RZF Software | Professional Application Developer

Punya Warung Sembako? Begini 5 Cara Menata Warung Sembako Kecil agar Ramai Pembeli

Oleh: Admin | 02 Maret 2022 - 07:15 WIB
Punya Warung Sembako? Begini 5 Cara Menata Warung Sembako Kecil agar Ramai Pembeli

Kamu pemilik warung sembako? Ingin menata warung sembako agar ramai pembeli? Warung sembako pada umumnya menjual beragam produk yang menjadi kebutuhan rumah tangga, sehingga setiap sudutnya terlihat penuh.

Menatata warung sembako menjadi bagian yang perlu diperhatikan karena hal ini dapat membantu menarik pelanggan lebih banyak. Tatanan warung yang bersih dan juga rapi tentu membuat siapapun akan tertarik untuk berbelanja di warung Anda.

Oleh karena itu, jika Anda pemilik warung sembako artikel ini sangat cocok untuk membantu Anda dalam menata warung sembako menjadi lebih menarik. Nah, bagaimana nih agar warung sembako Anda tidak sempit, maka kamu perlu menatanya dengan baik.

Tips Menata Warung Sembako agar Ramai Pembeli

1. Tata Barang dengan Rapi

Meskipun warung sembako memiliki ukuran yang kecil, namun warung sembako juga bisa tetap nyaman saat ditata dengan baik dan memperhatikan tatanan elemen ruang dengan tepat. Maka Anda perlu memperhatikan tata letak barang Anda.

Anda bisa menyusun barang Anda dengan menggunakan rak minimalis yang akan semakin membuat ruangan warung Anda semakin menarik untuk dilihat.

2. Kelompokan Barang Sesuai dengan Kategorinya

Selanjutnya cara menata warung sembako ialah dengan mengelompokkan barang sesuai dengan kategorinya, hal ini juga akan mempermudah Anda dan pelanggan dalam mencari barang. Misalnya, Anda bisa mengumpulkan aneka merek kosmetik dan kemudian di sebelahnya Anda bisa menyimpan perlengkapan mandi.

Baca juga: Bisnis Lagi Sepi? Ini 4 Rahasia Mengatasi Usaha Sepi Pelanggan

3. Tempatkan Produk Terlaris dibagian Dalam Warung

Sebaiknya produk yang paling laris di letakkan dibagian dalam warung. Hal ini akan memancing pembeli untuk melihat produk lain, semakin banyak barang yang dilihat pembeli, maka semakin besar pula kemungkinan pelanggan untuk membeli banyak produk.

Penataan barang juga harus disesuaikan dengan tanggal kadaluarsa produk. Letakan produk yang masa kadaluarsanya sudah dekat dibagian depan. Hal ini membantu mengurangi risiko produk kadaluarsa yang semakin menumpuk dan tidak terjual.

4. Tiru Penataan Barang seperti di mini market

Saat ini seperti yang kita tahu banyak masyarakat yang lebih memilih berbelanja ditempat yang lebih modern seperti mini market, swalayan bahkan hingga supermarket. Dalam hal ini Anda harus meniru toko-toko tersebut terutama dalam hal penataan barang.

Penatan minimarket selalu terlihat rapi dan mengikuti kategori produk untuk memudahkan pembeli mencari produk yang mereka inginkan. Selain itu meinimarket juga menempatkan produk sesuai dengan garis pandang. Mereka menempatkan produk yang memiliki harga yang mahal dibagian atas, sedangkan produk yang lebih murah di letakkan dibagian bawah rak. Dengan menerapkan pola penataan seperti akan membuat pembeli nyaman berbelanja diwarung Anda.

5. Siapkan Gudang Penyimpanan

Selanjutnya jangan lupa untuk menyiapkan gudang penyimpanan barang. Ketika warung sembako Anda mulai ramai, tentunya Anda akan memiliki banyak barang dan akan menemui banyak permintaan dari pelanggan.

Terkadang dalam hal ini Anda perlu menyetok barang sebagai antisipasi jika sewaktu waktu produk habis dan Anda tidak sempat membeli. Usahakan Anda memiliki gudang untuk menaruh stok barang yang akan dijual. Maka dalam hal ini Anda perlu memiliki gudang untuk menyimpan seluruh barang dagangan Anda.

Demikian tips menata warung sembako yang bisa Anda tiru, memiliki warung sembako yang tersusun rapi memang menjadi bagian yang paling diinginkan oleh setiap pemilik warung sembako. Apalagi mengingat saat ini banyak pelaku usah warung yang mulai berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman.

Selain, penataan hal penting lainnya yang perlu diperhatikan oleh pemilik warung sembako ialah pengelolaan keuangan yang baik. Mengelola keuangan dengan baik akan membantu usaha yang dijalankan semakin berkembang.

Maka, Anda juga perlu memperhatikan keuangan warung sembako dengan selalu melakukan pembukuan terhadap uang masuk dan uang keluar. Pembukuan secara manual memang akan sangat merepotkan maka Anda bisa menggunakan software toko grosir untuk membantu mengelola keuangan bisnis Anda.

Software toko grosir juga bisa membantu perhitungan barang menjadi lebih mudah dengan perhitungan stok yang secara otomatis akan dilakukan oleh sistem, membuat Anda tidak harus melakukan perhitungan lagi secara manual.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.