RZF Software | Professional Application Developer

Mengapa Feedback Sangat Penting Dalam Dunia Bisnis?

Oleh: Admin | 26 Desember 2022 - 02:15 WIB
Mengapa Feedback Sangat Penting Dalam Dunia Bisnis?

Pentingnya feedback ini akan memberikan efek positif apabila penerima bisa melihat dari sisi positif. Meskipun feedback yang diberikan adalah kekurangan maupun hal yang bersifat negatif dari produk tersebut.

Feedback yang jujur akan membuat respon yang bagus. Oleh karena itulah setiap feedback yang bernada tidak setuju akan lebih baik apabila ditambahkan dengan saran maupun solusi agar bisa lebih baik kedepannya.

Jenis-Jenis Feedback

Pada dasarnya, feedback terdiri dari beberapa jenis yang disesuaikan dengan hasil responnya. Berikut ini penjelasannya.

1. Feedback Positif
Feedback positif adalah umpan balik yang hasilnya menunjukkan bahwa komunikan memberikan persetujuan maupun bersedia mengikuti usulan yang disampaikan padanya. Mereka dengan senang hati menerima respon tersebut sesuai dengan tujuan dari komunikator. Hal itu berarti kedua pihak sama-sama paham dan mengerti mengenai hal yang dikomunikasikan.

2. Feedback Negatif
Feedback negatif adalah tanggapan atau respon yang dilakukan oleh seorang komunikan dengan bentuk ungkapan tidak suka atau tidak mendukung dari apa saja yang disampaikan oleh para komunikator.

Contohnya, komunikan tidak peduli pada apa yang disampaikan oleh komunikator, bersikap tidak acuh dan justru melakukan berbagai tindakan berbeda dari yang diharapkan komunikator.

3. Feedback Netral
Feedback netral adalah tanggapan yang cukup sulit untuk dipahami karena tidak bisa diterjemahkan sebagai umpan balik positif atau negatif.

Umumnya, hal ini bisa dilihat dari respon yang diberikan oleh komunikan dalam bentuk diam atau tidak memberikan balasan apa pun.

4. Feedback Internal
Feedback Internal adalah feedback yang disampaikan oleh komunikan untuk dirinya sendiri. Maksudnya adalah ketika menyampaikan sesuatu, namun kemudian menyadari ada kalimat yang salah untuk diucapkan. Kemudian kalimat tersebut dibenarkan dengan kalimat lain yang dianggap lebih tepat.

5. Feedback Eksternal
Feedback jenis ini lebih umum terjadi di kalangan masyarakat bahkan dalam dunia bisnis. Biasanya umpan balik yang disampaikan bisa dalam bentuk positif atau bahkan negatif. Tergantung setiap orang melihat dari sudut pandang perspektif mereka masing-masing.

6. Feedback Verbal
Feedback verbal merupakan respon atau tanggapan yang diberikan oleh para komunikan dalam bentuk ucapan seperti pertanyaan, tanggapan, komentar, atau interupsi ketika komunikator sedang
menyampaikan suatu pesan.

7. Feedback Non-Verbal
Kebalikan dari poin sebelumnya, feedback non-verbal adalah suatu tanggapan berbentuk ekspresi wajah, isyarat, tulisan, gerakan tubuh, kode, sandi, dan lain sebagainya.

Pentingnya Feedback Untuk Bisnis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, feedback yang efektif akan memberikan manfaat baik bagi penerima masukan maupun organisasi terkait. Sebenarnya seperti apa pentingnya feedback ini khususnya dalam dunia bisnis? Ini penjelasannya.

1. Feedback Selalu Ada

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap kegiatan yang meliputi lingkungan bisnis akan menghasilkan feedback. Baik yang disengaja maupun yang tidak. Feedback yang disengaja ada dalam bentuk survey karyawan, penilaian kinerja, kolom kritik, maupun evaluasi kerja.

Namun pada prakteknya, setiap kali terjadi komunikasi antar pekerja, pelanggan, vendor, investor, maupun yang lainnya, memunculkan feedback. Untuk itulah, feedback adalah hal yang tidak bisa dihindari begitu saja.

2. Merupakan Alat Untuk Mendengarkan Secara Efektif

Sebagai pemilik bisnis, kadang kala mengalami kesulitan dalam mendengarkan suara dari pihak-pihak terkait bisnis yang sedang dijalankan. Oleh karena itulah, feedback menjadi alat yang sangat efektif untuk mendengarkan pendapat dari orang-orang yang bisa membantu mengembangkan bisnis.

Dengan menggunakan alat survey, pemilik bisnis bisa mengetahui apakah produk sudah diterima dengan baik dan tanggapan atas produk tersebut. Hal tersebut juga berlaku dalam lingkungan internal. Alat survey digunakan untuk mengetahui tanggapan mengenai skema kerja dan kebijakan kerja.

