RZF Software | Professional Application Developer

6 Tips Membangun Merek Bisnis yang Kuat dan Efektif

Oleh: Admin | 01 Januari 2022 - 07:15 WIB
6 Tips Membangun Merek Bisnis yang Kuat dan Efektif

Dalam bisnis merek dapat dikatakan sabagai reputasi perusahaan, secara tidak langsung sebuah merek akan membangun identitas personal perusahaan Anda yang nantinya akan membedakan Anda dengan kompetitor.

Oleh karena itu, membangun merek menjadi sebuah kewajiban yang perlu dilakukan oleh perusahaan. Karena pada dasarnya jika merek sudah tertanam dibenak pelanggan, maka produk akan semakin banyak diminati oleh konsumen dan tentunya memiliki nilai lebih dimata pelanggan.

Mengapa penting membangun merek?

Membangun merek sangat penting dilakukan karena dapat membantu menggambarkan pengakuan dari konsumen. Pada dasarnya orang cendrung akan membeli dan memilih sebuah produk dari perusahaan yang mereka kenali. Jika merek Anda dapat dikenal dengan baik oleh konsumen, kemungkinan hal ini akan membantu meningatkan minat dari suatu produk atau layanan Anda.

Selain itu, dengan memiliki merek yang kuat akan membantu perusahaan Anda tetap eksis dipersaingan global dan tentu akan menjadi pembeda antara perusahaan Anda dengan kompetitor.

Namun, dalam membangun sebuah merek ada baiknya Anda memperhatikan 

1. Hindari penggunaan nama yang terlalu panjang

Untuk membangun sebuah merek yang perlu Anda perhatikan adalah menggunakan nama yang terlalu panjang. Menurut sebuah survey nama yang terlalu panjang akan mempengaruhi pengejaan mudah atau tidaknya sebuah merek disebut.

Maka dari itu, sebisa mungkin hindari penggunaan nama yang terlalu panjang, sebisa mungkin gunakan nama yang mudah diingat dan juga unik.

2. Hindari mengikuti merek atau logo produk lain
Seperti yang kita ketahui mendompleng merek atau logo dari brand lain, merupakan hal yang akan mempengaruhi perusahaan. Oleh karena itu ada baiknya membuat logo dan merek sendiri jauh lebih baik.

Bagaimana cara membangun merek?

1. Identifikasi Target Audiens 
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengidentifikasi target audiens. Target audiens biasanya berdasarkan kelompok eksternal dan internal. Semakin jelas target audiens maka semakin mudah juga membangun merek Anda. Oleh karena itu, penting mengidentifikasi target audiens menjadi lebih spesipik.

2. Tentukan nama merek/brand
Sebagai pemilik bisnis mungkin nama brand menjadi salah satu hal besar yang harus diperhatikan dalam bisnis, karena keberadaanya tentu akan mempengaruhi hal yang akan berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan. Sehingga dalam hal ini Anda perlu memilih nama brand yang menarik dan mudah diingat oleh pelanggan Anda nantinya.

3. Beri Label Produk
Setelah menentukan nama merek/brand langkah selanjutnya ialah memberikan label. Dalam memberikan label tentunya bukan lah hal yang mudah, karena selain harus menyesuaikannya nama dengan keunikan produk juga harus menantukan label yang unik dan yang belum pernah digunakan oleh orang lain atau brand lain.

Lebel ini akan menjadi ciri khas dari produk yang Anda jual, selain itu label akan menambah keunikan dan sabagai pemanis. Oleh karena itu, dalam menentukan label pada produk ini Anda perlu melakukan beberapa riset. Sebab, label produk ini juga yang nantinya akan berpengaruh pada logo, desain dan tampilan website yang akan digunakan nanti.

4. Desain logo yang berkualitas
Sepeti yang sudah disinggung di atas, bahwa logo diartikan sebagai wajah dari bisnis Anda. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan desain pendukung brand tersebut agar bisnis Anda terlihat lebih profesional.

5. Tentukan Pesona merek Anda
Setelah Anda mengidentifikasi audiens dan memilih target audiens, langkah selanjutnya adalah membangun pesona dari merek yang Anda buat. Membuat pesona yang menarik dan menunjukan value yang berbeda dari pesaing lain akan membantu menentukan citra Anda.

6. Membuat Slogan atau Tagline
Slogan atau Tagline juga sangat penting sebaga frasa singkat atau kalimat yang merangkum pesan paling penting yang menggambarkan perusahaan atau bisnis Anda. Slogan bisnis ini akan membangun merek bisnis yang kuat.

Itulah beberapa cara membangun merek yang bisa Anda tiru, dan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukannya. Membangun merek memang menjadi bagian yang penting dilakukan, agar bisns yang Anda udah diingat dan kenal oleh orang lain.

Disamping itu, penting juga mengelola keuangan usaha dengan baik. Jika Anda masih mengelola keuangan usaha Anda secara manual Anda bisa mulai melakuakan pengelolaan keuangan usaha Anda dengan menggunakan aplikasi kasir.

Aplikasi kasir akan membantu Anda untuk mengelola keuangan usaha Anda secara otomatis, seperti menampilkan laporan keuangan neraca, laba rugi dan laporan arus kas. Selain itu, aplikasi kasir juga membantu Anda mengelola stok barang menjadi lebih mudah dan cepat.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.