RZF Software | Professional Application Developer

Brand Awareness: Pengertian, Fungsi dan Tips Membangunnya

Oleh: Admin | 22 Desember 2021 - 09:30 WIB
Brand Awareness: Pengertian, Fungsi dan Tips Membangunnya

Pernahkah Anda mengunjungi sebuah restoran makanan dan minuman air mineral? Kemudian pelayanan menyuguhi Anda sebotol Aqua? Beberapa orang memang lebih suka menyebut sebuah produk dengan merek saja.

Seperti contoh diatas menyebut Aqua dengan air mineral, padahal merek air mineral itu banyak misalnya addes, le mineral dsb. Nah, itu lah yang disebut dengan kesadaran merek, dimana merek tersebut sudah sangat banyak mempengaruhi kesadaran para konsumen. sehingga banyak pelanggan yang menyebutnya dengan air mineral, hal tersebut dinamakan brand awareness. Apa itu brand awareness?

Pengertian Brand Awareness

Brand awareness atau yang sering dikenal kesadaran merek istilah pemasaran yang menggambarkan seberapa banyak konsumen mengenal brand atau merek Anda.

Kesadaran merek merupakan strategi tahap pertama yang bisa mempengaruhi keputusan pelanggan untuk menggunakan atau bahkan membeli produk Anda. banyak perusahaan yang mengeluarkan banyak uang hanya untuk membangun kesadaran merek tersebut,

Namun, hal ini merupakan sesuatu yang tidak bisa diukur dengan sempurna. Karena ketika pelanggan memiliki kesadaran merek bukan berarti akan membeli produk Anda. namun tidak menutup kemungkinan brand awreness juga memiliki peran yang sangat penting untuk bisnis terutama untuk bisnis pemula.

Brand awareness selain memiliki tujuan untuk menumbuhkan kesadaran merek pada pelanggan baru juga untuk mempertahankan kesadaran merek dari pelanggan yang sudah lama ada.

Apa Fungsi Brand Awareness Dalam Bisnis

Sepeti yang sudah disinggung diatas bahwa brand awareness memiliki peran penting bagi bsinis yang Anda jalankan. Tentunya karen brand memiliki fungsi yang mendasar bagi usaha yang dijalankan. Lantas apa saja fungsi brand awarenes, berikut penjelasannya:

1. Menumbuhkan Kepercayaan Pelanggan
Pada dasarnya tujuan menciptakan brand awareness untuk membangun kepercayan pelanggan, sehingga semakin banyak pengetahuan pelanggan tentang produk anda maka semakin besar kepercayaan pelanggan tentang merek produk Anda.

2. Memudahkan Menjaring Konsumen Baru
Kenapa brand awarenes bisa menjaring konsumn baru, pada kenyataannya konsumen akan memilih menggunakan suatu produk yang sudah pernah digunakan orang lain. Maka dari itu, membangun reputasi positif sangat penting.

Nah, hal tersebut bisa diwujudkan melalui brand awareness dengan menciptakan testimoni dan review dari pelanggan yang sudah menggunakan produk Anda. namun dalam hal ini bukan berarti Anda tidak perlu membuat konten di sosial media. Karena lewat promosi konten juga akan mendatankan kepercayaan pelanggan.

3. Meningkatkan “Brand Equity”
Pada dasarnya brand equity ini bisa dikatakan baik ketika konsumen memiliki pengalaman dan impersi yang positif pada sebuah brand. Sehingga ketika semakin banyak orang menyadari suatu merek, maka akan semakin berharga merek tersebut.

Bagaimana Cara Mengukur Brand Awareness?

Dalam membangun brand awareness perlu Anda pahami terlebih dahulu bagaimana cara untuk megukur brand awareness tersebut. Nah, dalam mengukurnya terdapat beberapa metode yang perlu Anda terapkan untuk mengukur levernya, diantaranya sebagai berikut:

1. Survei
Cara yang pertama untuk mengukur brand awareness adalah dengan melakukan survei. Dalam survei ini biasanya akan memberikan pertanyaan mengenai apa yang mereka ketahui tentang suatu brand tertentu.

2. Memerikas Analytics Website
Fitur Analytics Website memebantu Anda untuk mengetahui apakah traffic webisite Anda mengalami peningkatan atau penurunan. Dengan google analytics Anda bisa mulai melihat volume traffic website mulai dari berapa banyak share, likes, external link, dan komentar dari pengunjung.

3. Media Sosial
Media sosial nyatanya bukan hanya ajang untuk promosi saja, namun sosial media bisa digunakan untuk mengukur tingkatan brand awareness bisnis Anda. Media sosial akan menunjukan berbagai infomasi mulai dari jumlah pengikut, sampai berapa banyak respon, retweet, repost dari beberapa konsumen, 

Tips Membangun Brand Awareness
1. Pemasaran Konten

Seperti yang kita ketahui konten merupakan salah satu yang menjadi daya tarik dari suatu brand untuk menarik audiens yang tepat sehingga mendorong mereka untuk membeli. Selain itu, tujuan dari pemasaran konten ini adalah untuk membantu menekankan citra dan pesan baik dari suatu bisnis atau perusahaan.

Konten yang dibuat tidak hanya semata untuk menunjukan keunggulan dari suatu brand aatau perusahaan saja atau konten bukan hanya berisi menjual produk bisnis Anda saja, namun membantu mengeduksi pelanggan dengan informasi yang lebih relevan dan memiliki nilai. 

2. Manfaatkan Sosial Media

Pastinya konsumen Anda tidak hanya menggunakan satu media sosial saja, maka dari itu penting bagi Anda untuk memanfaatkan berbagai media sosial untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Dengan menggunakan banyak media sosial membantu And auntuk menemukan tren terkini yang akan membantu membangun brand awrareness atau citra perusahaan.

Kesimpulan

Brand awareness atau kesadaran merek sangat penting dimiliki suatu brand atau perusahaan, hal ini akan membantu menumbuhkan kesadaran merek kepada pelangga dan akan membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Pada dasarnya tidak hanya kesadaran merek saja yang akan membantu meningkatkan penjualan, namun dengan adanya pelayanan yang baik juga akan membantu meningkatkan penjualan dan juga kepercayaan merek dari pelanggan atau konsumen.

Untuk meningkatkan pelayanan bisnis yang Anda jalani Anda bisa mulai menggunakan aplikasi kasir, untuk membantu mempercepat proses transaksi penjualan.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.