RZF Software | Professional Application Developer

Mau Proses Stock Opname Tanpa Tutup Toko? Begini Caranya!

Oleh: Admin | 04 Juni 2022 - 04:45 WIB
Mau Proses Stock Opname Tanpa Tutup Toko? Begini Caranya!

Bagi Anda yang bergelut dalam pengelolaan bisnis ritel dan grosir, pasti sudah tidak heran lagi kan dengan pengelolaan barang ribuan bahkan hingga puluhan ribu item? Dan pastinya, Anda sudah tidak asing lagi dengan kegiatan perhitungan barang yang dinamakan dengan stock opname.

Tentunya, handling ribuan barang pada saat proses stock opname menjadi kegiatan yang sangat menguras waktu. Terlebih jika perhitungan stock opname masih dengan cara lama tanpa bantuan dari software kasir. Seandainya, Anda memiliki lebih dari 3000 item. Berapa lama anda melakukan penghitungan fisik barang?

Lalu bagaimana cara melakukan stock opname tanpa harus tutup toko?

Saat ini banyak pelaku bisnis dibidang konsultan IT yang mulai menawarkan banyak kemudahan dalam menjalankan bisnis seperti kehadiran software kasir dari RZF Software yang bisa membantu proses stock opname jadi lebih mudah, dan tentu tidak perlu tutup toko.

Software kasir RZF Software bisa mempermudah kegiatan stock opname dengan menggunakan perangkat PDT loh!

Apa Itu PDT?

PDT atau Portable Data Terminal adalah sebuah perangkat pembaca barcode yang bisa digunakan dengan kabel/USB. Pada dunia industri manufaktur perangkat ini berfungsi sebagai pembaca barcode ditambah dengan kemampuan mengolah data secara mandiri.

PDT ini bekerja layaknya sebuah komputer namun dalam bentuk handphone yang mampu mengolah data dan menjalankan aplikasi dan terkoneksi dengan internet.

Nah, Software kasir RZF juga sudah terkoneksi dengan perangkat PDT, sehingga memungkinkan kamu untuk lebih mudah dalam melakukan kegiatan stock opname.

Keunggulan Stock Opname dengan menggunakan PDT Barcode!

1.     Proses stock opname jadi lebih mudah dan cepat

2.     Meminimalisir kesalahan perhitungan stok barang

3.     Mempercepat proses entry data dan meningkatkan akurasi data

4.     Perhitungan selisih stok lama dan stok kini jadi lebih akurat

5.     Penjualan bisa tetap berjalan saat proses stock opname dilakukan

Apa Manfaat Stock Opname?

1.     Bisa membandingkan nilai persediaan tahun ini dengan tahun sebelumnya, apakah mengalami kenaikan atau justru turun, sehingga kita bisa mengetahui perkembangan usaha.

Selain itu, cara ini juga termasuk cara menilai perkembangan usaha secara sederhana karena hanya menilai dari perkembangan aset.

2.     Untuk mengetahui jumlah persediaan

3.     Untuk mencari HPP (harga pokok penjualan) pada pembuatan laporan keuangan secara physical.

4.     Untuk mencocokkan data serta menghitung apakah data barang kita yang hilang, dengan catatan kita sudah mempunyai system komputerisasi.

Stock opname memang menjadi kegiatan yang sangat penting dilakukan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai perhitungan stok gudang maupun outlet. Terkadang dalam proses stok opname diharuskan untuk memberhentikan semua pengeluaran dan pemasukan stok alias harus menutup toko terlebih dahulu, alasannya agar perhitungan stok bisa sesuai dan akurat.

Nah, dengan aplikasi kasir RZF kamu bisa mengatasi perhitungan stock opname meskipun tanpa melakukan tutup toko. Selain itu, aplikasi kasir RZF juga menyediakan Fitur Koreksi Stok yang akan mendukung proses stock opname toko, dimana fitur ini akan melakukan pengkoreksian terhadap jumlah stok fisik dan yang ada di database.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.