RZF Software | Professional Application Developer

Mengulik 5 Strategi Bisnis dari Pemilik Kopi Kenangan

Oleh: Admin | 26 Februari 2022 - 07:30 WIB
Mengulik 5 Strategi Bisnis dari Pemilik Kopi Kenangan

Akhir-akhir ini bisnis kopi tengah digandrungi oleh masyarakat indonesia, lantaran hal ini ditandai dengan banyaknya masyarakat yang memulai bisnis coffee shop. Selain itu, dikabarkan bsinis coffee juga memilik banyak prospek yang menjanjikan mulai dari remaja hingga orang tua.

Sehingga tak heran jika saat ini banyak para pebisnis coffee yang semakin bermunculan. Namun, dibalik kesuksesan sebuah usaha kopi ternyata terdapat strategi branding yang kuat. Sebut saja salah satu contohnya “Kopi Kenangan”.

Kopi kenangan berhasil memenuhi persaingan pasar, dimana salah satu bisnis ini memiliki branding yang kuat dan sudah memiliki hampir 200 gerai kopi.

Nah, penasarankan gimana strategi bisnis pemilik kopi kenangan ini?

Artikel ini akan mengulik strategi dari sang pemilik kopi kenangan yaitu, Edward Tirtanata. Berikut beberapa diantaranya:

1. Nama yang simpel dan unik

Salah satu strategi yang diterapkan oelah pemilik kopi kenangan ini ialah pemilihan nama. Siapa bilang nama tidak memiliki pengaruh? Menurut Edward selaku pemilik bisnis Kopi Kenangan ini memilih nama yang simple dan unik akan membantu brand mudah diingat oleh masyarakat.

Sehingga ia memilih kata yang umum digunakan oleh masyarakat serta memiliki makna yang kedekatan “Kenangan”. Pemilihan nama tersebut memberikan kesan familiar dan tentu mudah melekat diingatan masyarakat.

Nah, disinilah kita tahu bahwa pemilihan nama untuk bisnis sangat penting, dan berpengaruh pada keberhasilan suatu produk.

2. Konsisten dengan kualitas produk

Berbicara soal kualitas produk, kopi kenangan memiliki kulalitas produk yang tidak diragukan lagi. Karena selain mengahadirkan mesin pearcik kopi yang modern, kopi kenangan juga memberikan pelatihan khusus kepada seluruh barista yang baru berupa training

Sebelum barista terjun langsung menyajikan kopi untuk pelanggan mereka di beri pelatihan terlebih dahulu, agar tidak akan kesulitan dalam mengoprasikan mesin yang digunakan kopi kenangan.

3. Menerapkan harga dengan mementingkan konsumen

Selain memiliki rasa kopi yang ciri khas, kopi kenangan juga terkenal dengan harga yang relatif lebih murah. Karena kopi kenangan membidik kalangan masyarakat menengah sebagai target utama, sehingga hal ini yang membuat kopi kenangan memiliki banyak peminat.

Selain itu, kopi kenangan juga menerapkan produksi untuk mass market sehingga harga produk disesuaikan dengan standar yang berlaku bagi masyarakat luas, bukan uuntuk golongan tertentu saja.

Hal ini lah yang membuat kopi kenangan selalu memiliki banyak peminat dan penggemar dari semua kalangan, apapun produk yang diluncurkannya selalu banyak menarik perhatian pelanggan. Penerapan harga ini tidak hanya diterapkan pada kopi kenangan saja, akan tetapi pada bisnis cabang lainnya.

4. Berinovasi dengan produk

Selain memasang harga yang relatif murah, Kopi Kenangan juga melakukan inovasi produk sebagai strategi bisnisnya. Bisnis kopi yang satu ini terus menerus hadir dengan berbagai inovasi yang selalu berhasil menarik konsumen. Seperti dengan meluncurkan seri minuman baru

Selain produk minuman kopi kenangan juga ternyata berinovasi pada produk makanan. Melalui Kenangan Group meluncurkan Cerita Roti yang menawarkan produk camilan pendamping kopi, dan pada awal 2021, Kenangan Group kembali meluncurkan produk makanan baru, yaitu chigo.

5. Memanfaatkan kecanggihan teknologi

Selain ke 4 strategi diatas, ternyata Kopi Kenangan juga memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memberikan layanan kepada para pelanggannya dengan mengembangkan mobile apps untuk mempermudah pemesanan.

Dengan memanfaatkan teknologi, tentunya akan mempermudah mengetahui apa yang menjadi minat pelanggan, sehingga Anda bisa dengan mudah untuk melakukan inovasi, memberikan promo dan loyalty kepada pelanggan.

Kecanggihan teknologi menjadikan pengelolaan usaha menjadi lebih mudah, bisnis apapun saat ini bisa melibatkan teknologi dalam pengembangannya. Nah, Anda bisa meniru strategi yang satu ini dengan mulai memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usaha.

Demikian cara sukses yang dibagikan oleh Edward dan James dalam mengembangkan bisnis Kopi Kenangan. Dari ke lima strategi tersebut dapat kita simpulkan bahwa Kopi Kenangan selalu menutamakan inovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Sehingga tidak heran Kopi Kenangan saat ini merupakan salah satu bisnis yang mampu memenangkan persaingan pasar.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.