RZF Software | Professional Application Developer

Brand Trust: Pengertian, Manfaat dan Strategi Membangunnya

Oleh: Admin | 08 Desember 2021 - 07:00 WIB
Brand Trust: Pengertian, Manfaat dan Strategi Membangunnya

Setiap perusahaan harus membangun kepercayaan dari pelanggan. Maka dari itu, pentingnya memahami karakteristik dalam membangun dan mengembangkan keprcayaan pelanggan (brand trust).

Brand trust mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan pengambilan keputusan konsumen untuk mempercayai suatu merek. Kepercayaan yang telah dibangun oleh pelanggan pada suatu merek kemungkinan akan meningkatkan loyalitas merek tersebut.

Sebagian pebisnis mengangap bahwa membangun kepercayaan terhadap merek adalah suatu hal yang penting dilakukan, karena adanya kepercayaan dari pelanggan terhadap merek akan menjadi pembeda agar bisnis bisa tetap bersaing dengan kompetitor.

Apa itu brand trust?

Brand trust berasal dari bahasa inggris yang artinya brand (merek) trust (kepercayaan), brand trust adalah kepercayaan atau loyalitas pelanggan terhadap merek. Singkatnya brand trust adalah kepercayaan pelanggan terhadap produk bisnis Anda.

Pengertian dari beberapa sumber, diantaranya:

1. Lau dan Lee (2007)
Menurut Lau dan Lee brand trus adalah keinginan pelanggan untuk bersandar pada sebuah merek dengan resiko yang dihadapi karena ekspetasi terhadap merek itu akan menyebabkan hasil yang positif.

2. Chaudhuri dan Holbrook (2001)
Menurut Chaudhuri dan Holbrook brand trust adalah kemauan dari rata-rata konsumen untuk bergantung kepada kemampuan dari sebuah merek dalam melaksanakan sagala kegunaan atau fungsinya.

3. Tjiptono
Menurut tjiptono, brand trust adalah kesediaan konsumen untuk mempercayai atau mengandalkan merek dalam situasi risiko dikarenakan adanya ekspektasi bahwa merek yang bersangkutan akan memberikan hasil positif.

Seiring berkembangnya dunia digital seperti saat ini, konsumen memiliki banyak pilihan untuk memilih sebuah produk dan layanan yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, brand trust memiliki peran yang sangat penting dan juga bermanfaat bagi bisnis yang dijalankan:

Lalu Apa Saja Manfaat Brand Trust Bagi Bisnis?

Berikut adalah manfaat brand trust untuk kesuksesan bisnis yang dijalankan, antara lain:

1. Mendapatkan Pelanggan Loyal

Seperti yang Anda ketahui saat sebuah brand memiliki percayaan dari banyak konsumen, kemungkinan Anda akan mendapatkan banyak pelanggan loyal yang akan setia dengan produk dan bisnis Anda.

2. Mendapatkan Repeat Customer

Selain mendapatkan pelanggan loyal, secara tidak langsung brand trust juga akan meningkatkan penjualan Anda. Melalui repeat customer, biasanya pelanggan yang sudah memiliki kepercayaan terhadap merek Anda akan melakukan pembelian ulang.

Baca juga: Customer Repeat Order? Ini Cara Meningkatkannya

3. Mampu Bersaing dengan Kompetitor

Membangun brand trust merupakan langkah penting yang perlu dilakukan agar bisnis Anda tetap bersaing dengan kompetitor lain. Sekalipun banyak pesaing dan kompetitor di pasar target jika pelanggan memiliki kepercayaan hanya pada merek bisnis Anda, bukan tidak mungkin brand Anda akan tetap menjadi incaran dan pilihan utama pelanggan tersebut.

5 Strategi Efektif Membangun Brand Trust

1. Kenali pelanggan Anda

Hal pertama dalam membangun brand trust adalah kenali terlebih dahulu pelanggan. Apa kebutuhannya, apa yang mereka harapkan dan apa keinginan mereka terhadap brand Anda. Setelah mengetahuinya Anda akan dapat mudah membangun brand trust dari pelanggan.

2. Ciptakan customer experience yang baik

Mempunyai layanan yang cepat tanggap juga merupakan salah satu cara membangun brand trust. Dengna ini akan mendorong pelanggan untuk mempunyai kepercayaan tehadap brand anda.

3. Kualitas produk

Selanjutnya kualitas produk berpengaruh dalam membangun kepercayaan konsumen, maka dari itu Anda perlu menghasilkan produk yang berkualitas. Dengan ini pelanggan akan merasa puas terhadap produk anda.

4. Buatlah konten yang autentik

Ini juga menjadi salah satu yang pelu di perhatikan dalam meningkatkan brand trust. Buatlah konten yang menarik, untuk membuat konten yang menarik Anda perlu melihat apa yang menjadi nilai dalam bisnis Anda. Apa yang ingin Anda berikan kepada konsumen atau pelanggan anda.

5. Meminta konsumen untuk memberi review

Sebagian kosumen ternyata bisa memiliki kepercayaan terhadap suatu merek salah satunnya dengan melihat review, hal ini terbukti bahwa review konsumen sangatlah penting dalam membangun brand trust..

Penutup

Brand trust adalah salah satu faktor yang paling berpengaruh untuk meningkatkan penjualan. Karena dengan adanya kepercayaan merek ini akan membantu mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian ulang terhadap produk Anda.

Selain kepercayaan merek yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis, keuangan bisnis juga sngat penting dikontrol dengan baik agar bisnis yang Anda jalani memiliki laporan keuangan yang jelas.

Anda bisa mulai mengelola keuangan bisnis dengan menggunakan aplikasi kasir yang secara otomatis akan membantu Anda untuk mengelola laporan keuangan dengan tepat, tanpa harus melakukan perhitungan secara manual.

Aplikasi kasir juga membantu Anda mengelola persedian barang digudang persediaanmu tanpa perlu khawatir mengalami selisih stok.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.