RZF Software | Professional Application Developer

7 Tugas Seorang Kasir yang Wajib Owner Ketahui!

Oleh: Admin | 02 Juni 2022 - 02:15 WIB
7 Tugas Seorang Kasir yang Wajib Owner Ketahui!

Taukah kamu seorang kasir merupakan orang yang paling berpengaruh sebuah bisnis toko. Karena seorang kasir menjadi perantara antara toko dengan pelanggan atau konsumen.

Maka dari itu, pentingnya memperhatikan kecermatan dan ketelitian seorang kasir dalam pelayanan transaksi atau penjualan kepada pelanggan, jangan sampai terjadi kesalahan pada saat proses transaksi yang membuat banyak komplain dari pelanggan.

Apa Saja Tugas Seorang Kasir yang Wajib diketahui Owner?

  1. Memberikan Pelayanan yang Terbaik kepada Pelanggan

Tugas pertama yang harus dilakukan oleh seorang kasir ialah memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Pelayanan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap penjualan bisnis loh.

Kenapa demikian? Karena dengan pelayanan yang baik akan membuat pelanggan nyaman, sehingga besar kemungkinannya jika pelanggan akan berbelanja kembali di tempat Anda.

Maka dari itu, kunci penjualan itu bisa dikatakan berada di tangan pelayanan seorang kasir.

  1. Mencatat Transaksi

Selain memberikan pelayanan yang baik, hal yang harus dilakukan oleh seorang kasir juga harus mencatat transaksi, baik itu transaksi pembelian maupun transaksi penjualan.

Poin ini merupakan tugas yang paling pokok dan tentu harus dilakukan dengan sangat teliti, tidak boleh ada kesalahan dalam pencatatan transaksi karena ini akan sangat mempengaruhi laporan penjualan dan laporan keuangan.

Nah, maka dari itu untuk meminimalisir kesalahan tersebut, pentingnya mengenal sistem software toko grosir seperti kasir RZF Software untuk membantu proses pencatatan transaksi menjadi lebih praktis dan aman.

  1. Mengecek Pesanan Pelanggan Saat Sudah Selesai

Ketika bisnis yang kamu jalankan belum mengenal sistem software toko grosir maka mengecek kembali pesanan pelanggan saat sudah selesai menjadi kegiatan yang harus dilakukan, hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan pada saat perhitungan ataupun kesalahan dalam memasukan barang.

  1. Merekap Laporan Transaksi Penjualan

Bagian ini menjadi bagian yang tidak kalah penting dimana seorang kasir perlu merekap penjualan tutup kasir pada saat tutup toko, sehingga di hari berikutnya seorang kasir akan bertugas bisa mengetahui jumlah pasti uang yang ada di laci kasir.

Software toko grosir RZF bisa membantu kamu melakukan tutup kasir, sehingga owner akan lebih mengetahui berapa penjualan yang dilakukan oleh seorang kasir.

  1. Memeriksa Daftar Harga

Melakukan pemeriksaan daftar harga juga tidak boleh terlewatkan oleh seorang kasir, karena ini akan mempengaruhi kegiatan pada saat transaksi berlangsung, maka yang perlu dilakukan ialah memeriksanya secara terliti.

Terlebih jika bisnis yang kamu jalankan belum mengenal sistem software toko grosir seperti RZF Software, terkadang untuk memastikan harga sebuah produk kita harus mengecek nota faktur dari sales satu persatu pada saat penginputan barang, apakah produk mengalami kenaikan atau tidak. Hal ini akan sangat memakan waktu dan tentu merepotkan pekerjaan seorang kasir.

Maka dari itu, kamu perlu menggunakan sistem software toko grosir untuk mempermudah kamu saat pemeriksaan daftar harga barang.

  1. Melakukan Pengecekan Stok Barang

Selain memeriksa daftar harga barang, seorang kasir juga perlu melakukan pengecekan barang secara berkala untuk memastikan apakah barang tersebut memiliki stok yang cukup atau bahkan barang tersebut kosong. Dengan melakukan pengecekan barang kasir akan mengetahui barang mana yang layak dijual dan tidak.

  1. Melakukan Stock Opname

Terakhir melakukan stock opname, seorang kasir juga ditugaskan untuk melakukan stock opname toko. Sebab, seorang kasir juga berperan penting sebagai pemberi informasi mengenai perbandingan stok.

Demikian 7 tugas seorang kasir yang perlu diketahui oleh para owner bisnis. Nah, setelah membaca artikel di atas tentu sekarang kamu tahu apa saja tugas dari seorang kasir.

Ke tujuh tugas kasir diatas bisa dibantu dengan sistem software toko grosir, Software toko grosir RZF Software sebagai sistem untuk memanajemen kegiatan bisnis jadi lebih mudah dan tersistemasi.

Selain itu software toko grosir RZF, juga bisa membantu analisis bisnis jadi lebih mudah.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.