RZF Software | Professional Application Developer

Mau Tutup Buku? Kenali 5 Fungsi dan Pentingnya Dalam Akuntansi

Oleh: Admin | 04 Juli 2022 - 01:30 WIB
Mau Tutup Buku? Kenali  5 Fungsi dan Pentingnya Dalam Akuntansi

Tutup buku dilakukan untuk menutup semua pendapatan dan beban menjadi perhitungan aset yang dimiliki. Kemudian apakah untung atau laba ini akan diambil sebagai hasil (dividen) atau akan dimasukan lagi menjadi modal berikutnya (laba ditahan).
 

Tutup buku ini akan memindahkan nilai saldo akhir setiap akun neraca, kemudian dijadikan saldo awal untuk bulan selanjutnya. Sedangkan nilai saldo akhir setiap akun laba rugi biasanya akan ditutup atau dipindahkan ke akun laba berjalan setiap bulannya.
 

Perkiraan 2 dari pendapatan dan beban sementara ini pada periode selanjutnya akan dimulai lagi dan saldo awalnya harus nol. Sedangkan perkiraan neraca akan terus berlanjut menjadi saldo awal bulan.

Fungsi  melakukan tutup buku!

  • Agar dapat mengetahui posisi saldo akhir dan membentuk saldo awal periode selanjutnya
  • Untuk membagikan dviden dari laba ditahan setelah tutup buku
  • Sebagai langkah awal untuk mengcut off data keuangan
  • Sebagai laporan untuk mengetahui keuangan secara berkala
  • Untuk mengevaluasi kinerja setiap tenaga kerja di dalam perusahaan

 

Dari sini dapat disimpulkan pentingnya melakukan tutup buku minimal  sebulan sekali, bahkan ada sebagian orang yang mengatakan WAJIB.

Intinya..Sebagai pemilik bisnis perlu tahu berapa perkembangan modal yang terus ditambahkan kedalam bisnis. Tidak hanya untung dan rugi saja tetapi perkembangan keuntungan yang terus menerus ditambahkan ke bisnis.
 

Hal ini mengharuskan perusahaan anda perlu memiliki sistem laporan keuangan yang terbaik. Untuk memudahkan dan tidak perlu dilakukan secara manual, Anda bisa menggunakan RZF Software  yang bisa memudahkan dalam membuat laporan keuangan.
 

Software ini akan membantu Anda dalam membuat laporan-laporan keuangan di perusahaan. Jadi Anda pun tahu mengenai laporan kas dan laporan laba rugi. Selain itu, banyak pula fitur-fitur pendukung yang ada dalam RZF Software.
 

RZF Software bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk kebutuhan akutansi usaha anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak mengenai RZF Software yang akan memberikan kemudahan pada perusahaan anda, Konsultasikan kepada team CS kami. Coba gratis!

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.