RZF Software | Professional Application Developer

7 Tips Meningkatkan Penjualan Tanpa Harus Menurunkan Harga Jual

Oleh: Admin | 04 Desember 2021 - 06:45 WIB
7 Tips Meningkatkan Penjualan Tanpa Harus Menurunkan Harga Jual

Menjalankan sebuah bisnis memang bukan hal yang mudah. Sudah menjadi resiko setiap pebisnis akan selalu mengalami perubahan naik turun dari suatu penjualan, apalagi di masa yang serba tidak menentu seperti ini.

Maka dari itu, sebagai pebisnis Anda perlu berpikir keras dan berpikir cerdas, agar bisnis yang dijalankan akan terus berjalan dengan baik. Namun, sering kali pebisnis melakukan kesalahan saat bisnis mereka menglami penurunan yaitu dengan menurunkan harga produk. Padahal banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat roda pergerakan penjualan usahamu tetap berjalan baik.

Lalu bagaimana cara meningkatan penjualan tanpa harus menurunkan harga jual? Temukan jawabannya pada artikel ini!

7 Tips Meningkatkan Penjualan Tanpa Harus menurunkan Harga Jual

1. Evaluasi dan Analisa Trend Pasar
Melakuakan evaluasi terhadap trend pasar yang saat ini sedang trend atau viral adalah salah satu kiat untuk membangkitkan kembali penjualan. Karena dengan data yang didapat dari hasil analisa, Anda bisa mengetahui produk apa yang saat ini sedang laku di kalangan konsumen.

Nah, dari hasil analisa itu lah yang nantinya akan menjadi pertimbangan Anda untuk melakukan inovasi baru dalam meningkatkan kualitas produk atau strategi penjualan.

Baca juga: 6 Tips meningkatkan Omset Penjualan Usaha Anda.

2. Buat Program Resseler
Dengan mengadakan program resseler juga salah satu cara untuk meningkatkan penjualan bisnismu. Misalnya dengan membuat program resseler dengan ketentuan atau syarat yang ada seperti memberi keuntungan untuk resseler berapa persen.

Kenyataan dizaman seperti ini banyak masyarakat yang mendukung program resseler bahkan, tidak sedikit dari mereka yang terjun menjadi resseler dari bisnis tertentu.

3. Buat Program Flash Sale
Siapa yang tidak tergiur dengan diskon atau promo? umumnya hampir semua orang suka dengan diskon. Untuk itu dengan mengadakan flash sale ini akan menarik perhatian pelanggan atau konsumen.

Pada dasarnya program flash sale merupakan strategi yang selalu digunakan diwaktu-waktu tertentu seperti tahun baru atau lebaran. Tetapi, banyak pula diantara pebisnis lain yang membuat program flash sale ini di luar hari besar.

Misalnya, program flash sale awal pergantian bulan atau momen tanggal tua agar orang bisa merasa lebih hemat saat berbelanja.

4. Adakan Give Away
Selain flash sale, give away juga merupakan salah satu cara yang paling jitu untuk membuat bisnis Anda semakin dikenal masyarakat luas.

Nah, Anda bisa mengadakan give away dengan memberi hadiah berupa produk Anda dengan beberapa ketentuan atau syarata yang Anda berikuan seperti wajib mem-follow semua akun media sosial toko Anda. 

5. Adakan Promo Paket Bundling
Selanjutnya, cara untuk meningkatkan penjualan ialah dengan menggunakan strategi bundling. Strategi bundling ini sudah saya bahas diartikel minggu lalu, yaitu dengan cara melakukan mix and match antara barang-barang yang paling laris dengan beberapa produk yang jarang laku.

Keuntungannya selain meningkatkan penjualan bisnis Anda, strategi ini juga akan memanfaatkan stok barang lama yang masih tersisa.

Baca juga: Bundling Strategi: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya untuk Bisnis.

6. Luncurkan Produk Baru
Dengan meluncurkan produk atau varian baru juga bisa menarik perhatian pelanggan lama dan menarik minat pelanggan baru. Anda bisa melakukan promosi launching produk baru tersebut melalui program buy 1 get 1 dengan ketentuan membeli 1 produk baru dan kemudian akan mendapatkan 1 produk lama.

7. Meningkatkan Kualitas Pelayanan
Suatu penjualan yang menurun bisa dikatakan karena kualitas layanan yang kurang maksimal sehingga hal tersebut akan berdampak pada kepuasan pelanggan. Oleh karna itu, Anda harus meemastikan setiap pelanggan yang membeli produka tau menggunakan jasa Anda terlayani dengan sangat baik.

Sebagai seorang pebisnis yang sedang mengalami penurunan terhadap penjualannya tips diatas mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda untuk kembali meningkatkan penjualan tanpa harus menurunkan harga jual.

Pada dasarnya penurunan omset penjualan memang merupakan suatu hal yang selalu terjadi dalam setiap bisnis, dan hal ini tentu tidak bisa dihindari begitu saja. Salah satu penyebab yang seing dispelekan ialah kulaitas pelayanan yang kurang maksimal.

Padahal hal tersebuat bisa berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, lalu bagaimana cara meningkatkan kualitas pelayanan? Untuk meningkatkan kualitas layanan kasir Anda bisa menggunakan aplikasi kasir

Dengan aplikasi kasir, bisa membantu proses transaksi penjualan menjadi lebih cepat dan akurat, sehingga hal ini akan membantu menjaga kenyamanan dan kepuasan pelanggan.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.