RZF Software | Professional Application Developer

Mengenal Manfaat Penggunaan SKU untuk Manajemen Barang yang Lebih Baik

Oleh: Admin | 20 Juni 2022 - 06:00 WIB
Mengenal Manfaat Penggunaan SKU untuk Manajemen Barang yang Lebih Baik

Apa itu Stock Keeping Unit (SKU)?

SKU adalah barcode yang dapat dipindai, paling sering terlihat dicetak pada label produk di toko ritel. Label memungkinkan vendor untuk secara otomatis melacak pergerakan inventaris. Barcode terdiri dari kombinasi alfanumerik yang terdiri dari delapan karakter atau lebih.

Manfaat SKU dalam usaha retail dapat dilihat berdasarkan penggunaannya

1. Keperluan identifikasi spesifikasi barang

Jenis properti atau produk biasa nya memiliki spesifikasi nya tersendiri seperti merk, warna, ukuran, tipe. Untuk membedakan produk produk tersebut, maka anda perlu melakukan penerapan SKU.

Penerapan sku harus dilakukan dengan benar jangan sampai asal asalan, karena untuk dapat membedakan kode SKU harus memuat informasi lengkap yang berhubungan dengan produk tersebut

Penerapan sku ini dapat membuat pendataan dalam penjualan jadi lebih mudah dan terstruktur.

2. Penjagaan ketersediaan barang

Manfaat barcode bagi perusahaaan yakni penjagaan ketersediaan barang atau mengecek stok. Karena setiap produk memiliki kode unik nya sendiri, pengaturan dan pengecekan secara rutin bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, tidak mungkin ada  produk yang dobel atau tiba-tiba hilang, karena stok tersusun dengan rapi dan dicek secara rutin.

3. Identifikasi keuntungan barang yang dijual.

Dengan mendapatkan informasi detail tentang keuntungan berdasarkan dari merk, warna, ukuran, tipe. Anda akan lebih mudah melihat produk mana saja yang stoknya harus di perbanyak dan produk mana yang harus dikurangai stoknya atau dihentikan.

Dengan aplikasi kasir RZF anda bisa mengatasi kekeliruan pada saat pengecekan produk yang anda jual, aplikasi kasir RZF juga menyediakan fitur untuk mencetak barcode, terdapat juga fitur untuk mengetahui produk mana saja yang laris terjual untuk memudah kan anda untuk menyetok barang terlaris

Anda tidak akan lagi khawatir jiga anda menggunakan penerapan SKU dan menggunakan aplikasi kasir RZF.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.