RZF Software | Professional Application Developer

5 Tips Penerapan After Sales Service dalam Bisnis

Oleh: Admin | 15 Januari 2022 - 09:15 WIB
5 Tips Penerapan After Sales Service dalam Bisnis

Apa itu after sales? After sales service adalah kegiatan layanan atau dukungan bahkan bantuan yang diberikan kepada pealnggan setelah mereka melakukan pembelian produk. Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelanggan atau pembeli merasa puas dengan produk atau layanan dari suatu perusahaan.

Sebagian besar perusahaan ynag sudah melakukan penjualan produk atau layanan mereka tidak akan pergi begitu saja. Namun dalam hal ini, perusahaan akan terus membangun interaksi dengan pembeli, sehingga menjadikan pembeli itu menjadi pembeli yang loyal.

Adapun sebuah perusahaan akan mendorong mereka untuk merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain, serta mempetahankan citra produk yang positf. Hal ini merupakan bentuk investasi perusahaan dalam menjaga keberlangsungan bisnis yang dijalankan.

Dalam setiap bisnis layanan after sales menjadi salah satu yang penting dilakukan, karena after sales merupakan media yang cukup efektif dalam menjalin hubungan dengan para konsumen.

Dengan menjaga kualitas after sales yang baik berarti dapat membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan konsumen. Nah, ketika hubungan dengan konsumen sudah baik maka tak heran layanan after sales akan membantu menimbulkan loyalits dari konsumen pada brand atau perusahaan.

After sales juga dianggap sebagai media komunikasi yang baik antara perusahaan atau brand dengan konsumennya. After sales membantu perusahaan dalam memberikan pemahaman dan persepsi positif kepada pelanggan menjadi lebih mudah.

Selain itu, melalui layanan ini perusahaan juga akan lebih mudah mengenal pelanggannya dan mengetahui serta bisa memperlajari ekspektasi pelanggannya.

Tips Menerpakan After Sales Service dalam Bisnis

After sales service tidak akan bisa dilakukan secara masksimal jika tidak dilakukan dengan menerapkan suatu startegi ataupun teknik tertenu. Lalu bagaimana cara menerpakan after sales service dalam bisnis?

Untuk menerapkan layanan after sales service, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut:

1. Menghargai Konsumen yang Loyal
Hal yang pertama harus dilakukan dalam menjalankan strategi after sales ini ialah dengan menghargai konsumen, etika after sales yang baik akan membuat para pelanggan merasa dihargai. Cara ini dapat dilakukan dengan memberikan ucapan terima kasih baik secara langsung maupun tidak langsung.

Anda bisa memberikan ucapan tersebut melalui email, telepon bakan melalui kartu ucapan.

2. Hubungi Pelanggan
Setelah pelanggan melakukan pembelian, maka yang harus dilakukan oleh penjual ialah dengan mehubungi pelanggan untuk menanyakan layanan atau produk yang sudah dibeli. Pertanyaan tersebut bisa berupa pertanyaan tentang kepuasan pelanggan. Hal ini sebagai bentuk perhatian penjual kepada pelanggan.

3. Menjaga Komunikasi
Selain menghubungi pelanggan, Anda juga harus menjaga komunikasi dengan pelanggan agar tetap berjalan dengan baik. Komunikasi yang dilakukan secara berkala akan menjaga hubungan yang harmonis.

Biasanya, dalam hal ini akan meminta saran terkait produk atau layanan, hingga peran customer support yang disediakan oleh perusahaan.

4. Memberikan Garansi
Memberikan garansi adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menjalankan layanan after sales service. Garansi bisa dilakukan untuk meyakinkan konsumen bahwa produk yang mereka terima dari perusahaan, dalam keadaan baik, atau bebas dari ketidak telitian ataupun penggunaan material yang kurang baik.

5. Menyediakan Pelayanan Pemeliharaan dan Perbaikan
Selanjutnya ialah dengan memberikan pelayanan tentang pemeliharaan dan perbaikan kepada pelanggan apalagi suatu produk memiliki waktu konsumsi yang lama juga memerlukan perawatan yang teratur.

Pemeliharaan dan perbaikan menjadi fokus utama after sales, karena hal ini diperlukan agar produk bisa selalu berfungsi dengan baik dan njuga melakukan perbaikan atas berbagai kerusakan yang terjadi pada produk selama penggunaanya.

Demikian tips penerapan after sales service dalam bisnis, layanan after sales merupakan upaya untuk memastikan pihak pembeli sudah puas dengan layanan atau produk yang dijual oleh perusahaan.

After sales sangat penting untuk keberlangsungan bisnis, meskipun after sales ini tidak mempengaruhi tingkat penjualan secara signifikan, tetapi para penjual sudah seharusnya memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Selain after sales, perlu Anda ketahui mengelola keuangan dengan baik juga sangat penting, seperti mengelola keuangan usaha Anda dengan menggunakan aplikasi kasir.

Artikel Lainnya

Beberapa produk yang telah kami kembangkan. Memahami komunikasi sebuah bisnis, ide serta produk dengan strategi untuk pemasaran bisnis Anda berdasarkan pengalaman dari klien kami.