RZF Software | Professional Application Developer

Awas Bisnis Rugi! Begini Cara Ketahui Trend Produk di Pasar

Oleh: Admin | 18 April 2022 - 07:15 WIB
Awas Bisnis Rugi! Begini Cara Ketahui Trend Produk di Pasar

Semua pebisnis sudah pasti menginginkan produk yang mereka jual terus laku dipasaran. Nah, kalau kamu mengidamkan hal yang serupa, salah satu cara yang perlu kamu lakukan ialah menjual atau memproduksi barang yang trend di pasar.

Mengapa demikian? Karena dengan menjual poduk yang banyak diincar dipasar, kamu tidak hanya akan menarik kembali minat pelanggan lama saja, tetapi kamu juga akan menjangkau pembeli-pembeli baru karena produk yang kamu tawarkan adalah produk yang sedang trend.

Nah, untuk itu kamu perlu mencari tahu produk apa saja yang sedang trend di pasar. Pertanyaannya bagaimana cara mencari tahu produk yang sedang trend di pasar dengan tepat? Yuk, coba simak 5 cara cari produk yang trend di pasar berikut!

1. Gunakan Google Trends

Kamu pasti sudah tidak asing mendengar istilah google trend kan?Nah, kamu bisa memanfaatkan Google Trend untuk mencari tahu produk terlaris di pasar. Cara ini cukup mudah kamu hanya tinggal memasukan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan produk yang ingin kamu cari.

Secara detail Google trend akan menampilkan hasil pencarian kata kuncimu yang menunjukan data minat masyarakat akan suatu produk dalam bentu grafik yang bisa kamu atur jangka waktunya ataupun lihat dari segi geografisnya.

2. Cari Tahu Produk Terlaris di Marketplace

Selanjutnya kamu juga bisa mencari produk-produk terlaris dimaketplace. Sebagai tempat jual beli barang yang banyak digunakan saat ini di ranah online. Marketpalce bisa jadi tempat untuk kamu mencari tahu produk apa yang dengan populer dan banyak diminati oleh masyarakat untuk dibeli.

Menyesuaikan dengan marketplace masing-masing, pada umumnya kamu bisa mencari kategori produk terlaris ataupun melihat rangking penjualan produk dalam jangka waktu tertentu untuk melihat trend yang sedang ada di pasar.

3. Amati Performa Kompetitor

Kamu bisa mulai mengamati performa kompetitor yang menjual jenis produk yang sama. Pada dasarnya persaingan sudah menjadi musuh nyata di dalam perjalanan bisnis dan juga perusahaan Anda. Bahkan persaingan itu tidak melulu berasal dari satu dua kompetitor saja, namun bisa dari banyak perusahaan karena ide bisnis yang ditawarkan memiliki kemajuan.

Nah, untuk mengatasi solusi permasalahan ini adalah dengan selalu memperhatikan perkembangan serta strategi apa yang pesaing Anda terapkan. Melalui cara ini, maka Anda akan semakin mudah untuk mengatasi larinya semua konsumen ke perusahaan mereka.

Namun ingat, dalam memperhatikan dan mengamati performa kompetitor ini tetap harus dilakukan secara sehat.

4. Manfaatkan Media Sosial

Selanjutnya kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mencari tahu produk apa yang tengah digandrungi oleh masyarakat. Kenapa dengan media sosial? Karena seperti yang kita tahu media sosial saat ini bisa menjadi tempat untuk menemukan banyak informasi dengan mudah.

5.Berkomunikasi dengan Konsumen

Cobalah untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang sering atau pernah berbelanja ditempatmu. Baik dengan cara membuat kuesioner yang dibagikan melalui media sosial, misalnya dengan membuat Q&A atau mengadakan game yang dapat direspon oleh followersmu, atau berinteraksi secara langsung. Kamu bisa menanyakan produk seperti apa yang sedang diminati oleh mereka.

Dengan cara ini, kamu dapat menyesuaikan secara terfokus, apa yang ditawarkan toko dengan apa yang konsumenmu sedang butuhkan atau inginkan.

6. Analisis dari Penjualan Bisnis

Terakhir kamu bisa analisis produk yang banyak diminati oleh pelanggan dari penjualan bisnis kamu loh! Untuk mempermudah kamu dalam melakukan analisis trend produk pada penjualan bisnis kamu, RZF dapat menjadi solusi bagi bisnis kamu.

Aplikasi kasir RZF menyediakan fitur laporan prestasi produk yang dapat membantu kamu dengan mudah menentukan produk terlaris kamu di bulan bahkan di hari ini. Sehingga, hal ini bisa menadi acuan bagi kamu dalam menyediakan persediaan barang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Demikian 6 tips dalam mencari tahu trend produk yang bisa kamu tiru. Mengetahui trend produk memang sangat penting dilakukan. Karena hal tersebut bisa membantu kamu dalam mendongkrak penjualan bisnis.

Dengan kamu menjual produk yang populer, kamu akan semakin mudah untuk menarik pelanggan baru. Selain hal penting diatas, perlu kamu ingat pengelolaan keuangan bisnis juga sangat penting dilakukan agar bisnis yang kamu jalani memiliki kondisi keuangan yang baik.

Kamu bisa mulai melakukan pengelolaan keuangan dengan menggunakan aplikasi kasir, yang akan membantu kamu dalam memperhitungkan laba rugi bisnis dan laporan keuangan bisnis lainnya.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.