RZF Software | Professional Application Developer

5 Trik Ampuh Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Oleh: Admin | 05 Februari 2022 - 06:30 WIB
5 Trik Ampuh Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

Salah satu hal yang sangat berpengaruh tehadap meningkatnya suatu penjualan usaha ialah pelanggan, kenapa? Karena pelangganlah yang membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. sehingga hal ini akan sangat berpengaruh terhadap omzet dan berapa banyak transaksi penjualan.

Sebuah informasi yang diambil dari data McKinsey, mengatakan bahwa pemilik usaha menggunakan data analitik pelanggan saat membuat keputusan bisnis, labanya akan meningkat 126% dibandingkan yang tidak

Data analitik tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menarik pelanggan baru dan memperhatikan pelanggan lama. Menarik bukan? Yuk simak artikel ini sampai habis ya!

5 trik diantaranya yang dapat menarik pelanggan baru dan memperahankan pelanggan diantaranya sebagai berikut:

1. Maksimalkan Media Sosial

Sosial media menjadi salah satu sarana yang tepat untuk menjangkau lebih banyak pelanggan baru, karena sosial media dapat mencakup lebih banyak orang. Dengan promosi yang kita adakan diberbagai sosial media akan membantu Anda untuk menarik pelanggan yang berpotensial.

Selain sebagai media promosi, media sosial juga membantu Anda untuk menjaga hubungan yang baik dengan banyak pelanggan lama Anda.

Dalam hal ini tentunya Anda harus selalu update di media sosial yang Anda gunakan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda masih berada dilingkaran pergaulan pelanggan dan klien Anda.

2. Coba Berbagai Strategi Marketing

Dalam menjalankan strategi pemasaran, ada baiknya untuk tidak terpaku dengan satu strategi yang sama setiap harinya. Cobalah untuk menggunakan strategi markteing yang berbeda.

Ada beberapa strategi marketing yang bisa kamu coba, seperti email marketing, whatsApp markteing atau bahkan Instagram Marketing. Dengan trik menarik pelanggan baru ini, selanjunya Anda bisa menentukan dan menemukan strategi marekting mana yang menurut Anda paling cocok untuk bisnis yang sedang dijalani.

3. Adakan Diskon dan Giveaway

Semua orang tentunya akan tertarik dengan diskon dan giveaway, maka Anda bisa memanfaatkan kedua trik ini untuk menarik pelanggan baru dan membantu Anda mempertahankan pelanggan lama.

Strategi yang satu ini tentu relevan, mengingat saat ini media sosial sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Anda bisa mengadakan giveaway atau diskon ini dengan memanfaatkan media sosial bisnis Anda.

Kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu tertentu untuk memberikan diskon, misalnya diskon hari kemerdekaan, diskon anniversary toko, hari belanja nasional dan hari besar lainnya, atau Anda juga bisa memberikan giveaway dengan memberikan pulsa atu produk jualan kepada followers Anda.

4. Memberikan Penawaran Berdasarkan Data Pelanggan

Untuk mempertahankan pelangga lama, Anda harus mengetahui hal apa yang mereka sukai, atau mengetahui data mereka. Setelah itu, Anda bisa menyesuaikan penawaran berdasarkan apa yang pelanggan Anda sukai dan data yang Anda ketahui tentang pelanggan Anda.

Misalnya, Anda bisa memberikan promo kepada pelanggan Anda lewat whatsApp broadcast yang Anda kirim ke nomor pelanggan Anda. Jika Anda menggunakan aplikasi kasir dari RZF Software, Anda bisa memiliki data pelanggan yang akan tersimpan dengan aman.

5. Selalu Cek Laporan Penjualan Produk

Apakah selama ini Anda sudah melakukan berbagai macam strategi namun tetapi pelanggan tetap tak kunjung datang? Hal ini bisa jadi karena produk yang Anda tawarkan masih belum tepat atau justru tidak dibutuhkan oleh pelanggan.

Maka, Anda harus memeriksa kembali penjualan produk Anda mana produk yang paling laku, setelah itu lakukan evaluasi dengan selalu menyediakan barang yang sering kali dicari atau dibutuhkan oleh pelanggan Anda, untuk mempermudah kegiatan tersebut Anda bisa menggunakan aplikasi kasir yang menyediakan fitur produk terlaris.

Dengan ini Anda bisa mempertahankan pelanggan Anda untuk melakukan pembelian ulang di toko Anda.

Demikian tips menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama yang bisa Anda coba untuk meningkatkan peminat pembeli dan penjualan usaha Anda.

Penjualan memang sangat penting dalam setiap bisnis, namun cara pengelolaan usaha Anda juga jauh lebih penting, seperti menyediakan pelayanan yang cepat, mengatur stok barang, dan mengelola keuangan usaha Anda dengan baik.

Hal ini akan lebih mudah jika Anda menggunakan aplikasi kasir dalam pengelolaan bisnis Anda.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.