RZF Software | Professional Application Developer

Ingin memulai bisnis? Kenali 7 Tips Berikut

Oleh: Admin | 30 September 2021 - 02:30 WIB
Ingin memulai bisnis? Kenali 7 Tips Berikut

Tips Menjalankan Bisnis

Menjalankan bisnis kerap kali menjadi impian banyak orang. Banyak diantara mereka yang bermimpi, namun sedikit yang melakukan action. Bahkan banyak yang sudah terlebih dahulu mundur, padahal banyak para pebisnis besar yang memulai usahanya dari nol.

Pada dasarnya menjalankan bisnis memang tidak semudah yang kita bayangkan. Tentunya banyak pertimbangan yang perlu dipersiapkan dengan sangat matang, mulai dari jenis usaha apa yang akan dijalankan sampai dengan bagaimana mengelola keuangan bisnis agar bisnis tetap berjalan.

Berikut adalah tahapan-tahapan memulai bisnis yang bisa Anda ikuti:

  1. Tentukan produk

Sebelum memulai usaha tentukan terlebih dahulu produk apa yang akan Anda tawarkan kepada konsumen. Untuk mempertimbangkannya Anda perlu melakukan riset. Selain, itu pilih jenis usaha yang memang Anda sukai atau yang menjadi passion bagi Anda didalamnya. Itu akan memudahkan Anda dalam menentukan produk untuk bisnis.

  1. Matangkan Rencana, visi dan misi

Dengan menentukan rencana, visi dan misi ini memberikan Anda gambaran dalam mencapai rencana usaha yang akan Anda lakukan di masa yang akan datang, mulai dari kebutuhan usaha, target pemasaran dan lain sebagainya.

Pastinya, Anda harus memiliki tujuan, alasan dan faktor pendukung lainnya yang akan membantu mengembangkan usaha Anda.

  1. Siapkan Modal

Berikutnya siapkan modal yang dibutuhkan untuk usaha Anda. Biasanya untuk yang baru memulai bisnis ini tidak terlalu membutuhkan modal yang cukup besar. Anda bisa membuka usaha secara kecil-kecilan, dan memanfaatkan media sosial untuk awal pemasaran, sehingga tidak perlu membayar iklan untuk promosi produk Anda di media sosial.

  1. Membuat catatan

Catat dan hitung secara rinci apa saja yang menjadi kebutuhan usaha yang akan Anda bangun, misalnya pengeluaran yang sudah Anda keluarkan untuk memulai usaha Anda, ini bisa menjadi bahan evaluasi untuk Anda kedepannya, agar lebih bisa meminimalisir modal.

  1. Melakukan survey

Sebelum Anda memulai usaha, ada baiknya laukan survey terlebih dahulu, seperti survey tempat, survey konsumen, survey harga dll. Dengan melakukan survey Anda bisa mengetahui harga pokok dan harga jual, sehingga Anda dapat menentukan harga yang akan Anda gunakan, apakah lebih murah atau lebih mahal.

  1. Tentukan target pasar

Setelah bisnis Anda jalan, jangan lupa promosikan produk yang Anda jual. Anda bisa memulai promosi lewat orang-orang terdekat, keluarga, kerabat, bahkan teman. Ini akan menjadi langkah awal bisnis anda di kenal orang sekitar.

  1. Kelola keuangan

Meskipun bisnis yang dijalankan masih tahap yang baru, mengelola keuangan sangatlah dibutuhkan oleh setiap pelaku usaha, Anda bisa memulainya dengan pencatatan secara manual atau jika ingin lebih mudah Anda harus menggunakan sistem aplikasi.

Mengelola keuangan ini termasuk salah satu yang harus dilakukan dalam menjalankan bisnis, entah itu keuangan yang bersifat pengeluaran atau justru pendapatan. Untuk itu, mengelola uang tidak harus menunggu bisnis Anda berkembang besar.

 

Kelola keuangan bisnis Anda dengan menggunakan sistem aplikasi dari RZF Software. RZF Software sendiri menyediakan berbagai macam aplikasi berbasis dekstop yang bisa disesuaikan dengan jenis usaha yang dijalankan. Selain itu, fitur yang terdapat di aplikasi kasir RZF sudah tersedia lengkap.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.