RZF Software | Professional Application Developer

Mau Mulai Bisnis Kedai Kopi? Ini 5 Tips Menjalankannya

Oleh: Admin | 12 Maret 2022 - 08:45 WIB
Mau Mulai Bisnis Kedai Kopi? Ini 5 Tips Menjalankannya

Saat ini bisnis coffee shop atau kedai kopi sedang berkembang pesat diranah perbisnisan. Seiring berkembangnya zaman bisnis kopi kini menjadi lebih modern, dari yang dahulunya bisnis kopi dikenal sebagai tempat duduk orang tua yang sedang santai, saat ini berubah menjadi coffe shop atau kedai kopi yang dijadikan tempat berkunjung anak pemuda milenial.

Nah, di indonesia salah satu bisnis F&B atau yang lebih dikenal kedai kopi ini sedang hot. Maka, tak heran jika dizaman ini banyak bisnis coffee yang mulai bermunculan.dengan menawarkan berbagai macam menu kopi.

Sebelum kamu benar-benar terjun ke dunia bisnis kopi, ada baiknya kamu perlu melakukan banyak riset tentang hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis kedai kopi ini. Berikut artikel ini bisa membantu Anda memersiapkan rencana usaha warung kopi dengan matang.

1. Siapkan Rencana Bisnis Usaha Kedai Kopi

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan dan persiapkan ialah rencana bisnis. Rencana tersebut bisa meliputi:

  1. Apa konsep bisnis kedai kpoi Anda?
  2. Bagaimana strategi pemasaran yang akan Anda lakukan?
  3. Siapa target pasar Anda?
  4. Bagaimana dan siapa kompetitor Anda?
  5. Bagaimana cara Anda mendapatkan keuntungan untuk usaha kedai kopi yang dijalankan?

Pada dasarnya konsep menjadi pertimbangan paling penting sebagai fondasi bisnis yang akan Anda jalankan. Kenapa demikian? Karena saat ini sudah banyak sekali usaha kedai kopi dengan berbagai konsep diluar sana.

Jika Anda tidak bisa menyajikan sesuatu yang berbeda, kemungkinan usaha kedai kopi Anda akan sullit bertahan ditengah gempuran pasar yang semakin kompetitif.

2. Cari Tempat yang Strategis

Lokasi menjadi salah satu penentu kesuksesan usaha kedai kopi Anda loh! Sehingga, Anda perlu memiliki perhatian yang khusus dan modal yang cukup untuk fokus pada hal yang satu ini.

Carilah tempat yang sering dilewati kendaraan atau berada didekat wisata atau bahkan kota yang ramai atau juga di daerah perkantoran. Selain itu, perhatikan juga masyarakat dan calon pelanggan dilokasi yang Anda pilih, apakah sesuai dengan target market yang sudah Anda tentukan.

3. Perhatikan Desain Interior dan Eksterior

Pada dasarnya desain atau tampilan kedai mu menjadi daya tarik untuk pelanggan, seperti yang kita tahu usaha kedai kopi saat ini sedang ramai digemari oleh kaum milenial, bahkan kedai kopi menjadi tempat nongkrong yang paling mengesankan.

Konon katanya remaja lebih cendrung tertarik mengunjungi sebuah kedai yang memiliki desain yang menarik. Maka, sebagai pemilik bisnis Anda perlu mengusung desain dari berbagai referensi dengan mengutamakan target market yang Anda pilih.

4. Manfaatkan Media Sosial

Pemasaran dan promosi yang efektif dapat membantu usaha Anda untuk mendongkrak popularitas serta omset penjualan Anda. Maka Anda perlu melakukan promosi ditempat yang bisa menjangkau banyak konsumen, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial.

Tidak hanya itu Anda juga bisa memanfaatkan orang-orang yang terkenal di kalangan media sosial seperti selebgram, influencer, hingga youtuber untukn membantu memperkenalkan produk-produk ungguan Anda.

Seperti yang telah disinggung, media sosial bisa menjadi sarana untuk mempromosikan jualan Anda, maka kamu bisa membuat akun jualanmu dan mengisinya dengan membuat konten-konten yang menarik. Untuk menarik banyak konsumen baru dengan diskon dan promosi lainnya.

5. Pelajari Sistem Pembukuan Keuangan

Saat Anda memutuskan untuk memulai berbisnis, saat itu pula Anda harus mempelajari pengetahuan mengenai membukuan. Hal ini menjadi penting karena Anda perlu mencatat arus kas usaha, agar Anda bisa memantau perkembangan.

Dengan pembukuan membantu Anda mengetahui kondisi keuangan, sehingga Anda akan lebih mudah melakkukan evaluasi penjualan pada bisnis Anda. Agar lebih mudah dan praktis dalam mencatat penjualan dan pemasukan, Anda bisa memanfaatkan sistem aplikasi kasir.

Aplikasi kasir membantu Anda untuk melakukan pencatatan keuangan baik itu pengeluaran dan pemasukan, hingga membantu menghasilkan laporan keuangan bisnis secara lebih praktis.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.