3. Bisa Dijadikan Motivasi

Dengan meminta umpan balik ternyata membuat karyawan dapat termotivasi untuk bekerja dengan lebih baik lagi. Mereka akan merasa dihargai dan merasa dapat membantu merumuskan keputusan bisnis. Feedback dari klien, vendor, dan orang yang memegang peran penting dalam bisnis dapat digunakan untuk memotivasi dalam membangun hubungan kerja yang lebih baik lagi.

4. Dapat Meningkatkan Kinerja

Feedback yang berisi tanggapan negatif maupun kritik merupakan alat yang baik untuk dapat membangun dan membantu merumuskan keputusan yang lebih baik. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan produk dan kinerja.

5. Feedback Adalah Alat Untuk Terus Belajar

Luangkan waktu untuk bertanya dan belajar mengenai pengalaman seseorang yang bekerja dengan organisasi Anda. Feedback yang terus berkelanjutan sangat penting agar perusahaan maupun organisasi tetap selaras dengan tujuan, membuat strategi, meningkatkan hubungan, dan  masih banyak lagi. Pembelajaran yang berkelanjutan adalah kunci untuk peningkatan yang lebih baik.

6. Feedback Publik Dapat Mendatangkan Pelanggan

Feedback yang diakses oleh publik dapat meningkatkan kemungkinan datangnya pelanggan baru. Feedback publik atau ulasan online ini biasanya ditulis oleh pelanggan sesuai dengan pengalaman mereka dapat meningkatkan minat dari pelanggan lainnya.

Manfaat Feedback Untuk Bisnis

Banyaknya manfaat yang akan  diperoleh, membuat Feedback Costumer penting dalam bisnis. Bisnis bukan hanya tentang menjual barang, tapi juga membangun kepercayaan melalui kualitas dari produk Anda. Feedback ini sebagai petunjuk dalam meningkatkan kualitas. Berikut manfaat lain dari Feedback costumer :

1. Sebagai Bahan untuk Mengembangkan Produk Selanjutnya
Jika feedback yang diberikan oleh konsumen ternyata kurang baik, Anda bisa menggunakannya sebagai sarana untuk memperbaiki kualitas produk atau jasa. Dengan demikian, produk usaha Anda akan lebih disukai konsumen di masa mendatang.

2. Selalu Mengetahui Perkembangan
Tidak sedikit pemilik usaha yang sering ketinggalan informasi terbaru yang sedang tren di masyarakat karena terlalu fokus pada produknya sendiri.

Anda perlu ingat bahwa mengetahui informasi yang sedang menjadi trending topic terutama yang berkaitan dengan produk usahamu sangatlah penting karena Anda bisa menjadikannya bahan untuk mengembangkan produk.

3. Sebagai Gambaran untuk Calon Konsumen Produk
Biasanya para calon konsumen tidak mengetahui secara detail tentang produk yang anda tawarkan.
Customer feedback bisa menjadi patokan atau gambaran bagi konsumen ketika hendak membelinya.
Dari customer feedback itu pula calon konsumen bisa mengetahui kualitas produk.

4. Menciptakan Produk Yang banyak di Rekomendasikan
Produk akan laku dipasaran jika ada yang membutuhkannya. Selain itu produk tersebut juga memiliki manfaat sesuai dengan harapan pelanggan. Kecocokan suatu produk terhadap banyak penggunanya memancing orang lain untuk juga menggunakannya. Mereka akan memberikan tanggapan yang yang positif jika produk Anda berkualitas.

Feedback positif ini memiliki dampak yang bagus untuk penjualan produk selanjutnya. Hingga tercipta produk dengan best seller atau paling direkomendasikan. Feedback Costumer inilah yang makin menjadikannya penting dalam bisnis. Yaitu adanya salah satu produk yang bisa diunggulkan di pasaran.

5. Melihat seberapa puas pelanggan terhadap produk
Dalam memproduksi kembali barang, produsen juga perlu melihat feedback dari Costumer terlebih dahulu. Jika banyak ulasan yang merasa puas dan menyukai suatu barang, jumlah produksi bisa ditinggkatkan. Dengan Tidak adanya feedback, Anda tidak akan bisa mengukur kepuasan pelanggan. Karena kepuasan mereka, hanya mereka yang merasakannya.


Kesimpulan

Feedback adalah sebuah tanggapan atau respon seseorang kepada orang lain atas tindakannya dalam suatu hal.

Fungsi dari adanya suatu respon atau tanggapan ini agar terciptanya sebuah komunikasi yang baik dari dua arah.

Sebuah feedback yang positif dalam lingkup perusahaan akan membuat kualitas karyawan meningkat. Begitu sebaliknya ketika mendapatkan feedback respon negatif dan tidak tersampaikan secara baik,
maka akan memberikan dampak yang negatif pula.

Jika Anda masih membutuhkan informasi seputar UMKM, semua artikel yang RZF Software suguhkan untuk Anda adalah solusinya. Selamat membaca!

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.