RZF Software | Professional Application Developer

Viral Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Oleh: Admin | 22 November 2021 - 07:45 WIB
Viral Marketing: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Tahukah kamu dalam strategi pemasaran terdapat strategi viral marketing? Mungkin sebagian orang sudah mengetahui istilah marketing ini. Namun, banyak pula yang belum mengetahui apa viral marketing tersebut.

Sebenarnya viral marketing ini sudah ada sejak lama, tetapi baru-baru ini strategi ini booming dan mulai digencar para pebisnis. Lantas apa itu viral marketing?

Pengertian Viral Marketing

Sesuai dengan namanya viral marketing adalah strategi promosi baik secara offline ataupun online untuk membuat sebuah iklan menjadi viral. Teknik pemasaran ini biasanya menggunakan jejaring sosial baik secara langsung atau melalui media sosial, tujuannya untuk menyampaikan pesan atau iklan kepada konsumen.

Viral marketing ini memiliki sedikit perbedaan dari strategi marketing lainnya, yaitu viral marketing menggandalkan audiens untuk menjadi pomotor-nya. Merekalah yang akan menyebarkan iklan atau pesan tentang produk Anda kepada orang lain baik secara online ataupun offline.

Strategi ini dianggap lebih efektif menguntungkan apalagi strategi ini menggunakan istilah WOM yaitu yang dikenal sebagai promosi dari mulut ke mulut. Selain itu, strategi ini bukan hanya untuk perusahaan besar saja tetapi, para pebisnis pemula juga bisa menggunakan strategi ini.

Bagaimana Cara Kerja Viral Marketing?

Kenapa harus menggunakan viral marketing? Dan bagaimana cara kerja viral marketing? Cara kerja viral marketing ini dengan berkembang melewati jejaringan sosial, yang akan menduplikasi dirinya menjadi lebih banyak menyerupai cara kerja virus.

Strategi ini berkerja dengan metode menyebarkan data lewat database pengguna internet. Oleh sebab itu dalam penggunaannya viral marketing ini membutuhkan jaringan koneksi. Strategi tipe ini merupakan strategi pemasaran yang menjanjikan sebuah ketenaran suatu produk yang di tawarkan.

Kelebihan Viral Marketing

  1. Menghemat Biaya Iklan

Sebenarnya biaya iklan itu dapat dikatakan sebagai harga yang relatif tergantung media apa yang dipilih dalam mempromosikan suatu produk tersebut. Namun jika Anda memilih iklan yang proses pemasaran nya langsung cepat, kemungkinan biaya yang dibutuhan juga relatif tinggi.

  1. Meningkatkan Brand Awarness

Salah satu alasan pebisnis mengunakan strategi viral marekting ini adalah untuk meningkatkan brand awarness ang akan membuat bisnis yang dijalankan dikenal banyak orang.

  1. Tidak Perlu Edukasi Konsumen

Kelebihan lainnya ialah ketika bisnis anda telah menemui titik viral kemungkinan anda tidak perlu lagi memberikan edukasi kepada konsumen, karena secara otomatis konsumen sudah mengenal brand atau produk anda.

Kekurangan Strategi Viral Marketing

Seperti yang anda ketahui setiap strategi yang dijalankan memiliki resiko atau kekurangnya masing-masing, berikut kekurang dari strategi viral marketing ini:

  1. Kemampuan dalam penerimaan pesan, dan tidak semua konsumen mampu menerima pesan yang Anda sampaikan dengan baik.
  2. Strategi viral marketing sulit diprediksi apakah akan berhasil atu tidak, beberapa iklan yang anda buat kemungkinan akan viral dalam kurun waktu yang lama atau bahkan lebih cepat.

Kesimpulan

Strategi viral marketing memang bukan satu-satunya cara untuk memasarkan produk, namun teknik yang satu ini dianggap cara efektif untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. karena cara kerja viral marketing ini lebih cepat.

Anda bisa mulai fokus untuk melakukan strategi ini pada bisnis yang Anda jalankan. Namun jangan lupa juga untuk mengelola keuangan bisnis Anda agar bisnis akan semakin berkembang. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengelola keuangan di samping dalam menjalankan strategi ini Anda bisa menggunakan sistem aplikasi kasir untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan bisnis seperti RZF Software.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi kasir akan membantu Anda untuk menambahkan omset penjualan usaha Anda.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.