RZF Software | Professional Application Developer

After Sales Service: Pengertian, Jenis dan Pengaruhnya dalam Bisnis

Oleh: Admin | 13 Januari 2022 - 07:45 WIB
After Sales Service: Pengertian, Jenis dan Pengaruhnya dalam Bisnis

Setiap pelaku bisnis berkewajiban untuk menjaga bisnisnya agar tetap berjalan lancar, khususnya di era teknologi yang semakin berkembang pesat ini. Maka dalam pendukungannya perusahaan perlu memperhatikan layanan after sales dengan kualitas baik.

Pada dasarnya, after sales service lebih sering dijadikan pilihan daripada cara yang lain? Padahal cara ini tidak langsung menjaga hubungan yang baik dengan penjual maupun dengan pembeli. Namun, meskipun begitu cara ini memiliki peranan yang baik dalam membentuk keberlangsungan hubungan bisnis.

After sales service yang nantinya merupakan layanan pendukung yang bertujuan untuk memastikan produk ataupun jasa dapat bekerja dengan baik dan minim risiko.

Pengertian After Sales Service

After sales service adalah upaya untuk memastikan pihak pembeli sudah merasa puas dengan layanan atau produk yang dijual oleh perusahaan.

Adanya layanan after sales yang dilakukan oleh sebuah perusahaan agar pihak pembeli merasa puas dan secara tidak langsung pelanggan akan rela merekomendasikan produk atau layanan perusahaan kepada orang lain.

Meskipun layanan after sales ini tidak akan mempengaruhi tingkat penjualan secara signifikan, tetapi penjual sudah seharusnya memberikan rasa puas pada pembeli. Karena hal ini akan menciptakan hubungan yang baik antara pihak penjual dengan pihak pembeli.

Pengertian After Sales Service Menurut Beberapa Ahli

1. Tjitono 
Tjitono menjelaskan bahwa after sales adalah suatu layanan yang disediakan oleh pihak produsen kepada konsumen pasca konsumen membeli atau menggunakan produk dari perusahaan tersebut.

2. Kolter dan Armstrong
Kolter dan Armstrong berpendapat bahwa after sales dalah suatu layanan yang disediakan oleh produsen untuk konsumen yang membeli produk dari perusahaan tersebut.

Jenis Layanan After Sales

Dalam dunia pelayanan internet, provider biasanya memberikan after sales service dalam beberapa jenis. Pelayanan tersebut secara garis besar bisa berupa maintenance, customer service, hingga jenis penanganan lain, yang diantaranya sebagai berikut:

  • Technical Support/Help Desk

Pada jenis after sales ini peusahaan akan memfasilitasi perusahaan konsumen dengan berbagai peranti dalam penggunaannya. Contohnya adalah software yang digunakan, instalasi, perangkat keras (hardware) seperti PC, kabel, dan peranti lainnya yang berbentuk fisik dalam menunjang kinerja sebuah produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan internet.

  • Automated Customer Service

After sales service jenis ini lebih menitikberatkan pada pelayanan konsumen selama 7 hari 24 jam, Perusahan provider internet, yang menarwarkan layanan after sales service.

  • Support Automation

Support automation merupakan layanan after sales lanjutan dari layanan sebelumnya, dimana dalam layanan ini sebuah perusahaan akan didukung atau menyediakan teknisi untuk mencegah, menangani dan memberikan solusi terhadap kerusakan yang dialami oleh konsumen. Layanan seperti ini biasanya yang paling banyak diminati oleh banyak konsumen.

Pengaruh After Sales Service Terhadap Bisnis

1. Menciptakan Loyalitas
Hal yang menguntungkan pertama dari layanan after sales ini ialah dapat menciptakan loyalitas konsumen. Karena di zaman digital ini persaingan amat sangat ketat, sehingga sulit untuk membuat konsumen loyal terhadap satu produk atau layanan. Maka dengan adanya layanan after sales ini akan membantu perusahaan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.

2. Meningkatkan Penjualan
After sales juga memiliki peran dalam membantu sebuah perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Hal ini bisa diukur lewat bagaimana proses tersebut mempengaruhi pembeli untuk melakukan strategi pemasaran. 

3. Mendorong Perbaikan Produk
After sales tidak hanya membantu meningkatkan penjualan saja, akan tetapi juga akan membantu mendorong perbaikan poduk. Dengan after sales servie, Anda dapat meminta para konsumen untuk melakukan review pembelian secara apa adanya. Review tersebut dapat mengambarkan kelebihan dan kekurangan dari produk Anda.

Sehingga, hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas produk yang Anda miliki ke depannya.

4. Diferensasi Produk
Diferensasi yang dimaksud ialah dengan after sales service mampu memberikan perbedaan terhadap produk dan layanan yang Anda jual, dan cara ini terbukti ampuh untuk meningkatkan suatu persaingan bisnis.

Sehingga, saat pasar sudah diisi oleh produk yang sama, maka tidak ada cara lain yang lebih baik kecuali memperbaiki kekurangan yang dihasilkan oleh kompetitor.

Kesimpulan
After sales service merupakan suatu layanan yang disediakan oleh pihak produsen kepada konsumen yang telah menggunakan atau membeli produk dari perusahaan tersebut, atau after sales lebih mengacu pada bebagai upaya untuk memastikan pihak pembeli sudah merasa puas dengan layanan atau produk yang dijual oleh perusahaan tertentu.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa layanan after sales ini berperan penting bagi keberlangsungan perusahaan, karena keberadaanya mampu menciptakan loyalitas pelanggan dan juga membantu meningkatkan penjualan.

Selain after sales, penting Anda ketahui juga bahwa memberikan pelayanan yang baik juga akan membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan. Seperti memberikan pelayanan pada saat proses transaksi agar lebih cepat dalam proses jual beli, salah satunya dengan menggunakan aplikasi kasir.

Aplikasi kasir juga akan membantu Anda dalam mengelola keuangan menjadi lebih mudah, seperti perhitungan laporan laba rugi, arus kas, dan laporan liannya.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.