RZF Software | Professional Application Developer

Kesalahan Bisnis Retail yang Wajib Dihindari

Oleh: Admin | 19 Desember 2022 - 01:00 WIB
Kesalahan Bisnis Retail yang Wajib Dihindari

Memiliki bisnis ritel yang sukes dengan jumlah pendapatan yang kian meningkat merupakan impin dari semua pengusaha ritel. Agar bisnis ritel anda mampu manjadi yang terdepan, anda perlu mengetahui strategi- strategi manajemen ritel yang baik.

Anda akan bisa lebih mudah menentukan cara pengelolaan bisnis ritel yang lebih baik jika anda mengetahui kesalahan yang perlu anda hindari. Berikut ini adalah tujuan yang wajib anda hindari dalam mengelola bisnis ritel.

1. Tidak Rutin Melakukan Stok Opname

Akan sulit memastikan kualitas dan kuantitas barang yang dimiliki kalau tidak menghitung secara rutin. Pasti ngga mau kan harus sampai menolak pesanan pelanggan daan kehilangan kepercayaan mereka gara gara stok yang tiba tiba habis? Untuk memudahkanmu mengelola stok, gunakan fitur inventory produk dari RZF Software.

2. Tidak Punya Data Penjualan yang Rapi

Apa saja produk terlarismu? Kapan waktu penjualan paling ramai? Berapa total transaksi harian? Semua data ini dapat membatumu menentukan strategi untuk mengingkatkan penjualan jika tersusun dengan baik. Dengan RZF software, anda akan lebih mudah akses seluruh data tersebut secara real time

3. Tidak Mengenal Konsumen dengan Baik

Sebelum memulai bisnis ritel, anda perlu menentukan calon konsumen ideal anda berdasarkan beberapa faktor seperti  demografis, karakteristik psikografis, dan tindakan perilakunya. Jangan asal asalan dalam membidik calon konsumen. Anda justru perlu fokus pada calon konsumen berkualitas yang memiliki potensi untuk membeli produk anda.

4. Lokasi yang Tidak Tepat

Penentuan lokasi sangat berpengaruh pada penjualan ritel anda. Memilih lokasi yang tidak strategis tentu saja akan membuat toko anda sepi pengunjung.

5. Menolak Modernisasi

Diera serba teknologi seperti ini, sudah bukan saatnya anda mengandalkan cara cara lama yang sudah tidak lagi efektif dan efisien.

Perubahan memang sedikit menakutkan diawal waktu. Akan tetapi, perlu diingatkan jika perubahan terjadi hanya karena masih ada ruang untuk meningkatkan cara-cara lama. Termasuk cara-cara dalam menjalankan bisnis ritel. Dalam menjalankan bisnis ritel, inventaris dan perkasiran merupakan dua hal yang sangat berpengaruh pada operasional sehari-hari.

Dua hal ini pula yang seringkali menghambat. Misalnya, data inventaris yang tidak sesuai antara pencatatan dan jumlah asli, pendapatan harian yang tidak sesuai dengan jumlah pencatatan, atau hambatan-hambatan lainnya. Hal semacam ini masih sering terjadi jika sistem pencatatan masih dilakukan secara manual.

Itulah beberapa kesalahan yang sebaiknya Anda hindari. Entah karena ketidaktahuan atau ketidakmauan untuk berubah, kesalahan-kesalahan tersebut masih mudah ditemukan pada diri pebisnis. 

RZF Software hadir sebagai software toko dengan beragam fitur yang dapat memudahkan bisnis ritel Anda. Anda dapat mengakses semua data yang menyangkut bisnis ritel di mana saja. Anda juga bisa mengontrol stok penjualan, memperoleh laporan penjualan, bahkan memanfaatkan fitur promo pelanggan untuk meningkatkan efisiensi bisnis ritel Anda.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.