RZF Software | Professional Application Developer

Tips Mengelola Stok Menjelang Lebaran Agar Tidak Kehabisan

Oleh: Admin | 12 April 2022 - 07:30 WIB
Tips Mengelola Stok Menjelang Lebaran Agar Tidak Kehabisan

Seperti yang kita tahu pada saat menjelang lebaran permintaan dari masyarakan akan kian bertambah. Mulai dari kebutuhan makanan, maju hingga produk lainnya. Hal ni dapat memicu menipisnya stok barang untuk produk tersebut.

Menipisnya stok produk tentu akan menghambat penjualan dan merugikan bisnis. Terlebih di momen-momen yang seharusnya bisa menghasilkan banyak keuntungan karena produk tertentu banyak di cari, justru malah terjadi kekosongan barang.

Selain itu stok barang yang kosong juga akan memunculkan banyak komplain dari pihak konsumen, manajemen pencatatan stok pun menjadi kacau, ditambah lagi opersional bisnis yang stagnan dikarenakan tidak ada produk yang harus dijual, dan tentu hal ini akan sangat merugikan.

Banyak dari pebisnis yang gagal memanfaatkan momen lebaran hanya karena kurang mampu mempersiapkan dengan baik.

Lantas, bagaimana mengatasi hal demikian? Agar bisnis Anda bisa tetap berjalan dengan baik sebelum dan saat lebaran, berikut artikel kali ini akan memberikan beberapa tips untuk pengelolaan stok yang tepat menjelang lebaran, sebagai antisipasi lonjakan permintaan pelanggan. Yuk, simak artikelnya berikut!

1. Membuat Perkiraan Stok Barang

Sebelum bisnis mengalami permintaan yang melonjak dari konsumen, ada baiknya kamu membuat perkiraan persediaan stok barang yang diperlukan untuk masa periode yang akan datang.

Dalam hal ini kamu bisa melakukan analisis datanya bisa berdasarkan permintaan produk dari periode tahun sebelumnya. Hasil perkiraan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengidentifikasi kebutuhan pasar dan menyusun pengelolaan barang guna menyediakan produk sesuai dengan permintaan atau kebutuhan konsumen.

2. Menyusun Rencanan Pengelolaan Stok Barang

Kelangkaan stok barang menjadi masalah bagi bisnis yang dijalankan dan tentu akan menghambat operasional toko, untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu segera melakukan manajemen inventaris, mulai dari stock opname hingga stock forecasting, untuk memprediksi penjualan dan mengetahui stok barang yang terseida di oultet Anda.

3. Siapkan Stok dan Operasional Toko Jauh Hari

Setelah membuat perkiraan stok permintaan dari tahun sebelumnya, kamu bisa memulai menyusun rencana pengelolaan stok barang.

Rencana pengelolaan stok barang ini dilakukan untuk pengelolaan stok barang dalam jumlah yang dibutuhkan dengan pertimbangan untuk menjaga dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

4. Lakukan Pencatatan Stok Barang

Terakhir untuk mengantisipasi kehabisan stok barang menjelang lebaran kamu perlu melakukan pencatatan stok barang yang akurat  terhadap setiap barang yang masuk dan keluar dari guang penyimpanan.

Pencatatan stok barang memang menjadi salah satu kegiatan yang memakan banyak waktu dan tentu pencatatan stok secara manual akan sangat merepotkan. Maka dari itu, untuk memudahkan kegiatan ini kamu perlu memanfaatkan teknologi untuk membantu pencatatan stok barang, salah satunya dengan aplikasi kasir.

Aplikasi kasir memudahkan kamu dalam pengelolaan stok barang yang masuk dan keluar di gudang penyimpanan, selain itu aplikasi kasir juga membantu kamu mendapatkan laporan bisnis, seperti laporan stok barang, laporan penjualan hingga laporan keuangan yang lengkap.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.