RZF Software | Professional Application Developer

Manfaat Pembukuan Untuk Perusahaan

Oleh: Admin | 01 Agustus 2022 - 00:45 WIB
Manfaat Pembukuan Untuk Perusahaan

Apa itu pembukuan?

Pembukuan adalah suatu proses pencatatan yang berisi setiap transaksi bisnis. tujuan pembukuan perusahan untuk mengetahui informasi keuangan meliputi pengeluaran, pendapatan, modal, kewajiban, omset, dan lain sebagainya. Pada akhirnya ditutup dengan pembuatan laporan keuangan dalam suatu periode tertentu.

Tidak sedikit orang mengabaikan pembukuan yang sebenarnya memiliki peran penting dalam bisnis meskipun masih terbilang kecil. Pasalnya, lebih banyak yang lebih fokus pada pemasaran dan kualitas produk saja. Padahal sebenarnya memperhatikan keluar masuknya kas setiap harinya merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

 

Apa saja sih manfaat pembukuan dari adanya pembukuan?

1. Melacak Pengeluaran

2. Membantu analisis kinerja bisnis

3. Mengelola Kuangan

4. Membuat Keputusan bagi perusahaan

5. Memudahkan laporan ke investor

 

Cara membuat pembukuan yang sederhana

1. Membuat catatan pengeluaran

2. Buat catatan pendapatan

3. Buat buku kas sederhana

4. Siapkan buku stok

5. Buat buku inventaris

6. Siapkan buku laba rugi

 

Dalam aplikasi yang disediakan RZF software sudah terdapat fitur yang bisa memudahkan anda dalam melakukan proses pembukuan dimana anda bisa menginput data penjualan, input transaksi pembelian, input pencatatan kas aplikasi dan masih banyak fitur menarik yang bisa memudahkan dalam urusan usaha anda

 

Baca juga: Mau Tutup Buku? Kenali 5 Fungsi Dan Pentingnya Dalam Akuntansi 

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.