RZF Software | Professional Application Developer

Alasan Penting Harus Punya Laporan Penjualan! Biar Bisnis Makin Terarah!

Oleh: Admin | 21 Mei 2022 - 03:45 WIB
Alasan Penting Harus Punya Laporan Penjualan! Biar Bisnis Makin Terarah!

Memiliki laporan penjualan yang akurat, jelas, dan mudah diakses adalah sebuah kewajiban. Sebab, dengan data laporan bisa dijadikan dasar pertimbangan dalam pengambilan keputusan-keputusan krusial guna membuat bisnismu lebih berkembang lagi.

Namun, permasalahannya sebagian pelaku bisnis khususnya UMKM masih abai soal laporan keuangan, padahal hal ini sangat penting guna mengetahui apakah bisnis memiliki rekam jejak finansial yang jelas untuk usaha mereka.

Tak hanya itu, mereka juga menjadikan sektor bisnis yang kecil menjadi alasan untuk tidak membuat laporan keuangan. Sehingga dirasa belum membutuhkan laporan keuangan. Padahal memiliki laporan penjualan dan keuangan ini sangat bermanfaat loh bagi setiap bisnis baik sektor kecil maupun sektor besar.

1. Sebagai Penentu Keputusan Bisnis

Memiliki laporan bisnis tentu dapat dengan mudah menentukan keputusan bisnis, karena pada dasarnya kamu tidak bisa menentukan keputusan hanya berdasarkan feeling atau perkiraan saja. Namun, kamu tentu membutuhkan data, catatan serta laporan yang jelas.

Disinilah peran penting laporan penjualan bagi sebuah bisnis. Kenapa tidak? Dengan memiliki catatan atau laporan dapat mengetahui kondisi keuangan dan margin keuntungan yang didapat dari periode tertentu. Sehingga kamu bisa menilai apakah bisnis yang kamu jalankan sudah memenuhi atau mencapai target.

2. Membantu Melakukan Evaluasi

Dengan laporan keuangan dan penjualan membantu pelaku bisnis semakin mudah untuk melakukan evaluasi, dari data laporan tersebut kamu bisa menarik kesimpulan secara pasti, apakah bisnis yang kamu jalankan sudah profitable atau tidak.

Jika data menunjukan performa bisnis yang menurun, maka kamu bisa segera melakukan evaluasi. Cari tahu apa yang menjadi penyebab utama kegagalan tersebut dan ambil tindakan yang sesuai.

3. Sebagai Pertanggungjawaban

Memiliki laporan penjualan adalah bentuk pertanggungjawaban yang baik. Kamu bisa secara transparan menunjukan pada investor, bagaimana caramu membelanjakan dana yang telah mereka percayakan.

Sehingga dengan adanya laporan keuangan dan penjualan kamu akan lebih mempertanggungjawabkan semuanya dengan baik

4. Sebagai Dasar untuk Melakukan Inovasi

Persaingan usaha di era digital ini tentu menuntut kamu untuk terus bisa berinovasi mengikuti tren konsumen. Hal itu tentu juga harus diimbangi dengan modal usaha yang stabil. Laporan penjualan yang rinci dan lengkap akan sangat membantu untuk melihat bagian mana yang perlu dilakukan perubahan atau perbaikan. Meskipun sudah mencapai target, namun hal itu bukan menjadi keuangan akan terus berjalan stabil di tahun depan.

Maka dari itu, jika ingin target penjualan dan keuntungan bisa tetap berjalan stabil, lakukan inovasi dalam usaha diimbangi dengan rincian pada laporan penjualan. Melalui laporan penjualan ini kamu bisa melihat mana yang akan berpeluang lebih bagus jika terus dikembangkan.

5. Bisnis Mempunyai Data yang Rinci dan Transparan pada Usaha

Terakhir pentingnya memiliki laporan penjualan yang jelas dan transparan adalah syarat penting bagi sebuah usaha untuk mencari investor. Demi mengembangkan usaha seringkali kamu akan butuh tambahan modal dari orang lain atau disebut sebagai investor.

Demikian 5 alasan penting diatas bisa menjadi dasar untuk kamu dalam membuat laporan penjualan dan keuangan. Berbisnis apapun pada dasarnya membutuhkan laporan baik itu penjualan mapupun keuangan. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk membuat laporan keuangan secara manual. Ini saatnya bisnis kamu mengenal sistem pencatatan secara otomatis dengan menggunakan aplikasi kasir.

Aplikasi kasir akan membantu kamu mendapatkan laporan keuangan secara  otomatis, sehingga kamu tidak perlu melakukan perhitungan secara manual lagi. Selain itu, aplikasi kasir juga akan membantu perhitungan barang jadi lebih akurat .

Dengan aplikasi kasir akan memberikan sebuah solusi dalam mengelola bisnis jadi lebiih mudah dan praktis. Saat ini banyak vendor pembuatan aplikasi yang bisa membantu memudahkan kamu dalam manajemen bisnis dengan software aplikasi yang sesuai kebutuhan usaha.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.