RZF Software | Professional Application Developer

Mengenal Laporan Keuangan Arus Kas Bisnis

Oleh: Admin | 02 Oktober 2021 - 04:15 WIB
Mengenal Laporan Keuangan Arus Kas Bisnis

Bagi setiap pengusaha mungkin sudah sering mendengar dengan istilah laporan arus kas. Laporan arus kas di anggap sangat penting untuk perkembangan setiap bisnis yang dijalankan. Kenapa laporan keuangan sangat penting?

Adanya laporan keuangan arus kas membantu para pengusaha dalam menganalisa dan membaca keuangan bisnis. Sebelum kita membahas pentingnya arus kas, sebaiknya kita simak terlebih dahulu apa pengertian laporan keuangan arus kas.

Pengertian Laporan Arus Kas

Laporan keuangan arus kas atau sering di sebut cash flow adalah laporan yang memperlihatkan secara detail arus kas yang masuk atau arus kas keluar atau pemasukan dan pengeluaran uang tunai perusahaan berdasarkan harian, mingguan, atau bulanan.

Manfaat laporan keuangan arus kas

  • Memberikan informasi yang berhubungan dengan arus kas sebagai landasan dalam menyusun keuangan arus kas di periode berikutnya.
  • Mengetahui laba bersih
  • Mengetahui kemampuan perusahaan untuk menghasilkan arus kas

Tujuan laporan keuangan arus kas

  1. Sebagai dasar informasi untuk memperkiraan arus kas pada masa depan
  2. Untuk menilai kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban
  3. Sebagai landasan dalam membuat keputusan untuk memperbaiki kinerja perusahaan
  4. Sebagai dasar perbandingan dan kolerasi laporan laba rugi

Penyusunan Laporan Keuangan Arus Kas

Dalam penyusunan laporan keuangan arus kas biasanya dibedakan dengan dua cara, yaitu metode langsung dan tidak langsung.

Perbedaan keduanya terletak pada penyajian data yang berasal pada aktivitas operasi. Pada metode penyajian langsung, penyusunannya tidak begitu sulit dan penyusunan meliputi kas masuk dan kas keluar.

Sedangkan pada penyajian metode tidak langsung penyusunanya dimulai dengan laba bersih kemudian menyesuaikan untuk penerimaan yang tidak melibatkan pengeluaran dan pemasukan kas.

Ada 5 langkah dalam menyusun laporan keuangan arus kas, diantaranya:

  1. Hitunglah kenaikan dan penurunan kas
  2. Menghitung kas bersih pada operasi, baik secara langsung atau tidak langsung
  3. Menghitung kas bersih (neto) pada aktivita investai
  4. Menghitung kas bersih pada aktivitas pendanaan
  5. Menentukan jumlah ka bersih dari ke tiga aktivitas tersebut beserta saldo awal kas.

Contoh Laporan Arus Kas

Untuk lebih jelas berikut contoh penyusunan laporan keuangan arus kas.

  1. Metode Langsung

  1. Metode Tidak Langsung

Kesimpulan

Pada dasanya laporan keuangan arus kas sangat penting dilakukan, alasannya laporan ini membantu untuk mengetahui dan menentukan tindakan apa yang akan diambil demi memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Selain itu, laporan arus kas memudahkan melihat posisi keuangan perusahaan, dan sebagai point penting untuk menilai suatu perusahaan.

Jika Anda mempunyai kendala dengan laporan keuangan arus kas dan keuangan lainnya dalam pengelolaan bisnis yang Anda jalani, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir dari RZf Software, kami juga menyediakan beberapa fitur laporan keuangan seperti: Arus Kas, Laba Rugi, dan Laporan Neraca.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.