RZF Software | Professional Application Developer

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Tutup Toko!

Oleh: Admin | 17 Maret 2022 - 07:15 WIB
Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Tutup Toko!

Tutup toko menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam menjalankan bisnis toko. Setelah menyelesaikan pekerjaan dan jadwal shift, petugas kasir tidak bisa langsung meninggalkan toko begitu saja. Ada beberapa hal yang harus petugas kasir perhatikan selain harus memastikan keamanan dan kebersihan. Namun, petugas kasir juga harus memastikan bahwa stok gudang dan pengeluaran sesuai. Lalu apa saja hal yang sebaiknya dilakukan setiap kali ingin menutup toko? Yuk, simak penjelasannya dibawah!

1. Tutup Kasir Sesuai dengan Jadwal Shift

Kecurangan paling dasar dan bisa saja kita temukan adalah karyawan kasir yang meninggalkan toko sebelum waktu shift berakhir. Terkadang, ada saja kasir yang seenaknya ingin cepat pulang sehingga memilih untuk menutup kasir sebelum waktunya.

Jika melihat kejadian seperti ini, kamu sebagai pemilik bisnis atau pengelolanya tidak bisa hanya tinggal diam. Ada beberapa teguran yang bisa diberikan, mulai dari teguran secara lisan hingga surat peringatan.

2. Hitung Stok

Langkah Selanjutnya ialah melakukan pencatat terhadap stok akhir yang kamu miliki di toko. Hal ini penting dilakukan, agar catatan stok yang kamu miliki dan jumlah aktual stok yang tersedia sama dan tidak selisih. Dengan begitu kamu bisa langsung mengambil langkah seperti menambahkan stok produk yang habis atau mengurangi yang terlalu banyak.

Namun, jika Anda menggunakan software toko grosir secara otomatis stok produk akan berkurang sendiri menyesuaikan dengan penjualan yang telah dilakukan di hari tersebut.

3. Menghitung Pengeluaran

Setelah menghitung stok, biasanya kasir juga diharuskan menghitung pengeluaran yang terjadi pada hari tersebut atau selama siftnya. Pengeluaran yang semula dicatat dalam sebuah buku akan dihitung kembali demi meminimalisir kesalahan perhitungan.

4. Rekap Setoran Kasir

Langkah terakhir ialah dengan melakukan rekap kasir, rekapitulasi kas yang masuk dan keluar bisa membantu kamu mendapatkan laporan keuangan yang terlengkap dan akurat. Kamu juga bisa mengetahui seberapa baik performa penjualan di hari tersebut dengan melihat laporan kas yang terlengkap.

Jika kamu mengalami kesulitan saat menutup toko kamu bisa memanfaatkan software toko grosir untuk membantu kamu dalam menjalankan usaha.

Demikian cara yang tepat dalam menutup toko Anda, melakukan analisis toko memang sangat penting agar Anda mengetahui apakah penjualan usahamu mengalami kenaikan atau justru malah menurun.

Namun, saat ini teknologi dapat membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Salah satunya, dengan menggunakan software toko grosir.

Software toko grosir juga akan membantu perhitungan laporan usaha Anda menjadi lebih mudah, serta akan membantu melakukan perhitungan stok barang yang keluar dan masuk.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.