RZF Software | Professional Application Developer

Memaksimalkan Penjualan Pasca Lebaran, dengan 7 Strategi Berikut!!

Oleh: Admin | 14 Mei 2022 - 02:45 WIB
Memaksimalkan Penjualan Pasca Lebaran, dengan 7 Strategi Berikut!!

Sudah menjadi hal yang tak asing ketika menjelang lebaran penjualan biasanya akan meningkat pesat, berbeda halnya setelah lebaran biasanya penjualan akan menurun. Hal ni dikarenakan tingkat konsumsi masyarakat kembali normal.

Penurunan ini banyak dirasakan oleh sebagian besar pebisnis. Sehingga, pelaku bisnis harus kembali atur strategi yang dapat kembali meningkatkan penjualan. Lantas, bagaimana cara meningkatkan penjualan setela lebaran?

Berikut ini ada beberapa strategi yang dapat membantu para pelaku bisnis dalam mempertahankan penjualan usai lebaran, diantaranya:

1.     Evaluasi Penjualan dan Tren Market

Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah mengevaluasi penjualan dan tren market, kamu bisa melakukan evaluasi ini dengan bantuan sistem aplikasi kasir RZF. Misalnya dengan melihat laporan produk terlaris sehingga kamu akan dengan mudah mengetahui insight dari penjualan per periode tentang barang apa saja yang paling banyak dibeli oleh pelanggan.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi penurunan penjualan serta akan memudahkan kamu dalam  pengambilan keputusan untuk strategi marketing yang optimal. Misalnya untuk, mengurangi pembelian produk yang kuang laku, membuat promo atau diskon untuk produk yang menumpuk hingga melakukan pengadaan stok untuk produk yang laku.

2.     Adakan Program Giveaway

Mengadakan giveaway produk yang kamu jual akan membuat bisnis yang kamu jalankan semakin banyak dikenal luas, dan membantu mendatangkan minat dari pelanggan baru.

Kamu bisa mencoba melakukan tes pasar dengan mengadakan giveaway yang menarik, tetapi tetap menyertakan syarat dan ketentuan yang akan menguntungkan bisnismu.

3.     Adakan Promo Diskon Setelah Lebaran

Sebagian pebisnis berpendapat setelah libur panjang atau bahkan lebaran diskon salah satu cara yang dapat usahanya tetap bertahan. Dengan ini program promo atau diskon bisa jadi antisipasi kamu untuk mempertahankan penjualan bisnis.

Promo dan diskon juga menjadi strategi untuk membuat pelanggan setia kembali berbelanja ditempat kamu. Bukan hanya menarik minat pelanggan saja,namun juga bisa membantu menarik minat pelanggan baru.

4.     Berikan reward Menarik untuk Pelanggan Setia

Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, promo bisa menjadi cara yang ampuh untuk memaksimalkan penjualan pasca lebaran sekaligus menarik pelanggan baru. Maka dari itu, agar strategi promosi kamu tidak sia-sia, kamu bisa mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan setia dengan menghadirkan program loyalty member poin.

Di aplikasi kasir RZF, kamu bisa membuat program loyalty sendiri loh, kamu bisa menghadirkan program reward menarik untuk pelanggan agar mereka tetap kembali datang untuk berbelanja di toko. Misalnya dengan memberikan poin untuk setiap pelanggan yang melakukan transaksi.

5.     Luncurkan Produk Baru

Cara lainnya yang dapat menarik banyak pelanggan untuk datang dan berbelanja di toko kamu ialah dengan meluncurkan produk baru. Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikan bonus atau produk gratis tersebut dengan syarat pembelian nominal tertentu. Hal ini tentunya akan membantu kamu dalam  mencegah penurunan penjualan saat libur lebaran.

6.     Jual Stok Lama dengan Strategi Promo Paketan

Strategi yang satu ini kamu bisa menjual kembali stok atau produk yang kurang laku dengan promo paketan. Misalnya dengan memasukan produk yang kurang laku dengan produk yang paling laku menjadi satu paket.

Strategi ini juga sama halnya dengan membuat bundle produk, dimana kamu bisa menggabungkan atau mengelompokkan 2 produk dengan satu harga penjualan.

7.     Cuci Gudang

Promo ini sama halnya dengan poin sebelumnya yaitu bertujuan untuk menghabiskan stok produk lama yang masih belum terjual. Biasanya, promo ini dilakukan saat akhir tahun bahkan di saat setelah bisnis libur panjang dengan pemberian diskon hingga 80%.

Demikian 7 trik yang dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan penjualan setelah lebaran. Penurunan penjualan dan sepinya pelanggan pasca lebaran memang tidak dapat dihindari. Namun, dalam  beberapa kesempatan kamu bisa mencegahnya.

Oleh karena itu,kamu bisa coba terapkan ke 7 strategi di atas sebagai antisipasi untuk mencegah kerugian bisnis.

Jika kamu menggunakan sistem aplikasi kasir strategi meningkatkan penjualan akan semakin mudah. Selain itu, aplikasi kasir juga akan membantu kamu dalam  mengelola stok, mengelola keuangan bisnis hingga membantu menganalisis bisnis semakin mudah dilakukan 

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.