RZF Software | Professional Application Developer

Setop Perang Harga! Begini Cara Meningkatkan Penjualan

Oleh: Admin | 30 Desember 2021 - 07:15 WIB
Setop Perang Harga! Begini Cara Meningkatkan Penjualan

Setiap pembisnis sudah semestinya menginginkan setiap produknya bisa laku keras dikalangan pasar baik secara offline maupun online. Permasalahannya banyak penjual lain yang juga menjual produk yang serupa pada pasar yang sama. Sehingga, dalam hal ini penjual harus menonjolkan keunggulan yang berbeda.

Namun, tidak sedikit dari penjual yang lebih memilih dengan menjual produk lebih murah agar pelanggan tidak pindah ke toko lain dan produk yang dijual tetap laku dipasaran. Nah, saat penjual akan menjual produknya jauh lebih murah dibandingkan penjual laninya. Maka, disitulah akan terjadi perang harga.

Kondisi perang harga seperti ini tentunya akan membuat Anda harus mengorbankan keuntungan yang terpotong sekian persen akibat harga produk yang diturunkan. Padahal menurunkan harga produk tidak menjamin produk Anda akan tetap laku, justu akan menghambat perkembangan bisnis.

Lalu bagaimana cara mengatasi perang harga?

1. Pahami Keinginan Customer

Memahami keinginan customer sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Pada umumnya pelanggan tidak hanya menginginkan produk dengan harga terjangkau saja. Namun, pelanggan juga menginginkan produk yang memiliki kualitas yang bagus.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami apa yang menjadi keinginan customer. Dengan memahami keinginan cutomer Anda akan lebih mudah melakukan perbaikan bahkan perubahan pada bisnis yang Anda jalankan.

2. Inovasi Produk Anda


Setelah memahami keinginan pelanggan, selanjunya yang perlu Anda lakukan ialah dengan membuat inovasi terhadap produk Anda. Inovasi terhadap produk bisa Anda lakukan dengan membuat kemasan yang menarik atau memberikan keunggulan dan manfaat lain pada produk Anda. 

Dengan membuat inovasi produk ini akan membantu mengatasi perang harga yang tengah terjadi.

3. Tetap Menjaga Hubungan yang Baik dengan Customer


Salah satu yang membuat pelanggan tetap memilih produk Anda ialah karena adanya pelayanan yang baik. Sehingga dalam hal ini Anda perlu memastikan hubungan dengan customer Anda tetap baik, dengan cara memberikan pelayanan yang cepat tanggap.

Adanya hubungan yang semakin dekat tentunya akan membuat pelanggan lebih loyal dan kemungkinan mereka akan tetap percaya dan memilih untuk menggunakan produk Anda secara terus menerus.

4. Tingkatkan Value


Cara selanjunya ialah dengan meningkatkan value dari produk maupun perusahaan Anda. Dalam mneingkatkan value ini Anda dapat memulai dengan memberikan promo, bonus. pemberian garansi, pengiriman barang yang cepat dan lain-lain.

5. Pilih Lokasi yang Tepat

Lokasi akan menentukan penjualan produk, apakah produk yang dijual menemui target pasar yang tepat atau justru tidak. Tentu hal ini akan mempengaruhi penjualan dan juga pendapatan, ketika lokasi yang Anda pilih memiliki banyak pesaing, maka jangan heran jika Anda akan menemui perang harga.

Oleh karena itu, Anda perlu menentukan lokasi potensial lain dimana di tempat tersebut hanya terdapat sedikit pesaing.

Itulah cara yang dapat Anda coba untuk membantu menghindari perang harga. Memiliki harga yang konsisten juah lebih dipelukan dibanding harus menurunkan harga, Karena dengan menurunkan harga produk belum tentu produk Anda akan laku keras di pasaran.

Sehingga penting bagi Anda untuk mengatasi perang harga, hal lainnya yang perlu Anda perhatikan ialah jangan lupa mengelola keuangan dengan baik. Anda bisa mulai mengelola keuangan bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi kasir. Aplikasi kasir juga membantu mengelola stok barang menjadi lebih mudah.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.