RZF Software | Professional Application Developer

9+ Trik Psikologi Marketing yang Bisa Meningkatkan Penjualan

Oleh: Admin | 15 Desember 2021 - 09:45 WIB
9+ Trik Psikologi Marketing yang Bisa Meningkatkan Penjualan

Dalam bisnis terdapat bermacam-macam strategi marketing yang dapat meningkatkan penjualan semakin laris tentunya. Salah satunya dengan strategi psikologi marketing. 

Psikologi marketing merupakan ilmu marketing yang perlu diketahui oleh setiap pebisnis. Karena dengan trik psikologi ini yang nantinya akan mempengaruhi keputusan pemebelian konsumen. Penasaran dengan psikologi marketing ini? 

Apa itu psikologi marketing?

Psikologi marketing adalah ilmu marketing yang mempelajari psikologi pelanggan saat membeli suatu produk. Mulai dari motif emosi hingga kecendrungan psikologi yang jadi dasar keputusannya.

Dengan, adanya pemahaman tentang ilmu psikologi marketing ini bisa membantu Anda dalam memnyususn stratedi pemasaran yang mampu mempengaruhi konsuemn untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk yang Anda tawarkan.

Trik psikologi ini banyak digunakan oleh para pelaku pebisnis, lantaran trik ini terbukti lebih banyak dilirik dan diminati oleh konsumen. Biasanya Anda juga akan banyak menjumpai trik tersebut disebuah pusat perbelanjaan, seperti harga coret, harga dengan angka 9 dan lain sebagainya.

Itulah mengapa psikologi marketing ini sangat penting dimiliki oleh pebisnis, karena triknya akan membantu meningkatkan penjualan bsinis secara efektif.

9+ Trik Psikologi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Berikut ini trik psikologi marketing yang Anda coba untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda, beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Harga Coret

 

Terkadang banyak pebisnis yang mengadakan sebuah diskon pada produk merek dengan hanya memperlihatkan besaran persentasenya saja, tanpa menampilkan perbandingan harga sebelum diskon dan sesudah diskon. Padahal hal tersebut akan membuat pelanggan ragu untuk membeli dan segan untuk bertanya.

Lalu bagaimana cara penerapan diskon? Nah, salah satunya dengan harga coret, biasanya harga awal akan dicoret dan kemduian dibawahnya tertera harga setelah diskon. Cara ini sudah banyak diterapkan di berbagai pusat perbelanjaan atau di e-commerce.

Baca juga:  Viral Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

2. Gunakan Harga dengan Angka 9

 

Trik yang satu ini juga mungkin sering Anda jumpai di berbagai pusat perbelanjaan atau toko-toko online, dimana menerpakan harga produk dengan angka yang dominan dengan angka 9. Misalnya, produk earphone dengan harga Rp.279.999 yang sebenarnya masih sama saja dengan Rp.280.000.

Strategi ini dikenal dengan istilah cham perice, yaitu strategi yang membuat dua harga tampak berbeda dan tentu akan sangat mempengaruhi minat pembeli untuk melakukan pembelian.

3. Gunakan Stok Terbatas

Pernahkah Anda saat membeli sesuatu produk kemudian mendapati stok tersebut langka atau terbatas? Nah, trik tersebut merupakan trik psikologi marketing dimana yang akan mempengaruhi pikiran kosumen untuk langsung membelinya karena stok yang terbatas.

Nah, Anda juga bisa menerapkan trik ini pada bisnis yang Anda jalankan dengan membuat kesan langka atau penting pada produk Anda.

4. Membuat Produk Limited Edition

Umumnya produk limited edition memang selalu menaik perhatian konsumen dan banyak diincar. Bahkan biasanya produk limited edition ini akan dengan cepat terjual meskipun sebelum launching.

Dalam menerapkan ini Anda juga bisa bekerja sama dengan seorang influencer. Misalnya, jika Anda seorang penjual produk kecantikan maka Anda harus bekerja sama dengan beauty influencer dengan menciptakan produk yang didesain khusus oleh influence tersebut, namun dengan stok limited edition.

