RZF Software | Professional Application Developer

Agar Bisnis Cepat Berkembang, Perhatikan 7 Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kecil

Oleh: | 12 Februari 2022 - 07:00 WIB
Agar Bisnis Cepat Berkembang, Perhatikan 7 Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kecil

Dalam Menjalankan bisnis apapun, mengelola keuangan sudah seharusnya menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting, kenapa? Karena pada dasarnya, setiap bisnis perlu mengetahui dan memperhatikan kondisi keuangan usaha yang mereka jalankan.

Dengan memperhatikan keuangan usaha Anda akan lebih mudah melakukan perncanaan dan strategi untuk usaha Anda. Maka menngatur keuangan usaha sangat penting dilakukan.

Artikel ini akan, akan membahas bagaimana cara mudah mengatur keuangan usaha kecil Anda.

1. Buat Rencana Pengembangan Bisnis

Mestinya Anda menginginkan bagaimana bisnis kecil Anda tertap berthan dan akan terus berkembang bukan? Maka, Anda perlu membuat perencanaan untuk bisnis Anda selama satu tahun ke depan.

Sudah sepatutnya bisnis apapun baik bisnis kecil ata bisnis besar membutuhkan perencanaan yang matang. Dengan perencanaan tesebut kamu akan semkin memiliki tanggung jawab yang penuh terhadap bisnis yang dijalankan.

2. Menyusun Rencana Pendapatan dan Pengeluaran

Setelah bisnis Anda memiliki target yang jelas, maka selanjutnya ialah menyusun rencana pendapatan dan pengeluaran yang Anda perlukan dalam mencapai target yang telah ditentukan.

Misalnya, dengan membuat rencana target penjualan perbulann, dan strategi apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan, hingga berapa biaya yang dibutuhkan.

3. Membuat Catatan Arus Kas

Hal yang tidak boleh Anda abaikan ialah mencatat arus kas entah itu, pengelujaran ataupun pendapatan. Catatan arus kas sebgaai sumber informasi utama tentang pengeluaran hingga pendapatan usaha Anda. Dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda secara akurat dan terstruktur. Anda akan dengan mudah mengetahui laba rugi dari bisnis Anda.

4. Memsiahkan Dana Pribadi dengan Dana Usaha

Hal yang sering kali dianggap spele ialah,  memisahkan dan pribad dengan dan usaha. Padahal dengan menggabungkan keuangan usaha dan pribadi sangat tidak disarankan. Karena akan membuat bisnis atau pemilik menjadi tanggungan yang memberikan salah satu entitas.

5. Berinvestasi Pada Pengembangan Bisnis

Berinvestasi tidak selalu harus pada bisnis dengan skala besar saja, pada kenyataannya bisnis skala kecil juga perlu berinvetasi agar bisnis yang dijalankan bisa berkembang. Misalnya, dengan mengubah tokomu menjadi lebih modern, atau beralih ke sistem penjualan yang serba otomatis.

Hal tersebut juga akan menambah nilai lebih pada pelanggan, sehingga mereka akan dengan suka rela berkunjung ke toko Anda. Bukan berarti usaha kecil tidak akan menemui pembelli, namun mengingat saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih berbelanja di toko yang lebih modern.

6. Siapkan Dana Darurat

Setelah menyusun anggaran dan mencatat arus kas usaha, selanjutnya sisihkan dana darurat sebagai simpanan jika suatu saat Anda membutuhkan bantuan untuk bisnis Anda.

Sebaiknya dana darurat ini dipersiapkan sejak awal sebelum Anda memulai usaha, Anda juga harus menggunakan dana ini sebijak mungkin.

7. Memanfaatkan Teknologi

Teknologi yang semakin berkembang tidak hanya menawarkan elektronik yang serba canggih saja, namun teknologi juga bisa mempermudah pekerjaan manusia, terutama dalam bisnis. Misalnya dengan memanfaatkan sistem aplikasi kasir akan mempermudah Anda dalam mengelola keuangan, penjualan hingga laporan keuangan bisnis Anda.

Demikian cara mengatur keuangan usaha kecil yang bisa Anda terapkan dalam bisnis yang Anda jalankan. Mengelola keuangan memang bukan hal yang mudah, kenyataannya masih banyak para pelaku usaha yang mengabaikan hal ini karena kegiatannya diangap menguras banyak waktu, terlebih jika pengelolaannya masih menggunakan cara manual.

Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi menjadi solusi yang paling tepat dalam pengelolaan bisnis di masa kini. Misalnya dengan menggunakan aplikasi kasir.

Aplikasi kasir akan membantu Anda dalam mengelola penjualan hingga perhitungan stok barang menjadi lebih mudah.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.