RZF Software | Professional Application Developer

Pentingnya Papan Skor pada Bisnis

Oleh: Admin | 23 Mei 2018 - 01:30 WIB
Pentingnya Papan Skor pada Bisnis

Sebuah bisnis tidak bisa hanya diukur berdasarkan feeling owner, jumlah inventory yang makin banyak atau bahkan makin sedikit, ruko yang makin bagus.

Karena bisa jadi inventory banyak, ruko yang bagus tapi utang bertumpuk, atau bisa jadi inventory sedikit namun piutang membesar.

Hukum dalam bisnis itu sesuatu yang bisa di ukur akan lebih mudah diatur. Semuanya harus di cek berdasarkan data yang ada melalui papan skor bisnis.

 

Adapun fungsi dari papan skor bisnis sebagai berikut:

 

1. Untuk pengukuran

Ibarat ada kesebelasan pertandingan sepak bola, darimana kita mengetahui team yang menang atau kalah, tentunya dari papan skor nya. Kadang bisnisnya ramai tapi ga sadar uangnya entah kemana, padahal cost nya besar, kebocoran dimana2, karyawan terlalu banyak, operasional berlebih, dll.

 

2. Mendefinisikan bisnis

Dimana dengan adanya papan skor bisnis ini akan dengan mudah menilai untung atau rugi nya, sebuah strategi bisnis berhasil atau tidaknya.

 

3. Evaluasi

Dengan papan skor bisnis tentunya akan dengan mudah untuk melakukan monitoring sehingga bisa dijadikan untuk evaluasi dan menentukan kebijakan perusahaan.

 

4. Kemitraan

Ketika bisnis makin membesar, perlu ada nya investor, rekanan dll, pengukuran bisnis ini sangatlah di perlukan, jangankan mau menjalin kemitraan jika bisnis nya sendiri tidak tahu arah dan tujuan.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.