RZF Software | Professional Application Developer

5 Tips Menjalankan Bisnis Konveksi yang Sukses Raih Untung!

Oleh: Admin | 23 April 2022 - 07:30 WIB
5 Tips Menjalankan Bisnis Konveksi yang Sukses Raih Untung!

Bisnis konveksi merupakan salah satu bisnis yang dapat dikatakan tak lekang oleh waktu, karena dari waktu ke waktu kebutuhan fashion tak surut dan terus mengalami kenaikan bahkan mengalami trend dari masa ke masa.

Selain itu, konveksi pakaian juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia yang wajib dipenuhi. Konveksi pakaian sendiri merupakan sebuah usaha produksi pakaian yang dibuat secara masal. Secara spesifiknya, konveksi merupakan industri kecil untuk membuat pakaian mulai dari shirt, kaos, jaket, kemeja, celana dan lain sebagainya.

Sampai saat ini bisnis yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat tanah air,karena permintaan pasarnya yang terus mengalami kenaikan serta kompetitor yang masih rendah.

Tak hanya itu, jenis usaha yang satu ini juga merupakan peluang bisnis yang bisa dijalankan secara rumahan. Oleh sebab itu, bisnis konveksi juga cocok dijadikan sebagai bisnis sampingan.

1. Tentukan Jenis Produk yang ingin diproduksi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam menjalankan bisnis konveksi ialah menentukan produk yang akan menjadi spesialisasi atau produk unggulan dari usaha konveksi kamu. Hal ini dilakukan agar konsumen lebih mengenal bisnis tersebut.

2. Persiapkan Modal Usaha

Setelah menentukan jenis produk yang baka difokuskan, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan ialah menyiapkan modal usaha sesuai dengan rencana kebutuhan dari produk yang ingin kamu produksi.

Menjalankan bisnis konveksi tidak selalu harus dengan budget selangit saja, seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan awal. Bahwa, usaha konveksi ini bisa dijalankan secara bisnis rumahan, itu artinya masih bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar dan kebutuhan sumber manusia yang sedikit.

3. Terapkan Harga Jual yang Kompetitif

Terapkan harga jual yang kompetitif dan yang mampu bersaing di pasaran. Jangan hanya mengejar keuntungan yang tinggi saja, namun kamu juga harus mengutamakan minat pelanggan. Apalagi usaha konveksi yang kamu jalankan masih baru.

Sebaiknya usahakan untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyak lebih dulu. Jika sudah seperti ini, pasti kamu akan mendapatkan keuntungan yang stabil.

4. Targetkan Promosi Bisnis Konveksi

Dengan menargetkan promosi usaha konveksi akan membantu menciptakan usaha Anda dikenal oleh banyak kalangan. Maka, sebaiknya promosi dilaksanakan ke sekian banyak media sosial dan tempat. Saat ini sosial media menjadi tempat banyak orang menemukan informasi, bahkan tidak sedikit dari merek yang membeli sebuah produk berawal dari sosial media yang mereka lihat.

5. Adakan Pelayanan yang Profesional

Memberikan layanan yang baik dan professional kepada pelanggan dan rekan kerja juga merupakan salah satu yang dapat membuat bisnis kamu terus berkembang. Pada dasarnya klien akan merasa nyaman dan senang memberikan kepercayaan kepada jasa yang ramah dan didukung dengan kinerja yang professional.

Demikian tips menjalankan bisnis konveksi yang bisa kamu tiru, pada dasarnya menjalankan bisnis apapun harus memiliki perencanaan yang matang agar bisnis yang dijalankan bisa berjalan sesuai apa yang terlah direncanakan.

Selain ke 5 hal penting di atas, hal penting lainnya yang perlu kamu perhatikan ialah pengelolaan keuangan bisnis dengan baik. Kamu bisa mulai mengelola keuangan bisnis dengan memanfaatkan aplikasi konveksi.

Selain itu, aplikasi konveksi juga memiliki peran penting seperti pengelolaan keuangan, pengelolaan stok barang, mempercepat pelayaan hingga dapat membantu kamu dalam menghasilkan laporan keuangan dan laporan analisis bisnis lainnya.

Saat ini banyak vendor aplikasi konveksi yang menawarkan kemudahan dalam pengelolaan bisnis konveksi menjadi lebih mudah, mulai dari penjualan, pengelolaan alur produksi, pembiayaan hingga perhitungan gaji karyawan, yang bisa dilakukan hanya dalam satu aplikasi konveksi.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.