RZF Software | Professional Application Developer

Apa Itu Blue Ocean Strategy? dan Bagaimana Penerapannya

Oleh: Admin | 19 Januari 2022 - 08:00 WIB
Apa Itu Blue Ocean Strategy? dan Bagaimana Penerapannya

Pernahkah Anda mendengar istilah blue ocean strategi? Blue ocean strategy atau strategi samudra biru adalah upaya yang dilakukan oleh sebuah bisnis untuk keluar dari persaingan bisnis yang sangat ketat, dengan cara menciptakan ruang pasar baru yang didalamnya tidak ada pesaingnnya.

Blue ocean strategy lebih mengacu pada pemikiran yang yang kompetitif, dimana dari pada harus berebut pelanggan dengan satu produk yang sama, akan lebih baik jika menciptakan produk baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Dalam buku klasik Blue Ocean Strategy, Chan Kim & Renee Mauborgne menciptakan istilah lautan merah atau 'red ocean' dan lautan biru 'blue ocean' untuk menggambarkan alam semesta pasar.

Blue ocean satretgi ini sangat menguntungkan bagi setiap perusahaan. Sebab, segala bentuk konsep marketing communication ditentukan sendiri. Misalnya, dengan memberikan inovasi produk hingga memberikan after sales. Selain itu, strategi ini juga dapat meningkatkan penjualan bisnis.

Contoh Bisnis yang Sukses Menerapkan Blue Ocean Strtegy

1. Gojek

Salah satu contoh perusahan yang berhasil menerapkan blue ocean strategi yang pertama adalah Gojek. Siapa yang tidak kenal dengan bisnis yang satu ini, tidak dapat dipungkiri bahwa usaha gojek yang didirikan oleh Nadiem Makarim menjadi pelopor transportasi online.

Pada dasarnya Gojek berhasil menerapkan blue ocean strategy, dengan memanfaatkan teknologi yang ada Gojek hadir dengan kemasan kekinian dan lebih mudah karena menggunakan aplikasi online dalam pengaplikasiannya. Sehingga, saat ini Gojek tetap memimpin persaingan transportasi online sekalipun telah hadir pesaing lain.

2. Yamaha Mio

Perusahaan Yamaha memang telah lama dikenal dengan beberapa produk keunggulan seperti sepeda motor yang cukup banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat. Yamaha tetap konsisten dengan tidak meluncurkan produk mobil seperti yang dilakukan perusahaan otomotif lainnya. 

Ketika pasar motor kian merebak, Yamaha meluncurkan produk sepeda motor mio yang memakai tranmisi matic sehingga suskes besar dipasaran. Meskipun banyak perusahaan lain yang meluncurkan produk yang sama. Namun, Yamaha hingga saat ini masih bertahan dipasaran.

Kelebihan Blue Ocean Strategy
Blue ocean strategy ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang diantaranya sebagai berikut:

Kelebihan
1. Mampu meningkatkan kualitas produksi perusahaan
2. Ketika menerapkan harga jual tidak terpengaruh oleh kompetitor atau pesaing lain.
3. Perusahaan akan tetap stabil karena kompetitor tidak mampu menyaingi bisnis Anda.
4. Target konsumen lebih baru dan lebih luas.

Kekurangan
1. Membutuhkan inventaris dan biaya yang cukup besar
2. Belum terbentuk customer base
3. Membutuhkan edukasi kepada pelanggan agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai produk yang dijual.

Bagaimana Langkah Menerapkan Blue Ocean yang Efektif dalam bisnis?

1. Analaisis Industri 
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ialah dengan melakukan analisis industri apa yang terbaru atau yang terpopuler dari produk mereka secara menyeluruh untuk mengidentifikasi tren terbaru.

2. Kenali Niche Market Anda
Selain menganlisis Industri, memahami karakteristik pasar juga merupakan faktor keberhasilan yang penting untuk strategi bisnis ini. Karena, sangat memungkinkan jika target pasar merupakan konsumen yang berasal dari pesaing sebelumnya.

Pada dasarnya niche market menentukan fungsional, kualitas, harga dan penampilan produk selanjutnya yang ingin Anda buat.

3. Kembangkan atau Tingkatkan Produk
Hal lainnya yang harus dilakukan untuk membuat blue ocean straetgy yang efektif adalah dengan mengembangkan atau meningkatkan produk. Terdapat beberapa fakor yang harus dikembangkan oleh pebisnis dalam melakukan pentingkatan dan pengembangan produk, seperti label harga, kualitas pelayanan dan lini produk itu sendiri.

Dengan meningkatkan kualitas produk atau layanan ini akan membantu memberikan manfaat kepada konsumen. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi pembeda dari kompetitor lain.

4. Ciptakan Inovasi
Inovasi akan menambah nilai pada produk yang Anda pasarkan, pada dasarnya kebutuhan setiap konsumen itu berbeda-beda, pelanggan baru mungkin tertarik dengan produk lamamu, tetapi pelanggan lamamu pastinya akan bosan dengan produk lama.

Seperti contoh: Banyak masyarakat yang mungkin mulai biasa dengan produk mie instan, bahkan ada diantara mereka yang mungkin berhenti mengonsumsinya, sehingga kemunculan mie lemonilo kembali menarik perhatian para penggemar mie, kerena mie lemonilo aman dimakan setiap hari dan tentunya mengandung lemak yang rendah.

Kesimpulan
Demikian penjelasan mengenai blue ocean strategi yang bisa Anda pahami dan ikuti langkah penerapannya. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal blue ocean strategy adalah sebuah strategi yang berupaya untuk keluar dari persaingan pasar yang ketat, dengan cara menciptakan ruang pasar yang baru.

Strategy blue ocean ini memiliki kelebihan dimana strategi ini mampu meningkatkan kualitas produksi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Salah satu cara menerapkan strategi ini dalam bisnis ialah dengan menciptakan inovasi bagi produk atau bisnis Anda.

Salah satu inovasi yang mungkin bisa Anda lakukan dengan bisnis Anda ialah dengan beralih ke sistem penjualan secara digital, seperti menggunakan aplikasi kasir

Aplikasi kasir dapat membantu Anda untuk melakukan perhitungan laporan keuangan secara otomatis, selain itu aplikasi kasir juga membantu Anda mengelola stok barang menjadi lebih mudah.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.