RZF Software | Professional Application Developer

Cara Membangun Loyalitas Pelanggan dengan Poin Reward!

Oleh: Admin | 01 Juni 2022 - 02:30 WIB
Cara Membangun Loyalitas Pelanggan dengan Poin Reward!

Membangun loyalitas pelanggan menjadi hal yang penting dalam sebuah bisnis, sebab loyalitas pelanggan bisa mempertahankan bahkan meningkatkan penjualan bisnismu. Selain itu, dengan loyalitas pelanggan secara tidak langsung akan menciptakan kepuasan yang tinggi terhadap produk atau jasa yang digunakan.

Sehingga , hal ini akan cendrung menimbulkan rasa untuk merekomendasikan produk atau jasa dari pelanggan. Namun, dalam membangun loyalitas pelanggan ini bukan sesuatu yang mudah, tentu Anda memerlukan sebuah strategi dalam membangunnya.

Ternyata, ada salah satu strategi yang perlu Anda ketahui dalam membangun loyalitas pelanggan loh! Salah satunya dengan cara pemberian poin reward, poin reward ini menjadi salah satu strategi yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis modern loh!

Apa Itu Poin Reward?

Poin member atau poin rewards adalah pemberian poin terhadap pelanggan yang melakukan transaksi pembelian di toko dengan berdasarkan nominal yang ditentukan.

Pemberian poin member bertujuan sebagai strategi untuk meningkatkan penjualan. Kenapa demikian? Karena kamu bisa menerapkan poin kepada pelangganmu berdasarkan jumlah nominal, jumlah transaksi, jumlah produk atau non poin.

Sehingga, ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan untuk melakukan pembelian kembali ditempat anda.

Apa Saja Keuntungan Menerapkan Poin Member atau Poin Reward?

  1. Membantu Meningkatkan Omset Penjualan Usaha

  2. Membuat Pelanggan Menjadi Lebih Loyal

  3. Sebagai Daya Tarik Terhadap Pelanggan untuk Melakukan Pembelian

  4. Strategi untuk Meningkatkan Minat Pelanggan

  5. Bisnis Jadi Lebih Modern

Baca juga:  4 Fitur Unggulan Software Kasir untuk Permudah Pengelolaan Bisnis Grosir!

Bagaimana Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Poin Reward?

  1. Memberikan Poin Pada Pelanggan berdasarkan Jumlah Transaksi

Penerapan poin yang satu ini menjadi salah satu cara yang paling umum digunakan di setiap perusahaan. Kenapa? Karena cara ini terbilang cukup mudah, pelanggan hanya tinggal melakukan transaksi yang lebih banyak agar bisa mendapatkan poin yang lebih tinggi.

Nah, Anda bisa memberikan poin kepada pelanggan dengan berdasarkan jumlah transaksi yang telah anda tentukan, misalnya: Transaksi sebesar 100.000 akan mendapatkan poin 10.

  1. Berikan Poin Pada Pelanggan yang Memberikan Share Ulasan di Media Sosial

Seperti yang kita tahu media sosial menjadi ajang pemasaran yang paling kuat. Sudah banyak brand yang membangun awareness lewat sosial media sosial, seperti melakukan kampanye iklan, sampai menciptakan berbagai promosi penjualan.

Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat pelanggan memberikan ulasan di media sosial. Hal ini akan membantu anda untuk membangun brand awareness sehingga bisnis yang kamu jalankan akan semakin dikenal oleh banyak orang.

Dengan poin juga pelanggan tidak segan untuk menceritakan produk atau layanan favorit mereka.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Penggunaan Software Kasir Bagi Bisnis Grosir!

  1. Berikan Hadih Kejutan Berupa Poin

Sudah sepatutnya semua orang akan suka dengan surprise atau kejutan, bergitupun pelangganmu. Nah, dengan inu kamu bisa memberikan hadiah atau kejutan berupa poin.

Misalnya, ketika ingin menjelang idul fitri, kamu bisa memberikan kepada pelanggan loyal kamu dengan kejutan berupa poin yang bisa ditukarkan. Kamu bisa langsung memberikannya dengan cara mengirim pesan atau email, hal ini akan membuat pelanggan merasa diberi apresiasi.

Demikian, 3 cara meningkatkan loyalitas pelanggan dengan menggunakan member poin yang bisa kamu coba terapkan pada bisnis mu. Kenapa penerapan member poin bisa membantu meningkatkan omset penjualan? Karena kemungkinan dengan adanya sistem poin, pelanggan akan dengan suka rela kembali berbelanja di tempat Anda.

Nah, untuk mempermudah penerapan sistem poin ini Software Toko Grosir RZF bisa jadi solusi untuk Anda dalam menerapkan sistem poin untuk membangun loyalitas pelanggan. Selain itu, software toko grosir RZF juga memiliki fitur penjualan dan fitur laporan lengkap yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.