RZF Software | Professional Application Developer

Tentukan Target Bisnis Melalui Performa Bisnis yang Terukur!

Oleh: Admin | 22 Mei 2022 - 08:00 WIB
Tentukan Target Bisnis Melalui Performa Bisnis yang Terukur!

Kesalahan pebisnis khususnya pebisnis pemula ialah menganggap tidak penting mengukur performa bisnis. Mereka menganggap bahwa mengukur performa bisnis sebaiknya hanya dilakukan oleh bisnis-bisnis yang sudah besar saja.

Sementara mereka yang menggeluti sektor usaha mikro, kecil dan menengah tidak perlu melakukannya. Padahal, aktivitas yang satu ini sebaiknya justru dilakukan oleh pelaku usaha yang bergerak di UMKM, karena dengan ukuran-ukuran performa tersebut pelaku usaha dapat menentukan target bisnisnya sendiri.

Sehingga dengan melakukan pengukuran performa bisnis, tersebut, kamu akan semakin mudah dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan.

  1. Kepuasan Pelanggan

Kenapa harus kepuasan pelanggan? Kepuasan pelanggan tentu bisa kamu tentukan sebagai target bisnis, karena semakin banyak pelanggan yang merasa puas, akan semakin baik pula citra dari bisnis yang dibangun, dan selanjutnya dari citra yang baik tersebut akan menarik banyak calon pelanggan yang kemudian tertarik untuk menggunakan produk atau jasamu.

Dalam hal ini tak sedikit pelaku usaha yang kemudian menjadikan tingkat kepuasan yang dimiliki pelanggan sebagai target yang harus dicapai atau ditingkatkan.

  1. Analisis Selisih Laba Rugi dengan Modal Awal

Performa bisnis sangat erat kaitannya dengan seberapa baik bisnis yang dijalankan tersebut dalam menghasilkan pendapatan. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui performa bisnis adalah dengan mengukur berapa besar keuntungan atau kerugian yang berhasil dikembangkan dari modal awal.

Sehingga, dari hasil perhitungan tersebut pelaku usaha dapat mengetahui seberapa sehat bisnis yang sudah dijalankannya untuk memperoleh pendapatan

  1. Pertimbangkan Arus Kas dalam Satu Periode

Selain dilihat dari besarnya laba atau rugi yang dialami di akhir periode saja, performa bisnis juga bisa dilihat dari seberapa lancar perputaran arus kas yang dikelola setiap harinya. Apabila dalam sehari-hari lebih banyak arus kas yang keluar dibanding yang masuk, ini dapat diartikan bahwa bisnis yang dijalankan sedang tidak sehat dan besar kemungkinan akan mengalami kerugian di akhir periode.

Sehingga dari data tersebut pelaku bisnis dapat dengan cepat melakukan penyesuaian yang dapat menghindari potensi kerugian yang mungkin akan terjadi.

Demikian cara menentukan target bisnis melalui pengukuran performa bisnis yang bisa anda terapkan dalam bisnis yang anda jalankan. Singkatnya ialah dengan adanya pengukuran terhadap performa bisnis, maka akan membantu para pelaku bisnis dalam mengatur strategi-strategi yang dapat membantu mengembangkan bisnis.

Sehingga, pelaku bisnis perlu mengukur performa bisnis ini demi kesuksesan bisnis yang dijalankan. Saat ini di zaman yang sudah serba otomatis ini melakukan pengukuran performa bisnis dapat dibantu oleh keberadaan teknologi salah satunya software kasir.

Penggunaan software kasir bukan hanya membantu proses penjualan saja namun sudah menambah fungsi, sehingga dengan software kasir tersebut analisis bisnis dapat dilakukan dengan mudah.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.