RZF Software | Professional Application Developer

Bisnis Lagi Sepi? Ini 4 Rahasia Mengatasi Usaha Sepi Pelanggan

Oleh: Admin | 05 Maret 2022 - 02:45 WIB
Bisnis Lagi Sepi? Ini 4 Rahasia Mengatasi Usaha Sepi Pelanggan

Menjadi sebuah keharusan bagi setiap pemilik bisnis untuk membuat strategi yang akan menaik pelanggan. Namun, kenyataanya membuat strategi untuk menarik pelanggan bukan hal yang mudah. Terlebih mengingat banyak sekali pebisnis yang menjual produk yang sama. Sehingga Anda harus siap bersaing dengan sesama pebisnis untuk menggaet pelanggan setia.

Berbicara soal bersaing terdapat banyak hal yang memang harus diperhatikan dari kompetitor, salah satunya modal jual yang kerap membuat sebagian pebisnis akhirnya gulung tikar, akibat pendapatan yang selalu menurun. Karena pada dasarnya mustahil bisa menikmati keuntungan jika pendapatan saja turun dan modal pun menipis.

Sehingga hal inilah yang membuat bisnis sepi. Nah, jika Anda kerap kali menghadapi hal demikian coba ingat kembali mengapa usaha Anda sepi?

Pentingnya mencari tahu penyebab terjadi sepinya bisnis dari pembeli, karena hal ini akan membantu Anda untuk kembali mengevaluasi bisnis dan kembali untuk menciptakan strategi demi bisnis bisa kembali ramai.

Apa Penyebab Bisnis Sepi dari Pembeli?

1. Tidak Konsisten Terhadap Kualitas Produk

Kualitas produk dan kemasan sangat penting untuk menarik pelanggan setia, maka Anda perlu terus menjadg kualitas produk bahkan jika perlu Anda harus meningkatkan kualitas produk Anda dari masa ke masa, agar pelanggan Anda tidak berpindah ke produk kompetitor.

2. Palayanan Belum Maksimal

Selanjutnya selain perlu memperhatikan kualitas produk Anda juga perlu memperhatikan pelayanan kepada pelanggan, karena hal ini juga akan membuat pelanggan Anda tetap setia dengan produk Anda.

Karena pada dasarnya sebagian pelanggan banyak yang memutuskan tidak jadi membeli barang karena mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan.

3. Belum Beradaptasi ke Perkembangan Teknologi Terbaru

Jangan-jangan selama ini Anda masih menggunakan cara konvensional dalam berjualan? Menjalankan usaha dengan cara tradisional memang tidak ada salahnya. Namun, seperti yang kita tahu perkembangan teknologi yang semakin pesat ini membuat kebiasaan dan pola pikir pelanggan juga ikut berubah.

Mulai dari berbelanja online hingga mengunjungi toko yang menawarkan pelayanan dengan lebih modern seperti transaksi dengan bukti struk yang lebih modern atau hingga bisa memilih metode pembayaran selain tunai.

Sehingga hal ini membuat Anda harus menerapkan teknologi pada bisnis yang dijalankan agar bisnis yang Anda jalankan semakin berkembang.

Coba 4 Tips Jitu ini untuk Mengatasi Bisnis yang Sepi Pembeli

1. Evaluasi Performa Penjualan Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah dengan mulai evaluasi performa penjualan bisnis Anda, apa saja produk yang lebih banyak dibeli dan mana yang kurang diminati oleh pembeli.

Dengan mengetahui performa penjualan, Anda bisa lebih mudah untuk mengatur persediaan stok barang dengan mengurangi pembelian stok barang yang kurang laku, di pembelian barang berikutnya.

Atau Anda bisa mengatur strategi promosi untuk barang yang tidak terjual, dengan menawarkan diskon atau promo buy 1 get 1 untuk mengurangi stok barang yang tidak terjual.

2. Kontak Pelanggan Setia Anda

Cari tahu kembali mana pelanggan yang akhir-akhir ini tidak melakukan pembelian ditoko Anda lewat daftar pelanggan Anda. Anda bisa menjadwalkan untuk menghubungi pelanggan Anda melalui email atau bahkan WhatsApp, misalnya menjadwalkan nya per satu bulan sekali.

Kirim pesan bahkan broadcast tentang produk baru dan jangan ragu untuk menawarkan beberapa promo menarik yang bisa mereka nikmati pada pembelian berikutnya.

3. Tingkatkan Pelayanan Bisnis Anda

Selanjutnya ialah dengan meningkatkan pelayanan. Meningkatkan pelayanan bisnis kemungkinan akan membuat pelanggan Anda kembali berbelanja di tempat Anda. Maka, Anda perlu mengevaluasi kembali bagaimana pelayanan Anda selama ini?

Seperti yang kita tahu standar pelayanan dalam menjalankan sebuah bisnis haruslah dilakukan dengan konsisten setiap harinya. Dengan menjaga konsistensi pelayanan, pelanggan setia akan selalu bersedia kembali untuk berbelanja ditempat Anda.

4. Berinovasi Dalam Segala Aspek Pelayanan

Mengikuti perkembangan zaman itu sangat perlu dilakukan agar bisnis yang sijalankan tidak tertinggal oleh zaman.

Saat ini teknologi ada untuk membantu usaha Anda lebih berkembang dan bisa bertahan ditengah kompetisi yang ketat. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih membantu banyak pelaku usaha ikut merasakan mudahnya menjalankan sebuah bisnis terutama dalam hal pelayanan.

Sehingga, sebisa mungkin Anda harus mengupgrade pelayanan bisnis Anda ke sistem yang lebih canggih.

Demikian penyebab dan solusi mengatasi bisnis yang sepi pembeli yang bisa Anda tiru. Memiliki bisnis yang terus menghasilkan keuntungan memang kerap menjadi impian setiap orang. Namun, kenyataannya ini bukan hal yang mudah.

Nah, 4 cara diatas bisa kamu manfaatkan untuk membantu Anda kembali meramaikan usaha Anda. Selain, membuat strategi untuk kembali menarik pelanggan hal penting lainnya ialah mengelola keuangan usaha Anda dengan baik.

Anda bisa menggunakan aplikasi kasir untuk membantu mengelola usaha Anda lebih mudah. Aplikasi kasir membantu Anda mengelola keuangan lebih praktis mulai dari pencatatan keuangan penjualan hingga perhitungan laba.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.