RZF Software | Professional Application Developer

Buyer Persona: Pengertian dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Oleh: Admin | 13 Desember 2021 - 07:45 WIB
Buyer Persona: Pengertian dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bsinis ternyata bukan hanya strategi marketing saja yang penting dilakukan. Namun, Anda juga perlu mengenal lebih dalam mengenai target audiens Anda secera spesifik salah satunya dengan menggunakan buyer persona.

Buyer persona ini yang nantinya akan membantu Anda dalam mengenal target audiens Anda secara lebih mendalam. Selain itu, buyer persona membantu Anda dalam menyusun konten.

Sehingga dapat dikatakan menciptakan buyer persona sangatlah penting dalam sebuah bisnis. Namun, untuk menciptakannya Anda membutuhkan data reserch dan insight yang didapatkan dari customer base Anda.

Apa itu Buyer Persona?

Buyer persona bisa dikatakan sebagai tokoh fiktif yang diciptakan dengan karakteristik tertentu, yang mewakili sebagai konsumen suatu produk. Untuk membantu Anda memahami pembeli Anda dan membuat Anda lebih mudah untuk menyesuaikan konten atau produk dengan kebutuhan, perilaku, dan masalah spesifik dari berbagai jenis pembeli.

Hal ini akan membantu untuk mengidentifikasi cara menjangkau pembeli anda dengan pesan yang tepat. Dan memberikan Anda gambaran dalam menentukan strategi pemasaran selanjutnya.

Apa Manfaat Buyer Persona Untuk Bisnis?

Tentunya buyer persona ini memiliki manfaat untuk kepentingan bisnis yang dijalankan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Membantu menyasar pelanggan yang tepat

Dalam konsep ini akan selalu mengingatkan Anda untuk lebih mendahulukan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen atau pelanggan.

  1. Menyesuaikan strategi pemasaran dari prespektif pelanggan

Sama halnya dengan mendahulukan apa yang menjadi kebutuhan pelanggan, Anda harus menyesuaikan komunikasi dengan gaya target pelangganmu.

  1. Membidik target iklan dengan lebih efektif

Manfaat dari buyer persona berikutnya adalah dapat membantu pemasangan iklan dengan tepat baik secara online maupun offline untuk memilih target audiens yang lebih spesifik.

Langkah Membuat Buyer Persona

Dalam menentukan buyer persona untuk keberhasilan bisnis yang dijalankan, ada beberapa langkah yang diantaranya:

  1. Mengidentifikasi Audiens

Sama hal nya dengan melakukan riset, pertama kumpulkan terlebih dahulu informasi pada pasar. Data apa yang bisa Anda kumpulkan, seperti usia, domisili, gender, pendidikan dll. Informasi dasar tersebut bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Google Analitycs ataupun dari database konsumen yang Anda buat sendiri.

  1. Identifikasi Masalah Pelanggan

Cari tahu apa yang menjadi masalah konsumen, identifikasi layanan apa yang belum bisa memenuhi ekspetasi pelanggan Anda, kemudian anda bisa menjadi solusi untuk konsumen tersebut. Karena pada dasarnya sebuah bisnis dibuat untuk menjadi solusi bagi setiap pelanggan atau konsumen yang membutuhkan.

Selain itu, Anda juga bisa menggali komentar dari setiap konsumen dengan bertanya langsung atau mengumpulkan informasi dari setiap komentar yang customer Anda ajukan. Adanya komentar tersebut bisa menjadi bahan evaluasi untuk menghasilkan produk yang lebih baik lagi.

  1. Rumuskan Solusi yang Bisa Ditawarkan

Setelah Anda mengetahui baik masalah atau kebutuhan setiap pelanggan dan konsumen, langkah selanjutnya rumuskan solusi untuk Anda tawarkan kepada konsumen. solusi yang anda buat itu nantinya yang akan menjadi jawaban untuk pelanggan.

Sebagai contoh, permasalahan yang terjadi pada pelanggan anda adalah mengingkinan sistem aplikasi kasir yang memiliki fitur barcode sekaligus. Nah, dari masalah tersebut Anda bisa memberi solusi dengan menghadirkan fitur baru atau aplikasi pendukung barcode tersebut.

Kesimpulan

Mungkin belum banyak yang mengetahui buyer persona dalam sebuah bisnis, dan cara menerapkannya. Namun, dengan penjelasan diatas tentu sekarang Anda tahu pengertian dan pentingnya buyer persona untuk sebuah bisnis.

Selanjutnya, pastikan Anda selalu mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik. Karena manajemen keuangan sangat penting dilakukan dalam sebuah bisnis. Maka dari itu, Anda bisa mulai mengelola bisnis dengan menggunakan sistem aplikasi kasir.

Selain, untuk mengelola keuangan usaha Anda aplikasi kasir juga bisa membantu Anda untuk mengontrol persediaan stok barang digudang persediaan.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.