RZF Software | Professional Application Developer

Cara Menentukan Segmentasi Pasar

Oleh: Admin | 11 Oktober 2021 - 03:00 WIB
Cara Menentukan Segmentasi Pasar

Dalam menjalankan suatu bisnis segmentasi pasar merupakan salah satu poin dalam perencanaan bisnis secara matang, selain itu segmentasi pasar juga mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis. Maka dari itu sangat perlu untuk memahami lebih jelas apa itu segmentasi pasar.

Apa Yang Dimaksud Dengan Segmentasi Pasar?

Segmentasi pasar adalah sebuah strategi yang dilakukan perusahaan untuk mengelompokan suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda, yang memiliki kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang berbeda dan kemungkinan juga memiliki kebutuhan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Pada dasarnya segmentasi pasar ini selalu ada pada setiap bisnis, tujuannya untuk menyempurnakan target pemasaran suatu produk agar berada pada pasar yang tepat.

Segmentasi pasar ini, nantinya setiap kelompok-kelompok tersebut akan ditargetkan untuk memasarkan sebuah produk yang dapat memenuhi kebutuhan dari segmen tersebut.

Ada beberapa jenis segmentasi pasar yang dibagi berdasarkan pengelompokannya, sebagai berikut:

  1. Segmentasi Menurut Demografis

Segmentasi ini membagi pasar menjadi kelompok yang berdasakan variabel seperti usia, ukuran keluarga, siklus hidup, jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan, pendidikan, agama, ras, kebangsaan dan kelas sosial.

Biasanya segmentasi ini paling banyak dipilih karena tipe ini lebih mudah untuk diketahui dan diukur dibandingkan dengan variabel dalam jenis segmentasi pasar yang lain.

  1. Segmentasi Geografis

Segmentasi ini membagi pasar menjadi kelompok yang berdasarkan letak geografis seperti negara, wilayah, kota dan desa. seperti contoh, tempat tinggal konsumen.

Jenis segmentasi ini biasanya dipertimbangkan menurut kegunaan suatu produk atau jasa yang tergantung pada cuaca, dan lokasi.

  1. Segmentasi Psikografis

Segmentasi ini memuat tentang gaya hidup yang mencakup aktivita sehari-hari. Segmentasi ini juga meliputi keyakinan, nilai, kepribadian dan gaya hidup pelanggan.

Penerapan segmentasi ini akan membantu Anda mengetahui bagaiman perilaku kosumen terhadap sebuah bisnis.

  1. Segmentasi Harga

Biasanya dengan menggunakan segmentasi ini Anda dapat lebih mudah mempertimbangkan kekuatan ekonomi dari calon konsumen yang berbeda-beda. Hal ini dapat membantu Anda untuk menentukan jika segmnetasi pasarnya luas maka Anda bisa menerapkan harga pada setiap produk mulai drai harga rendah, harga menengah, dan harga tinggi.

Ciri-ciri Segmentasi Pasar yang Efektif.

Segmentasi pasar yang efektif dapat diketahui dengan ciri-ciri yang mendasar, sebagai berikut:

  1. Semua hasil penelitian analisis datanya harus dibuktikan dengn data yang terukur.
  2. Produknya secara jelas dapat dijangkau oleh konsumen.
  3. Segmentasi pasar haruslah berpengaruh terhadap bisnis, misalnya memberikan keuntungan dan juga berpengaruh terhadap perubahan bisnis.
  4. Segmentasi yang efektif setiap elemennya dapat dibedakan secara jelas.
  5. Segmentasi yang efektif juga dapat merealisasikan atau mewujudkan rencana bisnis Anda.

Bagaimana Menentukan Segmentasi Pasar?

  1. Ketahui Masalah dan Kebutuhan Konsumen

Dalam menentukan segmentasi pasar pertama Anda perlu mengetahui apa masalah pelanggan dan kebutuhannya. Untuk mengetahuinya bisa dengan cara bertanya kepada konsumen atau melakukan tes produk.

  1. Mengolah dan Menganalisa Data

Setelah melakukan riset atau mencari tahu kebutuhan dan masalah konsumen, biasanya informasi yang didapat akan dianalisa menjadi sebuah solusi. Hal ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan produk yang Anda miliki pada suatu pasar.

  1. Menentukan Strategi Pemasaran

Menentukan strategi pasar tentu perlu menyesuaikan target pasar dengan strategi didalamnya. Seperti contoh, jika produk yang Anda jual merupakan sebuah kosmetik tentu Anda akan memilih target pasar dengan konsumen yang usianya memasuki remaja hingga dewasa.

Kesimpulan

Segmentasi pasar menjadi salah satu yang perlu diketahui pebisnis ketika ingin menentukan target pasar dalam pemasaran produknya. Jika segmentasi pasar sudah diketahui Anda akan lebih mudah memfokuskan pemasaran brand bisnis Anda.

Setelah pemasaran telah dilakukan ada baiknya Anda kelola keuangan bisnis yang dijalankan dengan tepat, agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang dengan baik. Anda bisa menggunakan aplikasi kasir yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha Anda.

Tidak hanya membantu mengelola keuangan bisnis saja, aplikasi kasir bisa membantu Anda dalam pengelolaan piutang pelanggan agar terkontrol dengan baik.

Saat ini sudah banyak para pebisnis di bidang IT yang menyediakan berbagai macam aplikasi kasir yang dapat disesuaikan dengan setiap jenis usaha, untuk membantu para pelaku bisnis dalam pengelolaan bisninya.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.