RZF Software | Professional Application Developer

Tips Memulai Bisnis Skincare Untuk Pemula

Oleh: Admin | 14 November 2022 - 01:00 WIB
Tips Memulai Bisnis Skincare Untuk Pemula

Kebutuhan skincare kini sangat meningkat, pasal nya banyak orang orang yang menginginkan kulit yang sehat dan tampak cerah, terutama para kaum hawa yang sangat menggandrungi berbagai perawatan kulit.

Bisnis skincare adalah salah satu bisnis yang boleh dikatakan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan ditahun ini dan kedepannya. Hal ini tentunya sejalan dengan tren kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia yang kian melesat yang kualitas produknya  tidak kalah bagusnya dengan produk luar.

Nah, kira- kira apa saja ya yang harus kita lakukan untuk memulai bisnis skincare? Berikut beberapa tips nya untuk  memulai bisnis skincare untuk pemula

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis. Namun, dalam memulai bisnis skincare anda bisa menerapkan tips yang akan kami berikan

1. Tentukan Jenis Bisnis

Memulai bisnis skincare tidak perlu memiliki modal yang besar atau wajib memiliki tempat usaha. Anda bisa memulai dengan budget secukupnya. Salah satunya yang bisa anda lakukan yaitu dengan memulai bisnis lewat cara marketplace atau dengan jasa titip (jastip).

Kedua opsi tersebut cukup mudah untuk dilakukan anda hanya memerlukan ponsel genggam dan jaringan internet yang stabil, serta keberanian untuk memulai nya.

2. Pahami Tren Terkini dan Lakukan Riset Pasar

Memahami tren industri bisa membawa peluang besar untuk bisnis anda. Hal ini bisa dimulai dari melakukan riset dan memahami permasalahan kulit serta tren kecantikan yang ada di masyarakat.

Dari ada nya riset pasar bisnis skincare ini anda dapat mengetahui kebutuhan kulit, dan anda bisa memberikakan solusi untuk masalah kulit yang sedang di hadapi oleh masyarakat dengan produk skincare yang akan anda pasarkan. Jadi anda tidak kebingungan lagi untuk memilih produk apa yang hendak dijual.

3. Menentukan Target Pasar

Semakin berkembangnya jaman, produk skincare juga ikut berkembang yang memiliki banyak jenis yang beragam. Hal ini tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan kulit orang Indonesia yang beragam pula.

Dari sini Anda bisa mulai menentukan produk dan skincare jenis apa yang akan Anda jual serta target pasar atau konsumen yang nantinya akan ditawarkan.

Intinya, dengan anda menentukan target pasar maka anda akan lebih mudah untuk merumuskan bagaimana strategi pemasaran dan promosi bisnis skincare yang tepat.

4. Pilih Supplier Terpercaya

Untuk membuat bisnis anda berjalan dengan baik dan terhindar dari komplen pelanggan dan ketersediaan stok barang selalu ada, pastikan anda memilih suplier yang terpercaya 

Tak hanya kebeutuhan pasar saja yang perlu anda riset anda juga harus meriset supplier. Memilih suplier yang sesuai dengan kebutuhan pasar memanglah salah satu hal yang cukup sulit. Oleh karena itu anda memerlukan riset.

Jika sudah berhasil memilih supplier yang tepat dan terpercaya, jangan lupa untuk menjaga komunikasi dan hubungan sebaik mungkin sehingga hambatan bisnis yang ada dapat diminimalisir.

5. Pastikan Produk Aman dan Sudah Terdaftar di BPOM

Menjual produk skincare tidak bisa hanya sekedar menjual produk, anda juga harus memastikan keamanan produk yang akan anda jual dan pastinya sudah memiliki surat izin edar terdaftar di BPOM.

6. Gencarkan Promosi dan Sebar Informasi Edukasi di Sosial Media

Sosial media memiliki pengaruh yang sangat kuat untuk menyebarkan beragam informasi. Keberadaannya yang dudah menjadi bagian dari keseharian kita membuat sosial media menjadi salah satu cara yang ideal untuk mempromosikan bisnis skincare anda.

7. Manfaatkan Kehadiran Ecommerce/ Marketplace

Di zaman sekarang untuk menawarkan produk bisa dilakukan dengan berbagai cara tanpa harus menawarkan secara langsung. Salah satunya yaitu memanfaatkan ecommerce / marketplace untuk memperkenalkan bisnis skincare anda.

8. Kedepankan kualitas Pelayanan 

Pelayanan atau service yang baik amat sangat penting dalam menjaga keberlangsungan usaha Anda. Service yang baik dan memuaskan akan membuat pelanggan Anda merasa senang, puas, dan nyaman berbelanja.

Hal ini juga dapat menjadi salah satu taktik cerdik untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan, sehingga besar kemungkinan mereka akan kembali memesan ataupun membeli produk yang kita jual.

9. Gunakan Teknologi untuk Pencatatan Penghasilan

Untuk memudahkan anda dalam pencatatan penghasilan dan pengeluaran anda dapat menggunakan berbagai macam aplikasi yang sesuai kebutuhan untuk bisnis skincare anda. 

Salah satunya yaitu dengan menggunakan Aplikasi terbaru dari kami khusus untuk bisnis Skincare yang kami sediakan. Dengan adanya aplikasi skincare ini anda dapat mengelola keuangan anda, mengetahui jumlah stok obat dan alkes, menginfut data supplier dan pelanggan atau pasien, layanan dan pemerikasaan, data rekam medis dan masih banyak lagi keunggulan lainnya dari Aplikasi RZF Skincare ini.

Jadi kesimpulannya yang bisa kita ambil dari langkah langkah diatas, untuk memabangun bisnis skincare tak berbeda dengan bisnis lainya.

zaman sudah berubah, informasi lebih mudah didapatakan, sehingga konsumen lebih pandai untuk memilih. Pastikan strategi dan produk skincare mu adalah solusi tepat untuk mesalah kulit yang dialami konsumen.

Namun hal yang menonjol dari bisnis ini adalah kecermatan dan ketangkasan untuk mengangkap animo konsumen akan produk, serta melihat kebutuhan konsumen ingin tampil lebih cantik dengan seperti apa.

Utamanya adalah jaminan keamanan produk skincare yang kamu jual. Sudah banyak bisnis skincare yang gulung tikar karena ceroboh dalam hal perizinan dan justru memasukan bahan berbahaya didalamnya.


Nah, sekarang anda sudah tau tips untuk memulai bisnis skincare, sekarang anda tinggal memulai dan melakukan tips di atas.

 

Sumber: BFI FINANCE

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.