RZF Software | Professional Application Developer

Sediakan 4 Pembayaran Digital yang digemari Oleh Pelanggan!

Oleh: Admin | 25 Mei 2022 - 03:00 WIB
Sediakan 4 Pembayaran Digital yang digemari Oleh Pelanggan!

Seiring berkembangnya zaman, pembayaran digital menjadi pilihan banyak masyarakat dalam berbelanja baik berbelanja secara online maupun offline. Alasannya pembayaran digital memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi tanpa harus membawa uang secara tunai.

Pada umumnya, metode pembayaran yang saat ini sering kali digunakan terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pembayaran Tunai dan Pembayaran Non Tunai. Keduanya dibedakan berdasarkan alat pembayaran yang digunakan.

Sobat bisnis, saat ini ada banyak sekali ragam jenis pembayaran digital yang dapat kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan transaksimu. Nah, artikel kali ini akan membahas pembayaran digital yang paling banyak digemari oleh konsumen. Apa saja jenis pembayaran digital yang paling populer?

  1. Kartu Kredit

Kartu kredit menjadi salah satu opsi yang sering ditanyakan saat pelanggan ingin melakukan pembayaran baik secara online maupun offline. Proses yang cepat dan mengusung konsep “bayar di akhir bulan” membuat salah satu jenis pembayaran ini banyak digunakan oleh banyak pelanggan. Karena pembayaran ini memungkinkan pelanggan membeli barang yang dibutuhkan tanpa langsung membayar saat itu juga.

Selain itu, beberapa kartu kredit kerap menyediakan cicilan 0%. Cicilan 0% merupakan konsep yang memperbolehkan pembeli untuk mengangsur pembayaran tanpa harus membayar biaya tambahan atau tanpa bunga yang besar.

Sehingga, hal ini akan membuat cashflow bisnis terjaga dan pembeli pun senang.

  1. Transfer bank

Selain kartu kredit, di indonesia metode pembayaran melalui transfer antar rekening bank melalui m-banking menjadi yang paling umum digunakan. Hanya bermodalkan rekening bak dan smartphone, pembeli dapat melakukan transaksi  melalui transfer dengan leluasa.

Selain itu, pembayaran melalui transfer bank juga saat ini didukung lebih mudah, sehingga bisa dilakukan dimanapun, kapanpun, melalui internet.

  1. Debit

Debit atau direct debit merupakan metode pembayaran elektronik yang memungkinkan bank untuk menarik dana secara otomatis dari rekening pelanggan guna melakukan transaksi pembayaran.

Jenis pembayaran ini juga termasuk salah satu jenis pembayaran yang paling banyak digunakan oleh pelanggan. Selain praktis, dengan menggunakan kartu debit pembeli cukup melakukan registrasi kartu sebanyak satu kali. Untuk transaksi berikutnya, pelanggan cukup memasukan kode one time password (OTP) yang diterima.

  1. Dompet Digital

Keberadaan dompet digital juga semakin populer, dan semakin banyak juga pelanggan yang menggunakannya. Untuk memudahkan pelanggan mu bertransaksi, saat ini dompet digital juga bisa untuk transaksi bisnis.

Beberapa contoh dompet digital yang bisa ditemukan saat ini adalah Gopay, OVO, Dana, Link Aja dan masih banyak lainnya.

Dompet digital ini sangat diminati karena selain dinilai cepat dan aman, tersedia juga berbagai promo, diskon, dan cashback menarik yang ditawarkan. Tidak hanya itu, sebagian besar dompet digital ini juga bisa digunakan dengan berbagai macam  transaksi, seperti restoran dan supermarket.

Demikian 5 jenis pembayaran digital yang paling sering digunakan dan digemari oleh banyak masyarakat saat ini. Kehadiran teknologi dapat mempermudah pekerjaan manusia menjadi lebih mudah mulai dari cara bertransaksi hingga pengelolaan bisnis yang bisa dibantu oleh teknologi, seperti hadirnya software kasir toko.

Tentunya ke 4 jenis pembayaran diatas memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Maka pastikan Anda menggunakannya secara bijak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, perlu Anda ingat untuk selalu bijak dalam menyediakan fasilitas pembayaran yang aman untuk pelanggan. Selain itu, pastikan agar software kasir toko yang Anda gunakan sudah memenuhi kriteria keamanan yang baik. Software kasir toko RZF Software bisa jadi solusi bisnis Anda dalam membantu mempercepat pelayanan dan transaksi tokomu.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.