RZF Software | Professional Application Developer

9 Langkah Sukses dalam Menjalankan Bisnis Bakery

Oleh: Admin | 22 Maret 2022 - 07:00 WIB
9 Langkah Sukses dalam Menjalankan Bisnis Bakery

Taukah bisnis bakery merupakan salah satu bisnis yang hanya membutuhkan modal sedikit namun dapat memberikan hasil yang menggiurkan. Kenapa demikian? Karena mengingat setiap bahan baku yang melimpah, menjadi minat masyarakat akan makan yang satu ini, sehingga permintaan akan bisnis bakery ini terus mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan banyak para pelaku usaha bakery yang menawarkan banyak varian roti yang menjadi favorit banyak orang.

Sehingga tidak heran saat ini bisnis bakery semakin berkembang dan semakin menemui banyak pesaing. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk memulai usaha toko bakery, ada baiknya Anda simak terlebih dahulu artikel berikut tentang langkah-langkah yang harus Anda perhatikan dalam memulai atau menjalankan bisnis bakery.

1. Miliki Tujuan yang Jelas

Dalam menjalankan bisnis apapun sepatutnya Anda harus memiliki tujuan yang jelas. Pastikan Anda memiliki visi serta misi yang jelas sehingga usaha yang akan Anda bangun dapat dengan mudah Anda jalankan. Dengan memiliki tujuan yang jelas setidaknya kamu memiliki gambaran dan memiliki gambaran untuk langkah apa yang ingin Anda mulai dalam membangun usaha bakery.

2. Fokus Terhadap Value Bisnis

Selain harus memilki tujuan yang jelas, Anda juga harus fokus terhadap nilai bakery yang telah Anda produksi. Hal ini membantu Anda meningkatkan kualitas dari bakery yang diproduksi.

3. Bangun Konsep Toko yang Menarik

Memiliki toko yang menarik bisa menciptakan kenyaman untuk pelanggan loh! Terlebih pada usaha yang berjenis makanan, hal ini akan sangat berpengaruh. Apabila toko tersebut memiliki desain interior yang indah, maka akan banyak customer yang berdatangan untuk menikmati bakery Anda. Oleh karena itu, buatlah konsep toko yang menarik dan unik dengan mengusung konsep yang aestetik.

4. Atur Susunan Tata Letak Produk

Penataan produk bakery juga akan sangat menjadi pusat perhatian pelanggan kamu yang berkunjung ke toko bakery kamu loh! Dalam hal in Anda harus kreatif dalam menyusun tata letak produk tersebut. Tak hanya itu, bakery yang dipesan oleh pelanggan Anda juga harus dipacking dengan baik dan unik.

5. Maksimalkan Pemasaran

Pemasaran menjadi salah satu yang penting dalam bisnis apapun karena pemasaran merupakan ujung tombak yang akan menentukan apakah bisnis berjalan baik atau justru tidak, maka dalam hal ini kamu perlu kembali memaksimalkan pemasaran.

Anda juga bisa melakukan pemasaran produk Anda secara online melalui media sosial, karena saat ini hampir semua masyarakat sudah mengenal bahkan memiliki akun media sosial.

6. Jaga Kualitas Produk

Selain pemasaran, hal lain yang tidak kalah penting ialah kualitas produk. Memiliki produk bakery yang baik kemungkinan produk bakery Anda akan terus memiliki pelanggan setia. Terlebih soal cita rasa dari produk bakery yang Anda buat. Maka, Anda pelru menjaga kualitas produk bakery Anda.

7. Berikan Promo yang Menggiurkan

Sesekali Anda juga harus memberikan promo yang bisa menarik perhatian dari pelanggan Anda, karena hampir kebanyakan dari pelanggan tertarik dengan promo yang Anda adakan. Anda bisa memberikan beragam promo yang menarik. Misalnya, buy 1 get 1, potongan harga, diskon untuk setiap produk tertentu dari bakery Anda, atau Anda juga bisa mengadakan promo-promo saat perayaan tertentu.

8. Permudah Opsi Pembayaran

Dengan menyediakan sistem pembayaran yang bervariasi tentunya akan mempermudah para customer dalam membayar bakery yang dipesannya. Anda jangan hanya menyajikan dalam bentuk tunai, namun bisa menggunakan fitur lain seperti transfer, penggunaan kartu debit, bahkan kartu kredit.

9. Menerapkan Sistem Kasir

Diera digital seperti saat ini, menerapkan sistem kasir pada usaha toko sudah bukan sebuah keharusan saja, akan tetapi berubah menjadi sebuah kebutuhan. Maka sebagai bisnis kekinian, Anda sebaiknya memiliki sistem kasir yang modern dan berteknologi canggih.

Demikian langkah-langkah yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis bakery. Menjalankan bisnis bakery memang bukan hal yang mudah, namun 9 kiat diatas bisa menjadi acuan untuk Anda tiru dalam menjalankan bisnis bakery.

Seperti yang sudah disinggung pada poin diatas, diera digital seperti sekarang memanfaatkan teknologi menjadi sebuah keharusan. Salah satunya penggunaan sistem aplikasi kasir.

Aplikasi kasir membantu mengelola keuangan usaha Anda lebih mudah, seperti membantu perhitungan laporan penjualan, pengeluran dan laporan laba rugi.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.