Pertama, pelanggan Anda akan tertraik karena produk tersebut didesain langsung oleh seorang influencer trekenal, dan kedua merek akan membeli karena stok yang terbatas. Sehingga produk tersebut memiliki value yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang lain.

5. Diskon Khusus

Menerapkan diskon khusus juga salah satu trik psikologi marketing yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan. Misalnya, jika Anda menjual produk khusus remaja maka Anda bisa  memberikan diskon khusus ramaja.

Strategi ini sangat cocok untuk meningkatkan penjualan ddengan menjangkau sekelompok target yang spesifik.

6. Diskon Terbatas

Selain membeikan dison khusus, Anda juga bisa memberikan diskon terbatas. Biasanya cara ini dilakukan dengan menyimpan produk diskon tersebut di depan meja kasir. Anda bisa menawarkan produk diskon tersebut saat pelanggan sudah memilih produk ke dalam kranjang atau saat melakukan tansaksi.

Diskon terbatas tersebut akan menciptkan urgensi yang membuat pelanggan langsung melakukan transaksi.

7. Tawarkan 3 Opsi Harga

Trik yang satu ini dinamakan dengan Decoy Price, dimana penjual menyediakan tiga opsi harga untuk mempengaruhi pelanggan agar membeli produk yang lebih mahal.

Contohnya salah satu brand yang menjual minuman sebut saja starbuck yang menjual minuman starbuck dengan tiga pilihan harga. Starbuc berukuran small biasanya di jual dengan harga Rp.25.000 dan untuk ukuran large dijual dengan harga Rp.50.000.

Nah, namun akhirnya pihak bioskop membuat starbuck ukuran medium dengan harga Rp.45.000. Pada akhirnya pelanggan akan berpikir untuk membeli starbuck dengan ukuran large karena selisih harganya hanya 5.000 saja.

8. Luncurkan Produk Secara Terus-menerus

Penelitian mengatakan bahwa seseorang akan merasa menemukan hadiah ketika mereka menemukan hal baru. Bukankah Anda juga merasakan demikian? Ketika Anda menemui prdouk baru dari suatu brand Anda merasa penasaran dan ingin mencoba bahkan membelinya. Nah, sama hal nya dengan pelanggan lain.

Dengan trik ini membantu menjangkau pelanggan baru dan menambah minat dari pelanggan lama. Karena secara tidak langsung trik ini akan menambah rasa penasran pada konsumen dan kemungkinan konsumen Anda akan segera melakukan order.

Baca juga: Bundling Strategi; Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Untuk Bisnis

9. Gunakan Sosial Proof

Social proof merupakan fenomena dimana pelanggan tertarik untuk membeli produk karena mereka melihat pengalaman baik dari konsumen lain, atau review yang baik dari beberapa sumber yang mereka anggap percaya.

Adanya review yang baik akan mempengaruhi pelanggan lain untuk melakukan pembelian terhadap produk yang Anda tawarkan. Anda bisa menggunakan trik social proof ini dengan membuat konten review dari seorang influencer di meida sosial, dan menampilkan review dari pelanggan lain.

Itulah beberapa Trik Psikologi Marketing yang bisa Anda gunakan untuk meningkatan penjualan, strategi tesebut sangat ampuh dan mampu mempengaruhi pelanggan kamu untuk melakukan pembelian. Siapa sangka Anda juga pernah terpengaruh dengan trik psikologi diatas bukan?

Siapkah Menerapakan Strategi Psikologi Marketing ini?

Jika sudah mengetahu dan mengenal trik psikologi tersebut ini saatnya Anda menerapkan trik psikologi ini pada bisnis yang Anda jalankan. Disamping itu penting juga mengelola keungan bisnis Anda dengan baik, 

Anda bisa mulai mengelola keuangan bsnis Anda dengan menggunakan Aplikasi Kasir. Selain itu, aplikasi kasir membantu Anda untuk memanajemen usaha dengan lebih mudah muali dari proses transaksi menjadi lebih cepat, pengelolaan stok barang yang baik, sampai dengan perhitungan laporan keuangan yang akurat.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.