RZF Software | Professional Application Developer

Apa Itu Consumer Insight? Kenapa Penting Untuk Bisnis

Oleh: Admin | 11 Desember 2021 - 09:00 WIB
Apa Itu Consumer Insight? Kenapa Penting Untuk Bisnis

Istilah Consumer Insight ini memang belum banyak dikenal. Namun, keberadaan consumer insight merupakan salah satu konsep marketing yang berkaitan dengan upaya memperbanyak penjualan barang dan jasa.

Saat ini permasalah konsumen yang banyak dialami oleh sebagian perusahaan, oleh karen itu aspek konsumen ini sudah cukup kompelk permasalahannya, sehingga memerlukan adanya bagaian khusus untuk menelaah yakni dengan consumer insight.

Lalu apa itu Consumer Insight?

Consumer Insight merupakan kemampuan perusahaan dalam mempelajari dan memahami kebutuhan pelanggan. Adapun menurut istilah consumer insight adalah suatu wawasan atau pengetahuan yang lengkap tentang konsumen.

Consumer insight bisa membantu Anda untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan atau target market bisnis Anda. Selain itu, tujuan consumer insight juga dapat menjual sebuah brand dengan lebih mudah, dimana brand tersebut akan memenuhi insight dari konsumen

Hal ini dapat dikatakan bahwa suatu perusahaan sangat memerlukan consumer insight dalam memahami hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya.

Tujuan Consumer Insight

Consumer insight memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan suatu brand secara cepat dan mudah. Namun, dengan catatan brand tersebut harus mampu memenuhi insight dari koensumen dengan menyediakan penawaran nilai atau keuntungan.

Singkatnya, perusahaan disarankan untuk mendengarkan dan memperhatikan apa yang benar-benar konsumen butuhkan dan inginkan dengan tujuan hal ini bisa menjadi nilai kepuasan consumer.

Apa saja komponen dasar consumer insight

Dalam consumer insight terdapat 5 komponen meliputi pengumpulan data, analisis data, optimalisasi. Manajemen kampanye dan personalisasi. Dengan mengetahui komponen tersebut maka perusahaan dapat mengetahui pelanggan mana yang harsu di hubungi, dan bagaimana berkomunikasi dengan mereka. Komponen tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Pengumpulan Data
Komponen yang pertama adalah pengumpulan data, yang dimaskud dengan pengumpulan data disini ialah data tentang keinginan konsumen atau pelanggan dari suatu produk atau layanan yang dipasarkan.

2. Analisis Data
Setelah pengumpulan data dilakukan, kemudian analisis data yang telah dikumpulkan. Analisis data ini bertujuan untuk mengetahui apa yang paling banyak diinginkan oleh konsuemn atau pelanggan.

3. Optimalisasi
Optimalisasikan data yang telah dianalisis sebelumnya, optimalisasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai langkah atau tindakan apa yang akan di ambil untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.

4. Manajemen Kampanye
Manajemen kampanye ini bisa dikatakan juga sebagai proses pengiklanan atau promosi perusahaan untuk kebutuhan pelanggan atau konsumen, kampanye ini haruslah berisi hal-hal yang berkaitan dengan insight konsumen terhadap layanan atau produk yang dipasarkan.

5. Personalisasi 
Personalisasi merupakan komponen yang terakhir dalam consumer insight. Personalisasi adalah proses memodifikasi atau membuat sesuatu yang menjadi ciri dari sebuah perusahaan.

Manfaat Consumer Insight

Adapun manfaat consumer insight sebagai berikut:
1. Meningkatkan jumlah pelanggan
2. Meningkatkan pendapatan per pelanggan
3. Menekan biaya akuisi pelanggan, layanan dan administrasi dengan proses efisiensi
4. Memperpanjang hubungan dengan pelanggan

Kesimpulan

Mungkin beberapa diantara kalian ada yang sudah mengenal apa itu consumer insight, diatas sudah dijelaskan secara singkat tentang pengertian consumer insight, tujuan, komponen dasar dan manfaatnya. Sehingga dapat diketahui apa pentingnya consumer insight bagi keberlangsungan bisnis yang dijalankan.

Anda bisa menerapkan consumer insight ini pada bisnis yang Anda jalankan, agar bisnis semakin banyak dikenal oleh konsumen lain. Selain itu, penting juga bagi anda mengelola keuangan dengan menggunakan aplikasi kasir.

Aplikasi kasir juga membantu Anda dalam mengetahui laporan keuangan bisnis Anda, mulai dari laporan neraca, lapoaran laba rugi, hingga laporan arus kas. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pencatatan secara manual. 

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.