RZF Software | Professional Application Developer

6 Strategi Pemasaran Produk di Era Digital

Oleh: Admin | 06 Oktober 2021 - 02:15 WIB
6 Strategi Pemasaran Produk di Era Digital

Strategi pemasaran menjadi kunci keberlangsungan sebuah bisnis. Selain itu, strategi pemasaran juga menjadi salah satu keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik untuk perusahaan yang memproduksi barang dan jasa.

Strategi pemasaran adalah logika pemasaran, berdasarkan umum, strategi pemasaran adalah sebuah upaya dalam memasarkan atau memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat menggunakan strategi taktik yang matang, tujuannya untuk meningkatkan jumlah penjualan.

Di era digital ini, teknologi telah mengambil alih hampir seluruh pekerjaan dan bisnis. Jika dimanfaatkan dengan baik teknologi dapat membantu memudahkan bisnis menjadi semakin berkembang.

Apa itu Marketing Digital?

Marketing digital adalah salah satu strategi untuk mempromosikan sebuah merek secara online atau dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat.

Dalam melakukan pemasaran digital tentunya membutuhkan strategi, diantaranya adalah: mengetahui pasar, mengembangkan relasi, menentukan tujuan, menetapkan anggaran.

Manfaat Pemasaran melalui Media Digital

  1. Dapat menjangkau khalayak yang Anda targetkan
  2. Membantu meningkatkan penjualan
  3. Menjangkau penggunan mobile (smartphone)
  4. Menjaga posisi Anda tetap pesaing.

Berikut contoh strategi digital marketing  yang bisa Anda gunakan dalam memasarkan produk bisnis Anda.

  1. Media Sosial Marketing

Anda bisa memasarkan produk dengan memanfaatkan media sosial yang ada seperti: instagram, facebook, marketplace. Cara ini merupakan cara yang sudah banyak digunakan oleh para pebisnis lain.

Selain itu, pemasaran melalui media sosial juga tidak memerlukan biaya yang besar. Media sosail marketing juga menjadi salah satu peluang yang kuat untuk menjangkau banyak pelanggan.

  1. Google Bisnisku

Selain menggunakan media sosial Anda juga bisa memanfaatkan google bisnis dengan membuat akun atau mendaftarkan bisnis Anda di google bisnis. Cara ini merupakan yang jarang orang ketahui, padahal ini merupakan salah satu cara memperkenalkan bisnis Anda di sebuah situs web.

  1. Email Marketing

Selanjutnya, email marketing juga menjadi salah satu cara dalam strategi marketing di era digital ini. Cara email marketing ini bekerja adalah dengan mengirim penawaran kepada pelangan dengan menggunakan e-mail.

Email marekting ini merupakan cara yang sudah lama digunakan, tapi meskipun begitu email marketing ini masih digunakan sampai saat ini.

  1. Situs Web/Website

Membangun Situs web atau website adalah hal yang paling penting dilakukan, karena ini akan membantu membangun citra perusahaan yang Anda jalankan. Dengan mempunyai situs website bisa membantu perusahaan Anda jadi lebih tampak profesional.

Situs website juga merupakan sebuah cara untuk mengenalkan dan mempromosikan produk yang cukup populer digunakan saat ini, alasannya lebih menjangkau target user secara luas.

  1. Video Kreatif

Cara berikutnya adalah dengan membuat video kreatif, Anda bisa membuat content video di youtube atau di instagram reels. Ada banyak cara untuk membuat video kreatif ini seperti : video tutorial, review, memprekenalkan produk, dan lain sebagainya.

  1. Search Engine Optimation

Terakhir, gunakan teknik SEO Search Engine Optimation, untuk teknik ini merupakan upaya dalam membuat website perusahan yang mudah ditemukan dalam mesin pencari. Namun, teknik SEO ini memerlukan modal yang cukup besar.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan di era digital ini teknologi sudah mempermudah perkembangan bisnis. Jika strategi bisnis sudah dijalankan kemungkinan suatu penjualan akan meningkat dan menambah peminat. Untuk itu dalam mengelola stok barang perlu sebuah laporan yang jelas.

Jika Anda menggunakan sistem aplikasi, ini akan sangat memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. Namun, jika masih menggunakan sistem manual Anda bisa beralih ke sistem RZF software.

Selain, terdapat fitur yang lengkap RZF Software menyediakan aplikasi kasir sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.