RZF Software | Professional Application Developer

Bundling Strategi; Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Oleh: Admin | 18 Oktober 2021 - 04:15 WIB
Bundling Strategi; Pengertian, Jenis dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Bagi sebagian pebisnis istilah bundling strategi mungkin bukan lagi hal yang asing didengar. Bahkan mungkin banyak diantarnya yang sudah melakukan strategi promosi yang satu ini.

Kenyataannya bundling strategi ini menjadi salah satu teknik promosi yang paling efektif digunakan oleh pebisnis. Alasanya teknik promosi ini lebih banyak diminati oleh konsumen atau masyarakat.

Mengingat cara tersebut terbukti ampuh dalam menaikan suatu penjualan, strategi bundling menjadi salah satu solusi ketika bisnis yang dijalankan mengalami fluktuasi dalam penjualan produknya.

Apa Itu Bundling Strategi?

Bundling Strategi adalah strategi pemasaran dimana menggabungan dua produk yang berbeda atau lebih dalam satu kemasan penjualan dengan harga yang relatif murah dari total harga normal.

Penting diketahui bundling strategi ini memiliki peran penting di masa depan dalam strategi pemasaran untuk meningkatkan keuntungan dan pertumbuhan suatu perusahaan.

Jenis – Jenis Strategi Bundling

  1. Mixed Bundling

Mixsed bundling ini menggabungkan beberapa produk yang bisa digunakan konsumen secara bersamaan, yang sebenranya produk tersebut bisa dibeli secara terpisah namun akan mendapatkan diskon apabila konsumen membelinya secara bersamaan.

  1. Pure bundling

Sedangkan pure bundling merupakan kebalikannya dari mixsed bundling, yang produk tersebut hanya bisa dibeli secara bersamaan. Permasalahan yang sering terjadi dalam jenis strategi yang satu ini adalah pure bundling ini membatasi pembelian produk secara individual. Hal ini akan menyebabkan adanya penurunan penjualan seiring berjalannya waktu.

  1. Same Produk Bundling

Same produk bundling ini hampir mirip dengan istilah langganan, dimana produk yang sama mampu memberi inisiatif kepada pelanggan yang membeli dalam jumlah yang lebih banyak di tahap awal daripada membayar untuk mengirim pesanan baru setiap waktu.

Apa Manfaat Bundling Strategi Bagi Bisnis?

Strategi bundling ini ternyata mempunyai manfaat yang sangat penting untuk bisnis yang dijalankan, manfaat tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Pemesanan dan Penjualan

Dengan melakukan penggabungan produk yang berbeda akan membantu suatu perusahaan untuk meningkatkan pemesanan, karena strategi tersebut berhasil menarik peminat pelanggan.

Penjualan dengan cara bundling beberapa produk memberi opsi kepada konsumen untuk membeli produk paket hemat dengan harga yang relatif lebih murah dari pada pembelian secara satuan.

  1. Mengurangi Biaya Pemasaran dan Distribusi

Strategi bundling produk ini juga bisa meminimalisir biaya pemasaran dimana secara otomatis dengan bundling produk ini Anda sudah memasarkan dua produk sekaligus, hal ini jelas menghemat biaya dibanding harus mengiklankan produk satu per satu.

  1. Mengurangi Produk yang Tidak Laku

Ketika Anda memiliki produk yang penjualannya kurang atau memiliki sedikit peminat, Anda bisa menggabungkan produk tersebut dengan produk baru yang akan Anda luncurkan atau dengan produk yang memiliki banyak peminat.

Sehingga hal ini akan membuat produk yang tidak laku akan terjual dengan lebih mudah.

Demikian penjelasan mengenai istilah bundling, pengertian dan manfaat bundling untuk keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Setelah membaca artikel diatas pasti Anda sudah mengetahui strategi bundling ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan omset penjualan.

Anda bisa mulai melakukan strategi bundling ini demi kepentingan suatu bisnis. Perhatikan kepentingan lainnya dalam bisnis yang Anda jalankan seperti pencatatan keuangan bisnis secara akurat dan juga cepat dengan menggunakan Aplikasi Kasir.

Dengan Aplikasi Kasir Anda bisa mengetahui laporan laba rugi tanpa harus menghitungnya terlebih dahulu dengan bantuan kalkulator, karena dengan menggunakan aplikasi kasir laporan keuangan akan secara otomatis terhitung.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.