RZF Software | Professional Application Developer

7 Tips agar Bisnis Tetap Bertahan di Tengah Persaingan

Oleh: Admin | 18 Desember 2021 - 07:45 WIB
7 Tips agar Bisnis Tetap Bertahan di Tengah Persaingan

Mempertahankan sebuah bisnis tentu memang bukan hal yang mudah memerlukan usaha yang tidak sebentar. Apalagi saat ini persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitor mulai bermunculan dimana-mana ditambah situasi yang serba tidak menentu, akan sangat sulit memepertahankan sebuah bisnis.

Lalu, bagaimana caranya agar bisnis yang dijalanakan tetap bertahan ditengah kompetotor yang semakin bermunculan? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisnis kamu terus bertahan dan untung.

1. Memiliki Perencanaan Matang

Dalam menjalankan sebuah bsinis tentunya memiliki perencanaan yang baik akan membantu bisnis Anda berjalan dengan baik. Tanpa adanya perencanaan yang baik tentunya bisnis yang Anda jalankan tidak memiliki arah yang pasti.

Sehingga, diperlukan perencanaan target yang ingin dicapai dalam jangka pendek dan panjang. Seperti merencanakan target pasar, keuangan, pemasaran, dan berbagai hal lainnya. 

2. Mempelajari Kompetitor

Setiap bisnis tentunya memiliki kompetitor, keberadaan kompetitor inilah yang perlu Anda ketahui kelemahannya. Maka dari itu, ada kalanya Anda perlu mempelajari kompetitor agar bisnis yang Anda jalankan tetap bertahan.

Anda juga bisa mulai dengan melakukan riset kompetitor sperti melihat preferensi konsumen, mencermati tren, mengetahui brand positioning bisnismu, hingga menetukan strategi pemasaran.

3. Selalu Berinovasi

Dengan inovasi membantu bisnis yang Anda jalankan untuk selalub eksis dan bertahan. Inovasi pada dasarnya tidak hanya dilakukan dalam pengembangan produk saja, namun anda juga bisa melakukan inovasi pada pelayanan, promosi dan lainnya.

4. Membangun Koneksi

Memperluas koneksi bisnis akan membantu bisnis Anda bertahan ditengah komeptior. Pada umumnya membangun koneksi tidak harus dengan pelanggan atau supplier saja, kamu bisa membangun koneksi dengan sesama pebisnis lainnya.

Memakin luas koneksi yang kamu bangun maka akan semakin mudah dan semakin banyak konsumen akan mengenal bisnis Anda, dan tentunya akan menambah peminat pembeli.

5. Mengikuti Tren atau Perkembangan Pasar

Mengikuti tren atau perkembangan pasar yang ada juga merupakan kunci penting agar bisnis yang dijalankan agar bertahan. Pada dasarnya kebutuhan konsumen dan tren akan mengalami perubahan seiring berkembangnya zaman. Maka, mau tidak mau bisnis yang dijalankan harus selalu mengikuti perkembangan yang ada,

Jika bisnis menutup diri dari perkembangan pasar kemungkinan bisnis yang dijalankan akan ketinggalan zaman dan kompetitor.

6. Membuat SOP

Standar Opersional Procedure membantu untuk memiliki standarisasi tersendiri untuk setiap kegiatan yang akan dilakukan, hal ini akan meminimalisir terjadinya kesalahan. Karyawan Anda juga akan lebih mandiri karena pada dasarnya sudah mengetahui apa yang menjadi standar pekerjaanya.

7. Pelajari Keinginan Konsumen

Selain, mengikuti tren dan perkembangan pasar, Anda juga perlu mengetahui dan mempelajari apa yang menjadi keinginan konsumen dan apa yang konsumen butuhkan. Untuk mengetahui apa keinginan konsumen Anda bisa mendengakan saran bahkan kritik dari konsumen, atau Anda juga bisa bertanya untuk mencari tahunya.

Melalui kritik dan saran tersebut Anda bisa melakukan pertimbangan bahkn perubahan terhadap bisnis yang Anda jalankan.

8. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Anda pastinya sudah tahu perkembangan teknologi dizaman sekarang sudah semakin pesat. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk mengikuti perkembangan yang ada. Misalnya perkembangan sosial media yang bisa Anda manfaatkan untuk ajang promosi.

Selain itu, media sosial juga membantu Anda untuk melakukan interaksi dengan pelanggan Anda. sehingga Anda akan lebih mudah mengetahui keinginan dan permintaan pelanggan. 

Selain media sosial, yang dilakukan sebagai ajang promosi perkembangan teknologi juga terjadi pada sistem penjualan secara digitalisasi. Anda bisa beralih ke sistem penjualan yang lebih praktis dan tentunya modern, yaitu dengan beralih ke sistem aplikasi kasir.

Aplikasi kasir juga membantu proses transaksi pembelian menjadi lebih cepat. Selain itu, aplikasi kasir membantu Anda dalam pengelolaan stok barang.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.