RZF Software | Professional Application Developer

5 Alasan Penting Penggunaan Software Toko Grosir!

Oleh: Admin | 09 Mei 2022 - 03:45 WIB
5 Alasan Penting Penggunaan Software Toko Grosir!

Kebanyakan bisnis grosir seperti sembako grosir, bangunan grosir, apotek grosir dll masih menggunakan transaksi dengan cara tradisional, laporan transaksi dan keuangan masih ditulis manual. Untuk ukuran toko yang tidak begitu ramai tidak jadi masalah jika harus bertransaksi dan mencatatnya secara manual.

Namun, pada dasarnya usaha grosir ini merupakan salah satu usaha yang selalu ramai karena usaha grosir juga seringkali dijadikan sebagai pemasok oleh para pebisnis retail. Hal ini sudah memungkinkan akan cukup repot jika dilayani secara manual, mungkin ini saatnya Anda beralih ke sistem komputerisasi atau program kasir (sistem POS).

Apa Manfaat Pengunaan Software Kasir bagi Bisnis Grosir?

1.     Membantu Transaksi Penjualan jadi Lebih Cepat

Di zaman yang serba modern ini banyak usaha yang mulai memanfaatkan keberadaan teknologi seperti software toko grosir untuk membantu penjualan yang bisa mengaplikasikan penggunaan scan barcode. Sehingga akan membuat proses transaksi penjualan semakin praktis.

Kasir hanya tinggal memindai barcode yang sudah ada di kemasan produk dan data transaksi akan dapat keluar dengan instan di software yang ada di komputer kasir. Selain itu, hal ini juga akan meminimalisir kesalahan perhitungan pada saat transaksi.

2.     Memudahkan Dalam Pengelolaan Barang Dagangan

Jika pengelolaan bisnis masih dilakukan secara manual, kemungkinan untuk mengetahui stok yang tersedia saat ini, anda harus mengeceknya secara fisik, kemudian untuk mengetahui produk yang paling banyak terjual anda pun harus mengingat-ingat kembali penjualan beberapa hari yang lalu.

Jika jumlah barang masih sedikit hal ini masih bisa dilakukan secara manual, namun jika barang sudah memasuki jumlah yang ribuan, kegiatan ini akan sangat menguras banyak waktu. Maka dari itu, anda membutuhkan software kasir untuk membantu pengelolaan barang dagangan.

3.     Membantu Memperhitungkan Kondisi Persediaan Secara Akurat

Selain itu, software toko grosir juga akan membantu menampilkan kondisi persediaan secara akurat atau stock opname. Stock Opname dilakukan untuk menghitung fisik persediaan suatu produk dalam gudang penyimpanan atau rak.

Selain itu, stock opname juga dapat membantu toko anda untuk melakukan fungsi sistem pengendalian intens dengan baik. Seperti untuk membandingkan persediaan stock dari bulan ke bulan, untuk mendapatkan HPP pada laporan, dan mengetahui kebenaran dalam  laporan keuangan apakah datanya cocok atau terdapat selisih.

4.     Lebih Mudah Melakukan Perhitungan Harga Pada Produk yang Memiliki Satuan Bertingkat

Seperti yang kita ketahui bisnis grosir ialah bisnis yang dikenal dengan memiliki jenis penjualan secara grosir, cabang dan retail.

Misalnya, Anda menjual produk rokok per 1 bal akan berbeda dengan menjual rokok per 1 bungkus, biasanya harga per bal akan lebih murah ketimbang per bungkus, karena pembeliannya mencakup jumlah yang lebih banyak.

Pada realnya anda harus mengingat harga per bungkus, harga per bal dan satuan lainnya. Bahkan harus menghitung jumlah stok yang ada setelah terjual, kalau ini dihitung secara manual Anda akan kerepotan untuk mendapat data yang sebenarnya.

5.     Membantu Memperoleh Laporan Secara Real Time

Dalam menjalankan bisnis tentunya kamu ingin mengetahui berapa omzet, berapa pengeluaran yang bisnis Anda keluarkan dan berapa untung rugi yang didapat di penjualan hari ini. Untuk mengetahui itu semua kamu perlu membuat sebuah laporan keuangan bisnis.

Dengan menggunakan aplikasi kasir Anda dapat memperoleh semua laporan bisnis secara otomatis dan praktis.

Demikian 5 alasan penting kenapa bisnis grosir harus menggunakan software toko grosir memanfaatkan teknologi memang sudah sangat diperlukan di zaman yang serba teknologi ini, selain itu teknologi juga akan membantu meningkatkan perkembangan bisnis dari waktu ke waktu, salah satunya dengan pemanfaatan software toko grosir.

Bagaimana software toko grosir akan membuat bisnis semakin berkembang? Seperti yang kita tahu, semakin pelanggan terlayani dengan cepat maka akan semakin banyak pelanggan yang akan melakukan pembelian ulang. Selain itu saat ini banyak penyedia program software toko grosir yang menawarkan kemudahan dalam pengelolaa bisnis dengan fitur-fitur lengkap yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan usaha.

Sehingga, bisnis grosir akan lebih tersusun dengan penerapan software toko grosir. Kami bisa menggunakan software toko grosir dari RZF Software yang menyediakan fitur penjualan dan laporan yang lengkap.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.