RZF Software | Professional Application Developer

6 Ide Bisnis yang Menguntungkan dibulan Ramadhan

Oleh: Admin | 09 April 2022 - 07:15 WIB
6 Ide Bisnis yang Menguntungkan dibulan Ramadhan

Memasuki bulan suci Ramadhan menjadi peluang yang baik masyarakat untuk menjalani ide bisnis paling untung saat Ramadhan. Mengapa demikian? Pada dasarnya pola belanja masyarakat berubah saat menjelang bulan suci ramadhan.

Hal ini akibat perilaku konsumsi masyarakat di bulan ramadhan yang  memiliki karakteristik yang berbeda dibanding bulan-bulan biasa, serta adanya tradisi Ramadhan selama satu bulan ini menjadi salah satu alasan kenapa perilaku konsumsi masyarakat kita di bulan Ramadhan bisa berubah bahkan meningkat.

Sehingga hal ini memberikan kesempatan dan peluang kepada masyarakat yang ingin menjalankan bisnis di bulan suci Ramadhan.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan momen Ramadhan untuk berbisnis dan memperoleh keuntungan, berikut artikel ini akan mengupas tuntas 6 ide bisnis menguntungkan saat Ramadhan.

1. Berjualan Aneka Macam Menu Takjil

Ide bisnis saat Ramadhan yang pertama ialah, berjualan aneka macam menu takjil, bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang tidak pernah lepas di bulan Ramadhan.

Usaha aneka menu takjil ini dapat dikatakan cukup menggiurkan karena bisa mendatangkan untung besar.

Selain itu, untuk memulai usaha ini Anda tidak memerlukan modal yang besar dan keahlian yang profesional untuk menjalankannya. Anda bisa memulainya dengan hal kecil seperti menjual es teh manis, aneka jus buah, sop buah, atau camilan menu takjil seperti kue basah, martabak mini, puding jagung dan lain sebagainya.

Pastikan Anda memasang harga yang sesuai dengan kantong banyak masyarakat agar semakin banyak yang membeli menu takjil Anda, namun harus tetap menyeimbangkan dengan keuntungan yang Anda dapat.

2. Usaha Katering untuk Berbuka Puasa

Menjalankan usaha katering di bulan suci Ramadhan juga menjadi salah satu usaha yang dapat mendatangkan keuntungan. Terutama bagi Anda yang tinggal disekitar rumah kos atau tempat kerja pabrik.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis katering ini, Anda harus pandai dan inovatif dalam mengkombinasikan menu makanan agar pelanggan Anda tidak bosan. Selain itu, Anda juga dapat memberikan menu paket murah jika pelanggan memesan menu katering untuk sahur dan berbuka puasa sekaligus.

Atau Anda juga bisa menawarkan katering khusus untuk acara, seperti acara buka bersama, dengan menawarkan jasa antar katering ke tempat tujuan.

3. Menjual Kurma dan Aneka Buah-buahan

Seperti yang kita tahu Ramadhan dikenal dengan tradisi untuk mengonsumsi buah kurma, maka pada bulan ramadhan permintaan akan buah kurma menjadi meningkat.  Nah, hal ini juga dapat menjadi salah satu ide usaha yang cocok dibulan ramadhan. Selain buah kurma, permintaan buah lainnya juga kian ikut meningkat pada bulan Ramadhan ini.

Hal ini disebabkan karena banyaknya menu takjil yang berbahan dasar dari buah seperti sop buah dan aneka jus. Kesempatan ini tentunya perlu untuk Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

4. Bisnis Busana Muslim

Selanjutnya berbisnis busana muslim juga bisa menjadi ide bisnis paling untung saat ramadhan. Ya, bulan Ramdhan merupakan bulan suci umat muslim, yang mana baik laki-laki ataupun perempuan akan mencoba memaksimalkan ibadah dari hal sekecil apapun. Salah satunya dalam berpakaian.

Hal ini menjadi peluang untuk kamu yang tertarik untuk membuka bisnis busana muslim, bisnis ini juga tidak hanya menjadi peluang dibulan Ramadhan saja namun juga di hari-hai biasa juga bisnis busana selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

5. Menjual Perlengkapan Ibadah

Menjual berbagai perlengkapan ibadah juga bisa menjadi salah satu ide bisnis yang bisa kamu coba, pasalnya ketika menghadapi ibadah terawih semua masyarakat membutuhkan perlengkapan ibadah.

Bisnis ini juga salah satu bisnis yang akan meningkat ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini dikarenakan saat menjelang hari raya idul fitri, banyak orang yang membeli perlengkapan ibadah sebagai hadiah atau parsel.

6. Berbisnis Aneka Kue Kering

Menjelang datangnya hari Raya Idul Fitri, kue kering akan menjadi salah satu makanan yang diinginkan oleh setiap orang. Masyarakat akan antusias untuk membeli makanan kue kering yang akan di jadikan sebagai suguhan kepada tamu saat hari Raya nanti.

Maka, bagi kamu yang memiliki hobi dalam membuat kue ini bisa menjadi salah satu fashion berbisnis kamu.

Demikian ide bisnis yang menguntungkan yang cocok dijalankan dibulan suci Ramadhan. Perlu Anda ingat dalam menjalankan bisnis apapun pengelolaan keuangan menjadi salah satu kegiatan yang penting dilakukan.

Karena, pengelolaan keuangan yang baik akan membantu Anda mengetahui kondisi keuangan usaha apakah baik atau tidak. Anda juga bisa menggunakan sistem aplikasi kasir untuk pengelolaan keuangan.

Selain itu, aplikasi kasir juga membantu kamu mendapatkan berbagai macam laporan secara otomatis. Misalnya, laporan penjualan, laporan stok barang hingga laproan laba rugi.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.