RZF Software | Professional Application Developer

6 Cara Mengelola Keuangan Bisnis Secara Tepat

Oleh: Admin | 04 Oktober 2021 - 02:45 WIB
6 Cara Mengelola Keuangan Bisnis Secara Tepat

Dalam sebuah bisnis manajemen keuangan adalah hal yang paling berpengaruh terhadap bisnis yang dijalankan. Mengelola keuangan juga bukanlah hal yang mudah, untuk itu perlu pemahaman tentang sistem akuntansi yang tepat.

Pasalnya banyak sekali kesalahan fatal yang membuat usaha yang dijalankan menemui titik kegagalan, permasalahannya ada pada pengelolaan keuangan yang tidak terkelola dengan baik.

Dengan ini bisa dikatakan bahwa pentingnya manajemen keuangan bagi setiap bisnis, agar dapat mengontrol atau memastikan setiap departemen yang akan berkontribusi pada visi dan beroperasi sesuai dengan anggaran perusahaan.

Langkah Mengelola Keuangan Bisnis Secara Tepat

Berikut kami akan menjabarkan apa saja langkah dalam mengelola keuangan.

  1. Buat pembukuan

Anda harus melakukan pembukuan secara lengkap tentang pemasukan dan pengeluaran usaha, mau sekecil apapun pengeluaran dan pendapatan biasakan untuk mencatatnya, selalu lakukan pencatatan secara berkala, ini akan membantu Anda dalam mengetahui sistem keuangan usaha Anda.

Catatan pembukuan ini akan menjadi hal yang sangat penting karena dengan pembukuan ini Anda bisa dengan jelas mengetahui kemana larinya uang usaha, dan mengetahui kerugian bahkan keuntungan yang didapat.

  1. Pisahkan uang pribadi dan uang usaha

Penting sekali diingat bahwa salah satu faktor yang membuat keuangan bisnis berantakan adalah tidak membedakan antara uang pribadi dan uang usaha, banyak yang menganggap remeh hal ini. Padahal ini menjadi hal yang paling mendasar untuk keberhasilan usaha Anda.

Jika Anda tidak memisakan uang pribadi dan uang bisnis kemungkinan uang bisnis akan terpakai dan tentu ini akan menyulitkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis. Dengan membedakan antara uang pribadi dan uang bisnis, Anda bisa mengelola keuangan usaha dengan baik.

  1. Bayar tagihan tepat waktu

Jika memiliki pinjaman modal usaha, cicilan atau tagihan lakukan pembayaran secara tepat waktu, ini dapat membantu Anda dalam mengetahui laba yang didapatkan. Keterlambatan pembayaran tagihan biasanya akan berbunga, tentu ini akan merugikan usaha Anda.

  1. Alokasikan keuntungan dengan bijak

Ketika usaha Anda sudah mendapatkan keuntungan, sebaiknya alokasikan keuangan dengan tepat Anda bisa melakukan perputaran kas, misalnya melebihi alokasi keuangan pada produksi produk Anda.

  1. Mengawasi arus kas

Bertanggung jawab terhadap pengawasan arus kas menjadi salah satu yang juga penting, meskipun bukan hal yang mudah namun mengelola arus kas akan mempengaruhi kelancaran usaha.

Jika Anda mampu mengelola arus kas dengan baik, kemungkinan hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mengatur uang hasil penjualan. Selain itu, distribusi uang akan lancar jadi Anda bisa menentukan mana uang yang bisa didistribusikan untuk perkembangan usaha, mana yang akan disimpan sebagai uang darurat.

  1. Memanfaatkan teknologi

Cara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan teknologi, jika Anda termasuk orang yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengelola keuangan secara manual. Maka, gunakan sistem aplikasi kasir dengan fitur keuangan yang lengkap.

Kesimpulan

Mengatur keuangan bisa meminimalisir kesalahan pada bisnis yang dijalankan. Sebagai pelaku bisnis tentu Anda pasti tahu keuangan itu sangat terpengaruh pada bisnis, ibarat sebuah kendaraan keuangan adalah roda yang menggerakan bisnis.

Mulailah alokasikan keuangan bisnis Anda secara sistematis dengan menggunakan Sistem Aplikasi Kasir RZF Software

Sejatinya Andalah yang menjadi penentu dalam mengelola keuangan. Maka dari itu bijaklah dalam mengelola keuangan usaha dan sebisa mungkin hindari utang.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.