsung akan membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan metrik customer retention rate.

Baca juga: 7 Cara Efektif Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Manfaat Program Loyalty

Sebagaimana yang kita pahami program loyalty ini membantu Anda untuk menarik kembali pelanggan, sehingga pentingnya sebuah perusahaan memiliki program loyalty. Karena adanya program loyalty memberikan banyak sekali manfaat bagi bisnsi yang dijalankan. Apa saja manfaat program loyalty untuk perusahaan?

1. Membangun Hubungan dengan Konsumen

Manfaat paling besar yang dapat Anda rasakan dari diterapkannya loyalty program adalah membantu perusahaan untuk membangun hubungan dengan para pelanggan. Adanya hubungan yang baik akan membangun kepuasan yang lebih dari pelanggan.

Sehingga, hal ini akan membuat pelanggan untuk tetap setia dengan produk yang Anda buat.

2. Menarik Kembali Pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, dibuatnya program loyalty seperti pemberian potongan harga kepada semua pelanggan ini membantu Anda untuk memenangkan kembali pelanggan Anda baik itu pelanggan lama maupun pelanggan yang baru.

Selain itu, kemungkinan hal ini juga akan membantu meningkatkan repeat order yang tinggi.

3. Pembeda dari Kompetitor

Seperti yang kita ketahui, di era sekarang banyak pesaing yang semakin bermunculan dan memenuhi pasar target, jika kita tidak menonjolkan perbedaan dari kompetitor lain, kemungkinan perusahaan akan sulit berkembang dari kompetitor.

Oleh karena itu, program loyalty ini sangat penting dilakukan kepada pelanggan agar menjadi pembeda dengan kompetitor lain.

5 Ide Loyalty Program yang Terbukti Menguntungkan

Sebelum membuat program loyalty, suatu perusahaan perlu memiliki ide kreatif dan matang. Karena sama halnya dengan strategi pemasaran lain jika tanpa ada perhitungan yang matang, maka program loyalty ini hanya akan mendatangkan kerugian saja.

Berikut ini ide program kesetiaan dari perusahaan lain yang telah terbukti menguntungkan, diantaranya sebagai berikut:

1. Program Cashback

Dalam loyalty program ini setiap pelanggan yang melakukan transaksi dengan jumlah nominal tertentu, maka pelanggan akan mendapatkan cashback. Cashback ini tidak dapat diuangkan namun dapat ditransaksikan kembali kepada perusahaan tersebut.

2. Program Membership Loyalty

Biasanya dalam program perusahaan memberikan tawaran untuk menjadi anggota dari sebuah atau program yang perusahaan tersebut adakan. Setelah menyetujui menjadi anggota, maka anggaota akan di berikan tawaran-tawaran menarik dari perusahaan, baik itu berupa diskon atau lainnya.

Selain itu, keuntungan dari perusahaan yang membuat program membership akan mudah mendapatkan pelanggan tetap. Dimana pelanggan ini yang nantinya akan menjadi dasar perusahaan untuk meluncurkan produk atau layanan baru.

Baca juga: Cara Membangun Loyalitas Pelanggan dengan Poin Reward!

3. Program Membership Bertingkat

Pada dasarnya program ini sama halnya dengan program sebelumnya, namun yang membedakan program ini menawarkan kepada pelanggan untuk melakukan upgrade keanggotaan dengan program membership bertingkat. Misalnya, dari VIP ke premium, dari peremium ke member gold dan seterusnya.

Tentu saja dalam program membership bertingkat ini setiap tingkatnya akan memiliki keuntungan lebih besar dari tingkat sebelumnya.

4. Program Event Terbatas

Secara general loyalty program ini diadakan setiap tahunan atau musiman, dimana perusahaan dapat memberikan benefit bagi pelanggan seperti diskon, free service, dan lain sebagainya. Program ini bisa Anda tawarkan kepada pelanggan yang sudah melakukan transaksi atau pembelian selama jangka waktu tertentu.

Program yang satu ini terbukti sangat efektif untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan.

Kesimpulan

Program loyalty menjadi cara tepat yang bisa Anda pilih untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Namun, perlu Anda ketahui untuk lebih mengefektifkan ide program di atas, perusahaan perlu melakukan perhitungan yang detail.

Anggaran harus dihitung dan dikelola dengan baik secara digital dan tersistemasi. Anda bisa memulainya dengan menggunakan sistem aplikasi kasir untuk membantu mengelola keuangan bisnis Anda. Selain itu, aplikasi kasir juga dapat membantu Anda melakukan perhitungan barang secara akurat.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.